Tips Memilih Makanan Untuk Penderita Penyakit Tipes

Tipes atau demam typhoid merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami demam tinggi dan terus menerus selama 2 sampai dengan 3 minggu. Cukup banyak orang di dunia ini terkena tipes baik di kalangan muda maupun tua. Tipes sendiri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi. Biasanya bakteri ini menempel pada makanan atau minuman sehingga bagi yang memakan akan terjankit penyakit ini. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memberantas penyakit ini akan tetapi masih berlum menemukan hasil memuaskan

Gejala Penyakit Tipes

Ada beberapa gejala yang bisa dilihat apabila seseorang menderita penyakit tipes, yaitu:

  • Sakit perut dan mual
  • Demam tinggi
  • Denyut nadi yang melambat
  • Lidah yang berwarna putih pucat
  • Lemas sekujur tubuh

Jika sebagian dari keluarga anda memiliki gejala seperti ini, segeralah konsultasikan ke dokter atau puskesmas terdekat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Karena penyakit tipes ini jika tidak segera diobati maka akan berdampak pada penurunan berat badan yang sangat dratis. Penurunan berat badan sendiri dikarenakan kurangnya makanan yang berserat, karena penderita tipes tidak dianjurkan untuk memakan makanan yang memiliki serat tinggi. Anda juga bisa mengunjunngi makanan-makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita tipes. Lalu makanan apa sajakah yang boleh dikonsumsi oleh penderita tipes?

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Tipes

— Makanan Tinggi Protein. Karena setiap orang yang menderita tipes akan terasa lemas tubuhnya maka dari itu banyak dokter menyarankan agar mengkonsumsi protein agar dapat menambah tenaga dan stamina. Asupan protein ini diperoleh dari berbagai macam sumber protein yang ada, seperti protein hewani dan protein nabati.

Berikut ini beberapa sumber protein yang baik bagi penderita tipes:

Baca juga:  Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Cepat Dan Mudah

— Daging Ayam Rebus

Daging ayam merupakan salah satu sumber protein yang tinggi.konsumsilah ayam terutama di bagian dada karena di bagian tersebut mengandung banyak protein.

— Hati Ayam

Selain lunak dan mudah dicerna juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan protein pasien penderita tipes.

— Ikan Rebus

Ikan juga memiliki kandungan protein hewani yang baik untuk pemenuhan kebutuhan energi.Di negara luar ikan salmon banyak dikonsumsi sebagai makanan penambah berat badan,sedangkan di indonesia ikan lele,bandeng dan gabus baik untuk menambahkan stamina anda.

— Kacang Kedelai

Seperti diketahui, kacang kedelai memiliki kandungan protein nabati yang tinggi dan baik untuk tubuh. Kacang kedelai rebus, bisa dikonsumsi sebagai tambahan protein bagi penderita tipes.

— Tahu

Sebagai bahan olahan dari kacang kedelai, sudah tentu tahu memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik bagi penderita tipes. Selain itu, tahu memiliki tekstur yang sangat lembut, yang akan membuat penderita tipes mudah mencernanya.

— Margarin

Margarin memiliki sedikit kandungan protein dan lemak. Lemak ini juga dibutuhkan oleh tubuh penderita tipes untuk menambah energi tubuh. Namun, perlu diperhatikan agar penggunaannya tidak berlebihan.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment