Ternyata Inilah Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Buah pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sudah tidak diragukan lagi khasiat buah pisang ini. Buah ini sangat mudah dijumpai di berbagai tempat di Indonesia, bahkan di pekarangan rumahpun tumbuh subut tanaman yang buahnya berwarna kuning kalau sudah matang ini. Tak hanya baik untuk tubuh manusia pada umumnya, pisang juga sangat bermanfaat untuk ibu selama masa-masa kehamilan. Ini mengingat pisang kaya akan berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, meliputi kalium, vitamin B6, asam folat, vitamin A, riboflavin, zat besi, magnesium, protein, serat dan juga niacin. Zat-zat tersebut membantu proses pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim sang bunda. Di dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa khasiat buah pisang untuk ibu hamil.

Khasiat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

⇒ Mengurangi Resiko Pembengkakan Dan Preeklamsia

Buah kaya manfaat ini mengandung kalium yang berguna untuk mencegah adanya pembengkakan pada organ tubuh ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami pembengkakan, maka akan berisiko terkena keracunan dalam kehamilan atau preeklamsia. Dengan mengonsumsi buah pisang secara teratur, maka ibu hamil sudah menekan resiko terkena preeklamsia.

⇒ Meningkatkan Hemoglobin Dalam Darah

Kandungan Zat Besi (Fe) dalam buah pisang bermanfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Hemoglobin atau Hb bersama oksigen bertugas membawa nutrisi dalam darah menuju keseluruh jaringan tubuh. Wanita yang sedang hamil cenderung memiliki kadar Hb yang rendah, karena harus dibagi untuk janinnya. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya anemia, ibu hamil disarankan mengkonsumsi buah pisang secara rutin dan teratur.

⇒ Mengurangi Resiko Pendarahan Saat Persalinan

Karena pisang kaya akan zat besi, maka ibu hamil akan terhindar dari anemia. Sedangkan jika ibu hamil mengalami anemia berat, besar kemungkinan akan terjadi komplikasi saat persalinan, salah satunya akan terjadi perdarahan. Tak ada salahnya mengonsumsi 2 buah pisang setiap hari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan mengkonsumsi buah pisang secara teratur, maka kadar Hb ibu hamil akan tetap terjaga, maka resiko perdarahan pada saat persalinanpun dapat dicegah.

Baca juga:  Bahaya Buah Alpukat Yang Harus Anda Ketahui

⇒ Membantu Pertumbuhan Dan Perkembangan Saraf Dan Otak Janin

Buah pisang mengandung asam folat. Tahukah Anda bahwa asam folat sangat berpengaruh besar dalam pertumbuhan dan perkembangan saraf dan otak pada janin dalam rahin sang bunda? Dalam dunia kesehatanpun disarankan wanita dalam usia subur untuk mengkonsumsi tablet asam folat. Calon ibu yang ingin segera hamil disarankan mengkonsumsi 1 tablet asam folat sebagai persiapan atau tabungan saat hamil nanti. Dengan begitu pentingnya peran asam folat selama masa kehamilan, maka sangat disarankan bagi ibu hamil untuk memenuhin asupan asam folat baik dari tablet maupun berbagai jenis makanan, salah satunya ya pisang ini.

⇒ Mengurangi Mual muntah Pada Trimester Awal Kehamilan

Pada umumnya wanita hamil mengalami morning sickness atau mual dan muntah-muntah di pagi hari saat trimester awal kehamilan. Salah satu cara untuk mengurangi keluhan itu adalah dengan mengkonsumsi buah pisang, sebab di dalam buah ini terdapat kandungan vitamin B6 yang dapat membuat lambung terasa nyaman.

⇒ Mencegah Sembelit

Tahukah Anda bahwa ibu hamil pada trimester akhir kehamilannya akan mengalami sembelit, yaitu konsistensi feses yang mengeras akibat kurangnya serat serta pengaruh dari hormon kehamilan. Maka dari itu, dibutuhkan asupan serat yang mencukupi agar tidak terjadi sembelit. Tentunya tak nyaman bukan, jika Anda mengalami sembelit? Nah, buah pisang menawarkan manfaat serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan Anda, maka konsumsilah buah pisang agar organ pencernaan sehat dan terhindar dari masalah percernaan saat kehamilan.

⇒ Membantu Pembentukan Tulang Pada Janin

Wanita pada masa kehamilan memiliki kebutuhan kalsium yang tinggi, sebab selain dibutuhkan untuk dirinya sendiri, kalsium juga dibutuhkan dalam pembentukan tulang janin yang dikandungnya. Kandungan kalsium pada buah pisang dapat membantu pembentukan tulang pada janin. Dengan cara rutin mengkonsumsi pisang, janin yang dikandung akan terhindar dari masalah-masalah yang mungkin timbul selama proses pembentukan tulangnya di dalam kandungan.

Baca juga:  7 Cara Aman Mengobati Jerawat Selama Kehamilan

⇒ Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Kandungan vitamin C dalam buah pisang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan janinnya. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk mempercepat penyerapan zat besi serta mineral lainnya dalam tubuh ibu dan janin.

⇒ Mengontrol Kadar Gula Darah Dan Kolesterol

Buah pisang bermanfaat sebagai pengontrol kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil, sehingga ibu terhindar dari diabetes maupun kekurangan gula darah. Dengan teratur mengkonsumsi si manis ini, kadar gula dan kolesterol ibu akan tetap terjaga.

⇒ Mendukung Pertumbuhan Sel

Pisang mengandung protein yang tentunya sangat baik dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel pada janin.

⇒ Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada buah pisang sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin, tentunya akan menurunkan resiko terkena katarak, rabun jauh maupun dekat dan berbagai macam penyakit pada mata.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×