Ternyata Inilah Bahaya Makan Buah Naga Secara Berlebihan

Buah naga merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki nilai gizi tinggi. Sebagian orang sering dibuat penasaran kenapa buah ini sampai disebut dengan nama buah naga. Mungkin bisa jadi karena bentuknya yang memang mirip naga atau kulit naga. Tekstur daging yang lembut dan kulit yang berwarna merah adalah salah satu ciri khas dari buah naga. Buah naga terbagi kedalam beberapa jenis (golongan), dua diantaranya adalah buah naga merah dan buah naga kuning. Apapun jenisnya, pada dasarnya sangat banyak sekali manfaat buah naga dan khasiat buah naga bagi kesehatan tubuh kita.

Efek Samping Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga memiliki rasa yang manis dan sedikit ke asam-asaman. Jika Anda belum pernah mencoba buah naga, silahkan Anda bisa mencoba mencari jus buah naga di toko-toko atau kedai yang menjual jus. Dewasa ini buah naga sudah banyak diperjualbelikan, namun saat Anda mengkonsumsi buah ini Anda harus berhati-hati karena buah naga jika Anda konsumsi sembarangan dan berlebihan, maka akan menimbulkan dampak negatif dan efek samping bagi kesehatan tubuh. Baiklah, pada artikel kali ini GetaranSehat.com akan membahas apa sahaja efek samping buah naga yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Naga

Kalau bicara manfaat buah naga ada banyak sekali bro. Mulai dari manfaat buah naga untuk kecantikan, manfaat kulit buah naga, manfaat jus buah naga, manfaat buah naga merah untuk diet dan masih banyak lagi khasiat buah naga lainnya. Berikut adalah kandungan buah naga yang harus Anda ketahui:

  • Air
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin C
  • Zat Besi

Bahaya Buah Naga Baga Bagi Kesehatan

1. Bahaya Untuk Lambung Dan Usus

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa buah naga memiliki rasa yang manis dan terdapat pula rasa keasam-asaman. Maka dari itu rasa asam yang terdapat pada buah naga ini tidak di sarankan bagi Anda yang memiliki ganguan pada usus dan lambung seperti maag kronis. Karena rasa asam tersebut tentu sahaja dapat membuat asam lambung naik dan membuat rasa melilit pada daerah ulu hati.

Baca juga:  Bahaya Buah Ceri Yang Mematikan

2. Dapat Memicu Diabetes

Buah naga memiliki rasa yang manis. Jika kita lihat dari manfaat buah naga yang dikonsumsi secara benar, maka dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Tapi jika Anda mengkonsumsi buah naga dan Anda lupa diselingi dengan gula, malah justru akan meningkatkan kadar gula di dalam tubuh Anda.

3. Membuat Sakit Perut

Sebelum Anda makan buah naga memang disarankan terlebih dahulu agar Anda mengkonsumsi makanan berat seperti nasi. Karena efek rasa asam pada buah naga yang datang pada perut kosong tentu saja dapat membuat asam lambung naik yang mangakibatkan sakit pada bagian perut (mules).

Bahaya Mengkonsumsi Buah Naga Yang Sudah Lama

Buah naga yang masih baru tentu sahaja masih fresh (segar). Jika Anda mengkonsumsi buah naga dan ternyata tidak habis, maka lebih baik Anda simpan bagian yang tidak habis tersebut di kulkas untuk meminimalisir bakteri dan proses pembusukan. Buah naga yang sudah lama (busuk) sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu maka berhati-hatilah Anda ketika membeli buah naga di pasar atau dimana saja, jangan sampai efek samping buah naga yang tidak baik masuk ke rumah Anda dan mengganggu kesejahteraan keluarga Anda.

Efek samping buah naga akan meningkat berkali-kali lipat jika sudah tercemar virus dan bakteri. Manfaat buah naga untuk Ibu hamil sangat baik, begitu juga manfaat buah naga untuk Ibu menyusui. Tapi pastikan Anda pilih buah naga yang masih segar, penjual dan tempat jualannya bersih, serta jangan lupa cuci bersih pakai air panas sebelum dikonsumsi. Akan lebih baik kalau Anda bisa beli langsung dari petani buah naga dimana Anda bisa petik sendiri dan tanya-tanya dulu mengenai proses penanaman maupun pemupukannya untuk menghindari kontaminasi zat kimia dari pupuk dan pestisida yang mereka gunakan.

Baca juga:  Manfaat Buah Alpukat Bagi Ibu Hamil

Demikianlah artikel mengenai efek samping buah naga, semoga dapat memberikan manfaat dan pelajaran bagi kebaikan kita semua.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment