17 Tarian Tradisional Jawa Barat dan Penjelasannya

Indonesia memiliki banyak warisan budaya, salah satunya adalah tarian tradisional. Setiap daerah memiliki tarian daerahnya sendiri yang khas dan identik dengan budaya asalnya, begitu juga dengan Jawa Barat. Tarian yang ada di jawa barat memiliki ciri khas yang unik dan khas. Tarian daerah jawa barat cukup banyak dikenal masyarakat karena sering dibawakan.

Tarian-tarian adat ini masih dikembangkan hingga sekarang sehingga masyarakat bisa meneruskan budaya bangsa. Tarian-tarian adat Jawa Barat biasanya dipentaskan pada acara-acara tertentu seperti upcara adat. Setiap tarian juga memiliki alur atau jalur cerita sendiri, mulai dari kisah cinta hingga kisah lawakan. Semuanya berguna untuk menghibur penonton.

Tarian adat bisa menjadi ciri khas dari suatu daerah, misalnya Jaipong yang menjadi tarian khas bandung. Setiap orang yang melihat Jaipong pasti akan langsung teringat dengan Bandung. Begitu pula dengan tarian-tarian lainnya yang menjadi ciri khas dari setiap daerah. Masih ada berbagai macam tarian khas dari Jawa Barat yang menarik dan populer.

Berikut ini adalah macam macam tarian jawa barat yang menarik dan bisa menjadi warisan bangsa yang harus dilestarikan:

1. Tari Keurseus dari Bandung

tari keurseus dari jawa barat

Tari Keurseus merupakan salah satu tarian khas bandung yang cukup populer. Awal mula tarian khas jawa barat ini sebenarnya berasal dari kata Curcus yang memiliki arti berlatih dengan teratur. Tarian khas bandung ini awalnya berasal dari Rancaekek kota Bandung.

Kemudian tarian ini mulai dikenal secara luas dan sering dibawakan di daerah lain di Jawa Barat. Tarian ini memiliki gerakan yang halus sehingga nyaman untuk dinikmati. Tarian daerah jawa barat Keurseus dibawakan dengan alunan lagu berlaras Salendro yang menghanyutkan penonton.

Tarian yang ada di jawa barat juga menekankan karakter penari sebagai seorang ksatria agung sehingga gerakan yang ditampilkan juga sangat lembut dan bertempo lebih pelan bukan energik. Sehingga penonton bisa merasakan karakter agung dari ksatria tersebut.

2. Tari Jaipongan oleh Gugum Gumbira

tari jaipong dari jawa barat

Salah satu tarian daerah jawa barat yang sangat populer di Indonesia adalah tari Jaipongan. Contoh tari tunggal dari sunda ini sudah sangat sering dipentaskan di berbagai acara bahkan hingga televisi dan film.

Tari Jaipongan dapat dikategorikan sebagai tarian tunggal dan bisa juga sebagai tari berpasangan dari jawa barat. Tarian ini biasanya dibawakan oleh para wanita setelah itu baru penonton laki-laki atau penari laki-laki akan bergabung.

Tari Jaipongan memang sangat kental dengan tarian adat suku sunda. Sehingga tarian ini menjadi ciri khas tarian adat Jawab Barat dan sangat dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Tari Jaipongan sebenarnya adalah tarian yang berasal dari perkembangan tari Ketuk Tilu. Tak heran banyak beberapa ciri khas yang mirip dengan tari Ketuk Tilu. Jaipongan juga biasanya diiringi dengan ketukan musik kendang yang khas.

3. Tari Topeng

tari topeng dari jawa barat

Tarian daerah dari jawa barat banyak yang menggunakan properti salah satunya topeng. Tari topeng adalah tarian khas jawa barat yang sudah dikembangkan menjadi berbagai macam tarian.

Ada banyak jenis tari topeng pada tarian tradisional jawa barat. Memang beberapa macam macam tarian jawa barat menggunakan topeng sebagai aksesorisnya. Tari topeng awalnya disebut sebagai tari topeng Bahakan. Secara luas, tari topeng dibedakan menjadi dua yaitu tari Topeng Cirebon dan Tari Topeng Priangan.

Seni tari tradisional dengan topeng ini cukup berbeda terutama dalam susunan cerita yang disuguhkan. Tari topeng priangan diawali dengan Topeng Tumenggung, Tari Topeng Kencana Wungu dan Tari Topeng Kelana. Sedangkan Tari Topeng Cirebon lebih singkat dengan Panji, Pamindo, Rumyang, Tumenggung, dan Kelana.

Baca juga:  9 Tarian Adat Papua dan Penjelasannya

4. Tari Wayang Cirebon

tari wayang dari jawa barat

Cirebon sepertinya menjadi kota di Jawa Barat yang melahirkan banyak tarian tradisional. Ada banyak tarian khas cirebon yang populer dan menarik. Salah satunya adalah tari Wayang yang menceritakan kisah-kisah perwayangan. Tidak seperti wayang yang biasanya diceritakan oleh dalang, tari wayang ini menceritakan suatu kisah dengan gerakan.

Tari wayang sudah ada sejak abad ke 16 dan pertama kali dibawakan di Cirebon dengan bantuan Syekh Syarif Hidayatullah. Tarian ini memiliki tiga bagian, dimana tari wayang bisa menjadi salah satu contoh tari tunggal dari sunda. Pada contoh tari tunggal dari sunda tarian wayang dibawakan oleh satu orang penari saja. Contoh yang sering ditampilkan secara tunggal adalah Tari Arjuna. Kemudian Tari Wayang juga bisa menjadi tari berpasangan dari jawa barat.

Pada tari berpasangan dari jawa barat ini, dapat dibawakan oleh dua orang penari yang saling melengkapi dalam gerakan. Namun, sebenarnya tari berpasangan dari jawa barat bisa dibawakan oleh lebih dari dua orang asalkan penari-penari tersebut dapat saling berpasangan.

Selain tari pasangan, tari Wayang juga menjadi salah satu tarian yang ada di jawa barat yang bisa dibawakan secara masal dari banyak orang tergantung jalan cerita yang dibawakan.

5. Tari Topeng Babakan

tari topeng babakan dari jawa barat

Tari Topeng Babakan adalah salah satu tari topeng  dari seni tari tradisional yang cukup populer. Tari topeng babakan adalah tarian khas cirebon yang memiliki cerita yang dibuat per babak. Macam macam tarian jawa barat dalam tari topeng babakan ini dapat tergantung dari kemauan. Biasanya tari topeng dadakan merupakan tari jawa barat yang ditanggap. Jadi jumlah babak yang dibawakan tergantung dari tarianny

6. Tari Topeng Cisalak

Tari Topeng Cisalak dari jawa barat

Tari Topeng Cisalak merupakan tarian sunda yang sangat khas. Seni tari tradisional ini sering disebut juga sebagai tari topeng betawi. Namun, jangan salah karena sebenarnya tari topeng betawi atau tari topeng cisalak adalah salah satu dari macam macam tarian jawa barat. Bahkan tarian ini menggunakan lagu priangan yang menunjukkan khas dari tarian sunda. Cerita dalam tarian yang dibawakan biasanya cukup sederhana, hanya berisi kisah biasa atau lawakan ringan.

7. Tari Topeng Dinaan

Tari Topeng Dinaan dari jawa barat

Jenis tarian khas cirebon memang kebanyakan menggunakan topeng, salah satu seni tari tradisional yang menggunakannya adalah Tari Topeng Dinaan. Tarian adat jawa barat Topeng Dinaan cukup populer di Cirebon dan Majalengka.

Keunikan dari tari jawa barat ini adalah dibawakan selama satu hari penih. Tarian akan dibawakan sebagai pelengkap upacara adat seperti Barit. Namun, karena menari selama satu hari penuh terlalu melelahkan dan mustahil, tarian ini akan diselingi dengan lawakan pada sela-sela acara.

8. Tari Merak

tari merak dari jawa barat

Tari Merak adalah tarian sunda yang sangat unik. Tari merak juga merupakan salah satu contoh tari tunggal dari sunda. Tarian ini terkenal sangat indah karena menceritakan tentang keindahan burung merak.

Banyak tarian daerah jawa barat memang terkenal dengan konsepnya yang unik-unik. Pada tarian tradisional jawa barat ini, penari menggunakan baju dengan motif khas burung merak yang indah. Jenis tarian sunda tari merak ini pertama kali dibuat tahun 1950 oleh Raden Tjetjep Soemantri yang kemudian dikembangkan lagi oleh Irawati Durban sehingga Tari Merak terlahir kembali tahun 1965.

Baca juga:  Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta Gambarnya Lengkap

9. Tari Ketuk Tilu

Tari Ketuk tilu dari jawa barat

Pasti sudah banyak orang yang mengenal tarian sunda ini. Tari Ketuk Tilu adalah salah satu tarian adat suku sunda yang sangat populer dan sering dibawakan dalam acara. Tarian tradisional jawa barat Ketuk Tilu ini sekarang sudah dikembangkan menjadi tari jaipongan. Meski begitu masih banyak yang membawakan tarian ini dengan gerakan originalnya.

Gerakan dan gaya dari tari jawa barat Ketuk Tilu sangat mirip dengan tari Jaipongan. Sebenarnya jenis tarian sunda adalah tarian khas dari Priyangan. Priyangan merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang melahirkan berbagai macam jenis tarian tradisional.

Tari Ketuk Tilu dibawakan oleh penari perempuan yang disebut sebagai ronggeng. Para ronggeng ini awalnya akan menari sendiri mengitari panggung kemudian para penonton laki-laki akan ikut menari bersama secara berpasangan.

10. Tari Buyung

Tari Buyung dari jawa barat

Tarian daerah dari jawa barat lainnya adalah tari buyung. Tarian tradisional jawa barat ini biasanya dibawakan pada acara-acara upacara adat seperti Seren Taun.

Tari Buyung adalah jenis tarian sunda yang bercerita tentang perempuan yang sedang mandi di air terjun. Sama seperti wanita jaman dahulu yang hendak mandi, para penari akan membawa kendi atau tempat air dari tanah liat yang menjadi properti tari. Tari Buyung sendiri menjadi tari jawa barat yang dibuat oleh Emalia Djatikusumah dan masih terus dipopulerkan hingga sekarang.

11. Tari Sampiung

Tari Sampiung dari jawa barat

Sama seperti namanya, Tari Sampiung adalah tarian suku sunda. Sebenarnya tarian adat suku sunda ini disebut sebagai Tari Sampiung karena menggunakan lagu Sampiung sebagai pengiring tariannya.

Seni tari jawa barat telah diwariskan dari waktu ke waktu, begitu pula dengan tari Sampiung. Jenis tarian sunda ini telah dikenal sejak jaman dahulu kala, bahkan tidak diketahui dengan pasti siapa yang membuatnya. Tak heran jika tarian dari jawa barat ini selalu menjadi pengiring dalam upacara-upacara adat yang besar.

Selain disebut sebagai tari Sampiung, tarian ini sering disebut juga dengan tari ngekngek atau tari jentreng.

12. Tari Ronggeng Bugis

Tari Ronggeng Bugis dari jawa barat

Diantara tarian adat suku sunda lainnya, bisa dibiang Tari Ronggeng Bugis adalah tarian yang paling lucu. Jika biasanya ronggeng adalah sebutan untuk penari perempuan dalam tari Ketuk Tilu atau Jaipongan, maka kali ini ronggeng-ronggeng tersebut adalah laki-laki.

Tarian jawa barat ini dipentaskan oleh sekelompok laki-laki yang menari selayaknya perempuan. Namun, bukannya lemah gemulai gerakannya justru membuat gelak tawa. Tarian khas jawa barat memang sengaja menampilkan cerita lawakan untuk menghibur penontonnya.

Tarian ini awalnya digunakan untuk meredakan ketengan yang sedang terjadi di Kerajaan Cirebon. Maka dari itu, para lelaki didandani dengan dandanan yang tebal dan lucu agar menghibur dengan lawakannya.

13. Tari Sintren khas Cirebon

Tari Sintren khas Cirebon jawa barat

Salah satu tarian adat jawa barat berasal dari Cirebon juga, yaitu tari Sintren. Tari Sintren menjadi tarian yang beda dari jenis tarian khas cirebon lainnya. Tarian ini menceritakan sebuah kisah cinta dari seorang perempuan bernama Sulasih dengan kekasihnya Sulandono. Namun, yang membuat seni tari jawa barat ini unik adalah aura mistis yang dihadirkan.

Tari Sintren merupakan tarian dari jawa barat yang mengandung nilai mistis atau magis. Jika tarian yang ada di jawa barat lainnya lebih menceritakan kisah lucu, ksatria atau kisah cinta biasa maka tarian ini jutru memberi pertunjukan unik.

Baca juga:  6 Tarian Adat Betawi Yang Populer

Penari perempuan akan dimasukkan ke dalam kandang ayam yang cukup besar. Kemudian kandang ayam tersebut akan ditutup kain sehingga sang penari tidak akan terlihat. Penari dimasukkan dalam kondisi terikat. Kemudian sang dalang akan memutarinya sambil membacakan mantra yang bisa memanggil Dewi Lanjar. Saat sang dewi benar-benar datang maka akan ada pertanda, yaitu saat kain penutup dibuka, sang penari perempuan sudah terlepas dari ikatan dan berubah menjadi cantik.

14. Tari Iswara Gandrung

Tari Iswara Gandrung dari jawa barat

Tarian daerah dari jawa barat selanjutnya adalah Tari Iswara Gandrung. Tarian khas jawa barat ini juga memiliki nilai mistis karena bercerita tentang keberadaan Nyi Roro Kidul.

Ratu Nyi Roro Kidul dipercaya sebagai sosok yang menguasai laut selatan pulau Jawa. Namun, bukan hanya suku Jawa saja, Nyi Roro Kidul juga dipercaya keberadaannya oleh orang Jawa Barat sehingga terlahirlah tarian suku sunda berkisah tentang Nyi Roro Kidul.

Tarian dari jawa barat ini dibawakan oleh tujuh orang penari perempuan yang didandani cantik. Gerakan dari tarian ini lemah gemulai dan dinamis. Tarian yang ada di jawa barat memang banyak yang unik dan memiliki kisah yang dalam. Gambaran dari sosok Nyi Roro Kidul tergambarkan dengan kostum yang serba hijau sesuai dengan warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

15. Tari Boboko Mangkup

Tari Boboko Mangkup dari jawa barat

Tarian daerah dari jawa barat yang tidak kalah unik lanjutnya adalah Tari Boboko Mangkup. Tarian jawa barat yang satu ini memiliki artinya dan cerita yang unik juga.

Boboko dalam bahasa sunda artinya bakul atau tempat untuk meletakkan nasi. Sedangkan mangkup artinya telungkup, sehingga Boboko Mangkup berarti bakul yang tertelungkup.

Penari pada tarian adat jawa barat ini akan menari dengan membawa boboko yang sangat besar. Kisah seni tari jawa barat Boboko Mangkup adalah usaha rakyat untuk menjaga agar boboko tersebut tidak mangkup. Jika boboko tersebut mangkup maka sama saja mereka tidak punya nasi untuk dimakan dan hidup sengsara.

16. Tari Panarat

Tari Panarat dari jawa barat

Tari Panarat adalah salah satu tarian suku sunda yang memiliki cerita dan gerakan yang lain. Tarian jawa barat panarat berasal dari daerah Bogor. Cerita dari tariannya ini adalah tentang kisah pemetik teh. Ceritanya sebenarnya cukup sederhana karena menceritakan pemetik teh yang bersuka cita karena bisa panen.

Seni tari jawa barat ini bahkan melengkapi penarinya dengan caping dan membawa bakul khas seperti pemetik teh sungguhan. Seperti yang telah diketahui, daerah Jawa Barat memang sangat terkenal dengan kebun tehnya yang berlimpah, sehingga munculah tarian ini yang menjadi khas tarian adat jawa barat.

Gerakan dari Tari Panarat ini lemah gemulai dan memperlihatkan kegiatan sedang memetik teh.

17. Tari Bajidor Kahot

Tari Bajidor Kahot dari jawa barat

Tari Bajidor Kahot adalah tarian khas bandung yang dibawakan oleh penari perempuan. Tarian jawa barat ini merupakan gabungan dari ketuk tilu dengan jaipongan, sehingga gerakannya sendiri juga hampir mirip.

Tarian suku sunda ini menggunakan kebaya Pasundan sebagai kostum utamanya. Tari Bajidor Kahot sebenarnya masih baru karena baru dibuat pada tahun 2000. Tariannya menggunakan selendang dan kipas.

Gerakan dari Bajidor Kahot lemah gemulai dan cantik menunjukkan sisi feminim yang indah. Tarian Bajidor Kahot memang belum sepopuler Ketuk Tilu dan Jaipongan tapi gerakannya cukup dinamis dan menjadi tarian yang unik untuk dinikmati.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×