6 Tarian Adat Betawi Yang Populer

Indonesia negara dengan banyak keberagaman kesenian yang berbeda. Di setiap daerah memiliki budaya dan kesenian sendiri. Sama halnya dengan Betawi. Suku Betawi yang ada di Ibu Kota Indonesia memiliki banyak budaya dan kesenian. Mulai dari kulinernya yaitu soto betawi, budaya angkut rumahnya, kesenian ondel-ondelnya, ada juga kesenian tari daerah betawi yang sayang untuk di lewatkan.

Tarian asal betawi sangat khas dan tentunya memiliki sesuatu yang berbeda dari tarian tradisional daerah lain. Tentu tarian adat suku betawi tak selembut tari solo dan jogja, tari betawi juga ada yang tidak perlu menggunakan banyak penari seperti tari aceh. Tari adat betawi memiliki kenahasannya sendiri. Tari tradisional betawi memiliki ragam gerak yang berbeda dari daerah lainnya. tak hanya itu, pola tarian betawi hingga iringan juga berbeda.

Tarian Tradisional Betawi

Tari Betawi berasal dari DKI Jakarta. Sebagai ibukota, Jakarta, kerap menjadi pusat perhatian daerah lain di Indonesia. Di daerah ini, Suku Betawi lahir dan berkembang menjadi penduduk asli. Suku Betawi sendiri terdiri dari beberapa kelompok etnis yang tergabung dalam satu daerah sehingga membentuk budaya sendiri dari budaya Betawi.

Kelompok etnis yang menjadi warga betawi adalah etnis Arab, Cina, Jawa, Melayu, Ambon, Bali, dan lainnya. Karena itu, tarian adat dki jakarta khususnya betawi banyak dipengaruhi oleh etnik asal ini. Meski begitu, betawi memiliki karakteristik sendiri. Itulah suara riang iringan musik dan gerakan tarian yang dinamis.

Tarian khas betawi sendiri sangat banyak dan dari banyaknya macam-macam tarian betawi, ini dia 6 Tarian Adat Betawi Yang Populer:

1. Tarian Japin

tari japin dari betawi

Tarian Japin sebenarnya adalah tarian Zapin. Karena orang betawi mengucapkan huruf Z dengan huruf J membuat nama tarian ini secara otomatis berubah menjadi Japin. Tarian ini tersebar di mana-mana. tarian tradisional betawi ini mendapat pengaruh besar dari budaya Arab. Sehingga ragam gerak maupun iringannya sangat kental dengan arab.

Baca juga:  12 Tarian Adat Aceh dan Penjelasannya

Yang membedakan tarian tradisional betawi Japin dengan tarian Zapin pada umumnya adalah musik. Trek musik tari tradisional betawi Japin  menggunakan kecapi. Tarian Zapin di tarikan dengan melompat-lompat sambil memukul gendang rebana kecil. Pukul rebana sekali di ikuti dengan  gerakan menghentak.

Melihat tarian betawi ini memberi rasa ceria. Tarian Japin Betawi biasanya berpasangan antara wanita dan pria.

2. Tari Cokek Betawi

tari cokek dari betawi

Tarian tradisional berikutnya adalah Tarian Cokek. Tarian ini mirip dengan tarian Tiongkok, musik yang digunakan adalah gambang kromong yang biasa digunakan untuk mengiringi berbagai tarian tradisional lainnya. para penari tari khas betawi ini biasanya menggunakan pakaian kebaya khas juga yang di sebut kebaya cokek.

tari tradisional betawi yang satu ini dibawakan oleh bos atau tuan tanah orang kaya Cina Peranakan. Oleh karena itu, tarian dan pakaian tari kokek agak mirip tarian Betawi di Tiongkok. Mereka biasa merawat penari dan pemain cokek Gambang Kromong. Tarian ini diiringi oleh musik cokek Gambang Kromong.

Sebagai periode pengembangan, pemiliknya bersedia menampung para penari hidup dan Gambang Kromong Cokek berkurang. Akibatnya sangat sedikit yang ingin melestarikan tarian betawi ini.

Tari kokek agak mirip dengan ngibing. Salah satu yang membuat tari tradisional betawi ini khas adalah goyang geol-geol pinggulnya. Sekarang pemain cokek dan pemain profesional Kromong Gambang, sulit ditemukan.

Hal unik lainnya dalam taria khas betawi ini, para penari akan menyerahkan selendang untuk para tamu, dan sangat dilarang bagi tamu untuk menolak syal. Kemudian, tamu harus menari. Kedengarannya menarik bukan?

3. Tari Topeng Betawi

tari topeng dari betawi

tarian khas betawi yang paling lama dikenal oleh masyarakat adalah Tarian Topeng Betawi. Dalam Tari Topeng Betawi, Anda bisa melihat tiga elemen seni sekaligus, yaitu tarian itu sendiri, teater atau seni peran dan musik. Pertunjukan dapat mencakup campuran dialog, lagu, komedi, tarian dan musik, dimulai dengan tarian tetapi dapat mencakup dialog nanti.

Baca juga:  Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta Gambarnya Lengkap

Biasanya pertunjukan tari topeng dilakukan oleh penyanyi-penari wanita dan badut laki-laki. Musik yang biasanya dimainkan adalah ansambel kecil dari idiofon perunggu, drum yang disebut gendang, dan biola dawai dua senar yang disebut rebab.

Di Topeng Betawi, para penari memakai topeng dan gerakan lewat seni mendongeng. Sekarang tarian topeng telah banyak dikreasikan Betawi. Maka tarian Betawi menjadi lebih beragam.

Tari Topeng diiringi banyak musik Betawi. Topeng Betawi tumbuh dan berkembang di pinggiran Jakarta. Biasanya diadakan saat pernikahan, acara dan acara sunat.

Tarian ini telah diakui oleh negara-negara asing lho, Anda bisa melihat tarian ini ketika ada upacara dan pernikahan. Dalam perkembangan tarian ini, tarian ini bisa menjadi lebih besar dan lebih terkenal di seluruh dunia.

4. Tari Lenggang Nyai

Tari Lenggang Nyai dari betawi

Tarian ini disebut Lenggang Nyai karena menceritakan kisah Nyai Dasimah. Gadis asal Jakarta yang bingung memilih pasangan antara pria Belanda dan Indonesia. Dia akhirnya memilih pria Belanda, tetapi sepanjang pernikahannya, Nyai memberontak karena aturan yang dibuat oleh suaminya.

Merasakan hak-hak wanita yang diambil, cerita akhirnya menginspirasi seorang seniman bernama Wiwiek Widiastuti dan membuat tarian yang disebut Tari Lenggang Nyai. Tarian ini menggunakan musik Gambang Kromong, dan kostum berwarna merah dengan perhiasan kepala. Jika Anda perhatikan ada sedikit nuansa tradisi Cina.

Wiwik Widiastuti adalah wanita yang mengembangkan tarian Nyai Lenggang ini. wiwik widiastuti sendiri bukan orang asli Betawi, ia orang Yogyakarta. Namun kecintaan terhadap budaya dan tari betawi, membuat Wiwik menciptakan tarian lenggang Betawi ini.

5. Tari Sirih Kuning

tari sirih dari betawi

Nama Sirih Kuning diduga digunakan pada zaman kuno ketika prosesi pernikahan tradisional, sirih kuning diberikan dari calon pengantin pria ke calon pengantin wanita. Hal tersebutlah yang menjadi cikal bakal tari cokek betawi.

Baca juga:  9 Tarian Tradisional Khas Bali yang Paling Populer

Tarian ini biasanya menampilkan sepasang penari wanita dan pria. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tarian ini sering dibawakan oleh anak-anak dan tidak menuntut sepasang pasangan lagi. Musik yang mengiringi tarian ini adalah Gambang Kromong.

6. Tari Yapong

tari yapong dari betawi

Tarian Yapong pertama kali diciptakan oleh Bagong Kusudiardjo pada tahun 1975. Tarian ini biasanya digelar saat mendekati hari ulang tahun kota Jakarta. Nah, pada masa itu, Departemen Kebudayaan biasanya menyiapkan beberapa tarian lokal dari berbagai daerah di Indonesia.

Hingga saat ini, tarian tradisional Betawi ini ketika pentas menggunakan instrumen musik yaitu rebana hadroh, rebana biang dan rebana ketimpring. Seiring dengan perkembangan zaman, yapong juga menjadi cara untuk menggabungkan seni tradisional dan modern ke dalam seni kontemporer.

7. Tari Renggong Manis

tari renggong manis dari betawi

Banyaknya orang yang ada di betawi dari berbagai penjuru daerah terbentuklah persilangan budaya dan kultur salah buktinya ada di tarian renggong manis. Tarian ini adalah perpaduan dari banyak budaya, yaitu Betawi, India, Cina klasik dan arab.

Tarian khas betawi ini sendiri bercerita tentang ekspresi bahagia remaja-remaja putri dari banyak kultur ketika mereka bersama terungkap dalam tari ini. Tari tradisional betawi ini biasanya di tampilan untuk acara-acara resmi seperti menyambut tamu.

Betawi memiliki banyak sekali kesenian dan budaya yang menarik sekali untuk di telurusi. Salah satunya adalah tarian tradisional betawi. Dari banyaknya tarian khas betawi di atas adalah 6 tari betawi paling populer.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×