Growth Hack: Strategi Marketing Untuk Lesatkan Bisnis Anda

growth hack marketing

Dalam beberapa tahun terakhir, anda mungkin sering mendengar tentang growth hacking. Growth hacking adalah suatu strategi digital marketing yang digunakan oleh perusahaan startup dalam bidang teknologi, dengan basis kemampuan untuk berpikir analitis, kreatif, dan metrik sosial. Tujuan penggunaannya adalah mendapatkan publikasi dan menjual produk dengan lebih cepat.

Setelah beberapa tahun digunakan secara berkala oleh bisnis startup diketahui bahwa bisnis ini memberikan banyak keuntungan. Salah satunya memberikan peningkatan usaha kecil atau startup ke pertumbuhan perusahaan yang lebih besar. Karenanya, teknik marketing growth hacking dipilih olhe perusahaan-perusahaan perintis, untuk dapatkan keuntungan besar.

Tahapan Menyusun Growth Hacking

Untuk menyusun growth hacking yang tepat, anda dapat memulainya dengan lima tahapan. Tahapan pertama adalah akuisisi yang mengenalkan produk pada layanan target konsumen. Tahapan yang kedua adalah aktivasi atau konsumen yang mulai mencoba produk tersebut. Setelahnya retensi yang merupakan perusahaan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen, melalui berbagai cara.

Tahapan yang kedua adalah pendapatan, di mana konsumen yang telah menggunakan produk atau layanan mulai memperkenalkannya kepada orang lain. Serta yang terakhir adalah rujukan, di mana pendapatan yang diperoleh dari konsumen mengalir, sehingga memberikan kelangsungan bagi perusahaan. Di sinilah, keuntungan yang didapat akan terus mengalir dan membuahkan hasil berlimpah.

Macam Growth Hack

Anda yang memiliki usaha yang baru dimulai, dapat memanfaatkan growth hack untuk mempercepat pertumbuhan usaha. Beberapa caranya, akan disampaikan dibawah ini.

1. Manfaatkan Tren Baru

Untuk anda yang merupakan pemilik usaha baru, usahakan untuk selalu mengikuti tren terbaru. teknik ini banyak digunakan, agar mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Serta, memberikan peningkatan pada penjualan. Selain itu, startup akan lebih mudah diingat oleh pembeli dan penasaran untuk menggunakan produk atau jasa dari perusahaan.

Tren yang dapat digunakan adalah berita industri atau mengikuti fenomena populer yang lainnya. Tren inilah yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kampanye yang relevan. Namun saat menjalankannya, pastikan tidak monoton. Jadi, tidak ada kebosanan yang muncul dari pengguna jasa maupun usaha yang di pasarkan.

Hubspot menjabarkan terdapat beberapa tren marketing yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • General marketing trends
  • Content marketing trends
  • Social media marketing trends
  • Search engine optimization marketing trends
  • Technology marketing trends
  • Privacy marketing trends

Anda dapat menggunakan beberapa tren marketing, untuk menentukan arah bisnis.

2. Memanfaatkan HARO

HARO adalah Help A Reporter Out atau sebuah formula terbaik dalam strategi grwoth hack. HARO dapat digunakan untuk memberikan petunjuk kebolehan dalam berbagai bidang. HARO juga dapat menjadi pembantu bagi wartawan untuk mendapatkan jawaban dari perusahaan tentang industri dan bidang keahlian yang dimilikinya.

Lebih dari itu, HARO dapat digunakan untuk mempromosikan usaha startup secara halus. Di mana, anda hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan secara informatif dan jelas. HARO berbeda dengan strategi marketing tradisional, namun menjadi salah satu unggulan di pasaran. Karena melalui HARO, brand dapat disampaikan secara lebih terbuka pada audiens.

3. Kembangkan Marketing Affiliate

via: hubspot

Afiliasi atau kerjasama adalah cara yang disarankan dalam growth hack. Karena rekomendasi yang diberikan oleh teman, kolega hingga keluarga jauh lebih dapat dipercaya dibandingkan relasi lainnya. Dalam hal ini, jauh lebih terpercaya dibandingkan iklan-iklan yang ada di media sosial maupun media massa, yang terkadang justru memberikan kerugian.

Konsumen yang terjaring melalui afiliasi ataupun referral, bukanlah konsumen yang sembarangan. Melainkan memiliki potensi yang besar untuk menjadi bagian dari pelanggan setia. Menariknya lagi, afiliasi termasuk sebagai strategi marketing yang cukup murah dan cocok untuk startup. Serta, memiliki kemungkinan untuk memberikan pelanggan lainnya pada usaha. Untuk mempelajari lebih jauh silahkan pelajari Affiliate Marketing Made Simple: A Step-by-Step Guide.

4. Website Unggulan

Dalam memasarkan sebuah usaha, disarankan untuk membangun sebuah website. Website dapat digunakan sebagai rumah digital dari bisnis yang dijalankan. Anda harus membuatnya dengan sempurna, setiap sentuhan dari layout hingga navigasi harus berjalan dengan mulus. Sehingga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk pengunjung.

Pemilihan hosting yang tepat sebagai pondasi website juga akan mempengarui performa website. Anda bisa menggunakan layanan hosting terpercaya dari DomaiNesia untuk kebutuhan website anda. Untuk pilihan paket hosting nya, anda dapat menuju halaman https://www.domainesia.com/hosting/.

Selain tampilan website, anda harus memperhatikan domain yang akan digunakan. Di dunia, tersedia banyak pilihan ekstensi domain yang dapat digunakan. Disarankan untuk menggunakan nama domain sesuai dengan kebutuhan dan yang dirasa dapat memberikan penjelasan bisnis/brand yang tepat. Jadi, pengunjung mudah mengingat domain yang dipakai. Anda juga dapat membeli domain dari DomaiNesia dengan harga terjangkau.

5. SEO

via: wordstream

Setelah anda memiliki website saatnya untuk mengoptimalkan performa website agar mampu bersaing di search engine. Dari sinilah anda membutuhkan SEO.

SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya untuk memaksimalkan visibilitas website di mata search engine dari segi On-Page, Off-Page dan Technical. Strategi marketing SEO membutuhkan waktu yang tidak singkat, bisa disebut SEO adalah strategi jangka panjang. Namun jika dilihat dari segi penguluaran SEO merupakan setrategi marketing yang paling murah, maka dari itu SEO menjadi hal yang wajib ketika sebuah usaha/startup memiliki website.

Goal dari SEO adalah traffic yang datang ke sebuah website untuk nantinya di konversi pada transaksi pembelian.

6. Kirim Bonus Ke Pelanggan

Siapa diantara anda yang tidak menyukai barang gratis? Semua orang menyukainya dan cara ini sangat cocok untuk usaha. Di mana, saat mengirimkan barang secara gratis dan barang yang diberikan adalah barang bermerk, akan mendapatkan nilai tambah dari pelanggan. Pandangan bahwa pelanggan dihargai dan diapresiasi akan tumbuh dan menjadi bagian dari pelanggan setia.

Pelanggan yang menerima kepuasan atas layanan anda, tidak akan menutup cerita bahagianya. Informasi ini tentu dibagian pada lingkaran terdekatnya. Lebih dari itu, hadiah yang diberikan akan memberikan dampak positif di pikiran pelanggan. Serta, jika ingin membeli produk lainnya, pelanggana akan mengingat bahwa layanan anda-lah yang seharusnya digunakan bukan yang lain.

7. Hadir di Komunitas

Networking adalah satu hal yang dimiliki oleh semua startup. Menurut ahli, networking memiliki kesamaan dengan berkebun dibandingkan dengan berburu. Networking adalah masalah membangun hubungan jangka panjang. Salah satu caranya adalah dengan mengadiri komunitas atau acara-acara yang diadakan, sehingga semakin banyak orang yang mengenal usaha.

Dalam menjalankannya, terdapat banyak keuntungan yang akan didapat. Contohnya, anda dapat mempromosikan usaha ke audiens yang lebih besar. Serta dapat menjalin hubungan dengan orang-orang yang ada dalam satu industri. Melalui pertemuan ini, akan didapatkan pengetahuan terkait usaha, sehingga jika ada kesulitan dapat disharingkan dengan para pendahulu.

8. Kerjasama dengan Influencers

via: influencermarketinghub

Cara lain yang dapat dimanfaatkan dalam strategi growth hack adalah kolaborasi dengan influencers. Dalam hal ini, influencers akan menjaring lebih banyak audiens. Sehingga, pelanggan yang didapat akan bertambah dengan pesat. Trik ini juga dapat digunakan untuk menanamkan keyakinan calon pelanggan untuk menggunakan brand, karena influencers pun menggunakannya.

Startup yang menggunakan cara ini, sebenarnya tidak perlu khawatir dengan budget yang dimiliki. Karena anda dapat memiliki influencers yang budgetnya tidak terlalu mahal, namun memiliki basis massa yang cukup besar. Dalam memilih influencer, penting pula untuk memperhatikan apakah basis massa yang dimilikinya, sesuai dengan target pelanggan usaha.

9. Bentuk Komunitas di Media Sosial

Cara berikutnya adalah memanfaatkan sosial media yang sedang booming saat ini. Cara ini telah dilakukan oleh berbagai brand dan startup dan mendapatkan peningkatan popularitas. Hal ini dilakukan agar dapat berpromosi, berjualan hingga mendapatkan feedback dari konsumen. Tidak hanya itu, startup juga dapat berinteraksi dengan pelanggan untuk kemajuan usaha.

Dalam memanfaatkan media sosial, anda tidak dapat menggunakannya secara singkat. Karenanya dibutuhkan sebuah komitmen dan didedikasi, caranya dengan membuat konten yang tepat. Di sinilah dibutuhkan keahlian khusus yang dapat memberikan konten dan isu yang sesuai dengan keinginan audiens. Jadi, usaha mengembangkan bisnis melalui media sosial dapat lebih pesat.

10. Email Marketing

via: campaignmonitor

Langkah lainnya dalam teknik marketing adalah memanfaatkan email marketing. Email marketing adalah cara yang paling efektif. Menurut data dari McKinsey, email marketing memiliki peluang 40 kali lebih besar untuk mendatangkan pelanggan baru daripada Facebook dan Twitter . Karenanya email marketing menjadi penting bagi sebuah startup. Namun untuk melakukannya, tidak dapat langsung dilakukan, anda membutuhkan proses yang cukup lama.

Sebagai langkap pertama, anda harus mengumpulkan subscriber dahulu. Cara termudah melakukannya adalah memasangkan opt-in pada website, sehingga nantinya muncul pada saat pengunjung keluar dari website. Campaign ini telah banyak digunakan, karena dapat menarik perhatian dari pengguna, sehingga memberikan kemungkinan dimasukkannya email. Anda juga bisa belajar dari Neil Patel untuk mengambangkan email subscriber.

11. Siap Berkompetisi

Untuk dapat meningkatkan brand awareness pada masyarakat di luaran, anda harus siap untuk berkompetisi. Cara ini tidak hanya mendatangkan customet yang baru, namun akan memberikan exposure yang lebih menguntungkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengadakan perlombaan pada sosial media perusahaan, agar meningkatkan antusiasme pelanggan.

Selain itu, anda juga dapat melakukan upload foto di instagram. Kemudian meminta pengunjung untuk mengupload gambar yang berkaitan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Kemudian masukkan hashtag pada bagian bawah foto, melalui hashtag inilah akan didapatkan lebih banyak pelanggan dan mendukung pengembangan usaha.

12. Video Marketing

Indonesia adalah negara yang warganya senang dengan storytelling. Karenanya, strategi terbaik untuk memperkenalkan usaha adalah memanfaatkan video marketing. Melalui storytelling, anda dapat meningkatkan krebilitas brand dan meningkatkan conversion rate dengan lebih cepat. Hal ini karena manusia akan lebih cepat memproses visual dibandingkan text.

Lebih dari itu, video lebih menarik perhatian pengunjung, di mana pun video tersebut ditayangkan. Konten yang dapat dimasukkan pun beragam, seperti chart, memes, vide, infographic dan yang lainnya. Video ini dapat dikatakan sebagai teknik marketing yang paling powerful. Karena dalam beberapa menit, setiap pengunjung dapat memahami pesan yang ada.

Berikut ini adalah salah satu rekomendasi tutorial video marketing dari Webinar Komunitas Bukalapak untuk mempelajari pembuatan video marketing lebih dalam.

13. Berikan Diskon untuk Social Shares

Untuk menarik pelanggan, tentu penggunaan sosial media sudah sangat familiar dilakukan. Karenanya anda harus membuatnya sesuai dengan usaha yang dimiliki. Nantinya melalui sosial network, anda dapat menyebarkan berita tentang produk dan layanan yang dimilikki. Tidak hanya itu, akan didapatkan pula leads dan sales melalui word of mouth serta social shares.

Pada umumnya, orang-orang akan memberikan request yang simple. Ada pula yang lebih terdorong untuk engage dengan account, jika akan mendapatkan sesuatu. Jika terdapat orang-orang seperti ini, anda dapat menawarkan diskon ataupun hadiah pada follower. Cara ini dapat diberikan, jika follower, telah melakukan share produk atau jasa pada sosial medianya.

14. Memastikan Produk Dibutuhkan dan Berkualitas

Satu lagi teknik yang dapat digunakan adalah memanfaatkan survey tentang produk. Dalam hal ini, apakah produk dan layanan yang ditawarkan cocok untuk di pasarkan atau sebaliknya. Jika tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, anda dapat mencoba mencari ide tentang produk baru. Hal ini dapat membantu agar usaha dapat berjalan dengan lancar.

Sebelum produk di pasarkan, anda harus memperhatikan apakah kualitas produk atau jasa yang diberikan sudah cukup mumpuni. Cara melihatnya adalah memberikan layanan dicoba oleh pelanggan dahulu. Jika tanggapan yang diberikan cukup memuaskan, maka produk atau jasa siap dipasarkan secara lebih luas dengan media promosi yang sesuai.

Dari semua strategi yang di sampaikan di atas, anda dapat menggunakannya satu per satu. Namun bila perusahaan telah membesar, tidak ada salahnya menggunakan teknik grwoth hack secara keseluruhan. Jika kesulitan, mintalah bantuan growth hacker untuk membantu melakukannya.