Segudang Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Berbicara tetang vitamin mungkin kita semua sudah tidak asing lagi dengan nutrisi satu ini. Vitamin D sangat dibutuhkan oleh tubuh guna memperlancar metabolisme dan sebagai sumber asupan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Vitamin sendiri terdiri atas beberapa kelompok seperti vitamin A, B, C, D , K dan lain sebagainya. Banyak penyakit bisa muncul karena kekurangan sumber vitamin. Salah satunya adalah masalah pada sistem kekebalan tubuh yang sering terjadi karena kekurangan vitamin D dan C.

Vitamin D merupakan salah satu bagian dari kalsiferol yaitu turunan dari melekul senyawa streoid yang beberapa diantaranya merupakan kolestrol. Hebatnya lagi vitamin D ini dapat diproduksi sendiri melalui proses sintesis dari beberapa bagian kulit yang sering kali terpapar sinar matahari pagi antara pukul 7 sampai dengan 9. Vitamin D terdiri atas 2 golongan seperti vitamin D2 ergokalsiferol dan vitamin D3 atau yang di kenal sebagai kolekalsiferol. Kedua vitamin ini dapat dioptimasi dalam tubuh dengan inisiasi dengan hormon paratoid. Sedangkan vitamin D3 ada pada lapisan kulit. Anda bisa mendapatkan vitamin D3 dengan mudah, yaitu dari sinar matahari pagi secara langsung dan tidak terhalangi oleh pantulan sinar kaca ataupun benda lainny. Proses penyerapan vitamin D3 dalam proses berjemur juga tidak dianjurkan lebih dari 30 menit yang justru akan memperburuk sel-sel jaringan kulit karena terpapar sinar ultraviolet yang terlalu lama.

Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Ikan tuna, salmon, hati sapi, keju, kuning telur dan jamur. Dengan syarat sudah mengalami proses pemaparan sinar ultraviolet atau terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu vitamin D juga bisa diperoleh dari berbagai macam produk susu kaleng dan olahan-olahan makanan yang memang sengaja diproduksi sebagai sumber vitamin D.

Baca juga:  Manfaat Makan Belalang Yang Menyehatkan Tubuh

Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh

√ Menjaga Kekebalan Tubuh Anda

Taukah Anda bahwa di dalam vitamin D terdapat senyawa yang aktif yang dikenal sebagai kalsitriol yang merupakan salah satu senyawa yang membantu dalam proses penyerapan kalsium di dalam tulang dan otot. Kalsitriol juga berperan aktif dalam immuno modulator yang sangat peting peranannya dalam menjaga kekebalan tubuh manusia. Oleh sebab itu tubuh manusia sangat dianjurkan mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan kandungan vitamin D. Ini untuk meminimalisir terjadinya penyakit yang diakibatkan oleh kekebalan tubuh menurun seperti pilek, flu, batuk dan sakit kepala ringan.

√ Mencegah Kanker Payudara

Seseorang yang kekurangan vitamin D biasanya akan lebih rentan terserang virus yang dapat menyebabkan kanker. Hal ini dikarenakan kekebalan tubuh yang terus menurun sehingga membuat virus dan berbagai macam bakteri bebas berkembang biak. Kanker payudara merupakan penyakit pembunuh nomor 1 bagi setiap wanita. Penyebarannya yang sangat cepat sering kali diatasi dengan tindakan operasi yang menyakitkan dan berbahaya bagi setiap wanita. Nah, maka dari itu mulai sekarang jangan sungkan lagi untuk mulai membentuk pola hidup sehat seperti berolahraga teratur, serta rajin mengkonsumsi buah dan sayuran. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi daun kemangi yang menurut penelitian sangat bermanfaat dalam memberantas sel kanker.

√ Meremajakan Kulit

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit sehat alami, mungkin Anda bisa menambah asupan gizi vitamin D dalam metabolisme tubuh Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan sumber vitamin D alami seperti yang terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Manfaat vitamin D ini pada kulit adalah dapat meregenerasi sel kulit mati dengan cepat serta melembabkan kulit sehingga terhindar dari kulit keriput atau pengeringan kulit yang diakibatkan oleh kurangnya sumber vitamin atau nutris untuk kulit. Anda juga bisa memanfaatkan produk kecantikan yang memiliki kandungan nutrisi vitamin D untuk merawat kulit dari dalam dan luar tubuh sehingga mendapatkan kulit indah berkilau.

Baca juga:  Ternyata Inilah Posisi Tidur Yang Baik Bagi Kesehatan

√ Mengobati Penyakit Osteomalacia

Osteomalacia adalah penyakit disebabkan oleh proses pembentukan mineral pada tulang yang tidak normal atau berfungsi dengan baik sehingga akan berdampak pada pertumbuhan tulang yang tidak normal seperti lunak, mudah keropos dan patah. Maka dari itu teman-teman dapat mencegah osteomalacia dengan cara memberikan asupan vitamin D yang cukup bagi metabolisme tubuh. Ada baiknya juga Anda berkonsultasi ke dokter terdekat mengenai takaran nutrisi vitamin D untuk tubuh yang dibutuhkan.

√ Mencegah Rakhitis Bagi Anak-Anak

Proses pertumbuhan anak merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh kedua orang tua. Pada masa-masa ini Anda harus memperhatikan selalu asupan makanan yang diberikan kepada Anak agar pertumbuhan menjadi lebih baik dan sempurna. Tidak sekedar memberikan makanan yang hanya membuat kenyang saja, namun perhatikan juga kandungan vitamin bagi anak. Berikan vitamin D secara teratur kepada anak untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penyakit rakhitis, yaitu suatu penyakit yang menimbulkan efek lumpuh pada anak atau tulang yang lembut yang diakibatkan oleh kekurangan mineral.

√ Mencegah Osteoporosis Pada Manula

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh pengeropsan tulang karena kekurangan beberapa vitamin dan mineral yang cukup seperti vitamin D. Penyakit osteoporosis sering dialami oleh kaum manula, namun tak jarang juga bagi Anda yang masih muda kena penyakit ini. Bagi manula, menjaga perawatan tulang tetap sehat seperti berjemur pada pagi hari dan rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat membantu Anda dari pengeroposan tulang.

Bahaya Kekurangan Vitamin D

  • Pengeroposan pada tulang (Osteoporosis)
  • Lumpuh
  • Memiliki badan pucat dan tidak segar
  • Kulit menjadi terlihat keriput
  • Gigi dan tulang tidak kuat
  • Mudah terserang virus dan bakteri
Baca juga:  Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Cepat Dan Mudah

Keracunan Vitamin D

Walaupun kasus ini sangat jarang terjadi pada seseorang, namun kita tetap harus waspada. Biasanya seseorang yang keracunan vitamin D akan memiliki gejala sebagai berikut, pusing, mual, muntah, tidak nafsu makan, keram perut, bobot tubuh menurun dan mudah lemas. Kejadian ini diakibatkan oleh kandungan kalsium dalam darah yang meningkat drastis seiring berlebihnya vitamin D.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment