Segudang Khasiat Dan Manfaat Sayur Buncis Untuk Kesehatan

Buncis adalah jenis tanam-tanaman dari keluarga polong-polongan yang memiliki nama latin Phaseolus Vulgaris. Buncis merupakan tanaman sayuran semusim yang berumur pendek. Tanaman buncis bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Benua Amerika kemudian menyebar jauh hingga ke Eropa dan Asia. Buncis memiliki bentuk hampir mirip dengan kacang panjang, namun lebih pendek, yang mana kandungan nutrisinya sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita. Bahkan kandungan vitamin dan protein tinggi tanpa disadari bisa bisa dijadikan bahan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Buncis biasanya dibuat menu sayur tumis atau sup di kalangan masyarakat Indonesia. Tanpa disadari bahwa dibalik kesegaran sayur buncis ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi tubuh tubuh kita. Maka dari itu anda perlu mengetahui manfaat yang terkandung di dalam sayur buncis dengan detail, supaya dapat berguna demi menunjang asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ternyata banyak sekali manfaat yang diberikan oleh sayur buncis, seperti membantu anda yang sedang diet. Namun tentunya tidak hanya itu saja manfaat yang dimiliki oleh sayur buncis, untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya.

Khasiat Sayur Buncis Untuk Kesehatan

⇒ Membantu Program Diet Anda

Jika anda sedang melakukan program diet atau menjaga berat badan anda, ada baiknya anda mengonsumsi sayur buncis. Karena sayur buncis memiliki kandungan serat tinggi dan kolesterol rendah, sehingga sangat baik sekali untuk orang yang sedang diet. Selain itu juga serat membantu anda untuk tetap kenyang tanpa harus takut berat badan naik.

⇒ Membasmi Racun Pada Pencernaan

Mengonsumsi sayur buncis sangat baik sekali untuk proses pencernaan, karena buncis mengandung serat cukup tinggi yang dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, terutama di dalam sistem pencernaan. Selain itu serat pada buncis juga dapat mencegah iritasi yang dapat terjadi pada usus besar.

Baca juga:  1000 Manfaat Sayur Sawi Hijau Dan Dampaknya

⇒ Mencegah Penyakit Diabetes

Sayur buncis ternyata juga bisa mencegah penyakit diabetes atau kencing manis, hal ini di karenakan buncis mengandung zat stigmasterol dan b-sitosterol yang dapat memacu produksi hormon yang di hasilkan oleh pancreas yaitu hormon insulin. Hormon inilah yang dapat mencegah penyakit diabetes atau kencing manis. Tidak hanya itu kandungan indeks glikemik pada buncis juga sangat baik sekali bila di konsumsi oleh penderita diabetes.

⇒ Memperkuat Tulang

Sayur buncis juga mengandung fosfor dan kalsium, yang mana kedua nutrisi ini dapat menguatkan tulang anda yang mengalami kerapuhan. Dengan demikian anda dapat mengonsumsi sayur buncis untuk menjaga dan memperkuat tulang anda seiring dengan bertambahnya usia.

⇒ Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Pada sayur buncis juga mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia. Antioksidan berfungsi agar tubuh terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan tubuh terserang penyakit.

⇒ Menyehatkan Jantung Anda

Kandungan serat, potasium dan asam folat pada buncis mampu menjadikan jantung anda tetap sehat. Ketiga zat itu mampu mencegah komplikasi di dalam jantung anda, sehingga jantung anda tetap terjaga dengan sehat. Tidak hanya itu, nutrisi di dalam buncis ternyata juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang mana bisa menyebabkan terjadinya gangguan jantung anda.

⇒ Melancarkan Sirkulasi Darah

Tanpa di ketahui pada sayur buncis juga mengandung zat besi, yang mana zat ini sangat baik sekali dalam memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh kita. Dimana zat besi pada sayur buncis ini nantinya akan meningkatkan produksi hemoglobin. Yang mana hemoglobin ini berguna untuk menjadikan darah lebih banyak dalam mengangkut oksigen keseluruh tubuh, sehingga itu menjadikan sirkulasi darah di dalam tubuh menjadi lancer.

Baca juga:  1001 Manfaat Sayur Asem Yang Luar Biasa

⇒ Baik Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Pada sayur buncis terdapat kandungan asam folat yang mana sangat baik sekali dalam mencegah bayi lahir dalam keadaan yang tidak normal (cacat). Tidak hanya asam folat, vitamin K pada buncis juga dapat meningkatkan perkembangan janin, sehingga sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi sayur karena dapat mendukung kehamilan. Tidak hanya ibu hamil, sayur buncis juga sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Karena sayur buncis dapat melancarkan ASI dan mampu meningkatkan sintesis DNA dan RNA.

⇒ Menjadikan Pikiran Tenang

Sayur buncis memiliki sifat hipoglikemik yang mana mampu membuat saraf menjadi tenang. Selain itu juga dapat membantu dalam menguragi tingkat stress dan meningkatkan mental anda, yang hasilnya membuat pikiran anda menjadi tenang dan dapat terkendali. Jika anda mengalami perasaan kurang nyaman atau banyak pikiran ada baiknya anda mengonsumsi sayur buncis, siapa tahu itu dapat membantu anda.

⇒ Mengatasi Batu Ginjal

Serat yang begitu tinggi di dalam buncis dapat membantu melarutkan batu ginjal, sekaligus dapat mencegah dalam pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu banyak dokter yang menganjurkan pasien yang mengalami sakit batu ginjal untuk mengonsumsi sayur buncis.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment