Manfaat Yang Dahsyat Pada Sayur Kangkung

Kangkung adalah sejenis tumbuhan yang sering kita jumpai di sekitar rumah kita. Kangkung juga dapat tumbuh subur di sekitar rawa dan perkebunan. Di Indonesia sendiri masyarakat banyak memanfaatkan kangkung sebagi obat dan menu hidangan yang tentu saja nikmat seperti tumis kangkung dan sup kangkung. Namun dari pada kenikmatannya sayur kangkung ini jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan rasa kantuk yang sangat amat, entah itu benar atau tidak. Kemungkinan terbesar dikarenakan kangkung memiliki kandungan (sedatif) yang akan nanti saya jelaskan bersama manfaat sayur kangkung.

Kangkung sebenarnya sudah dikenal di banyak penjuru dunia dengan berbagai macam sebutan, diantaranya Kangkong (Thailand), Kangkung (Vietnam dan Indonesia), Kankun, Water Spinach (Inggris), Weng Cai (China), Water Morning Glory, River Spinach, Water Convolvulus, Swamp Cabbage, Chinese Spinach, dan lain sebagainya. Kangkung termasuk dalam keluarga kangkung-kangkungan Convolvulaceae, adalah sejenis tanaman yang tumbuhnya sangat cepat dan mudah hidup. Ia mempunyai nama ilmiah Ipomoea Aquatica, adalah tanaman tropis yang media hidupnya di air dan tanah lembab. Kangkung juga dapat dengan mudah tumbuh subur di daerah sub-tropis. Tetapi seringkali banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara. Di Indonesia khususnya atau di Asia Tenggara pada umumnya, kangkung merupkan makanan yang sangat populer, dan banyak ditemukan di restoran-restoran ternama di Asia. Daun dan batang ujung kangkung yang masih muda bisa dimakan mentah sebagai lalapan, atau masak sebagai sayuran dan tumis.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Kangkung

  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Fosfor
  • Zat Besi
  • Serat
  • Selenium
  • Asam Amino
  • Kalsium

Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

— Mengatasi Insomnia

Kandungan yang di miliki Kangkung yaitu unsur sedatif, artinya dapat membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamnya bisa membuat syaraf kendur dan rilekskangkung ini sangat cocok di konsumsi pada saat musim penghujan karena dapat menyebabkan kantuk yang pas berkolaborasi dengan dingin.tapi jika anda akan melakukan kegiatan kerja mengendari atau hal lain saya sarankan agar tidak untuk mengkonsumsi sayur kangkung ini.

Baca juga:  18 Manfaat Sayur Brokoli Yang Luar Biasa

— Anti Toksin Dan Mencegah Sembelit

Kangkung mempunyai sifat antiracun, sehingga berguna untuk meringankan sakit bisul, hingga perawatan kulit. Hal ini juga meringankan sembelit, karena kangkung juga tinggi akan serat seperti halnya dengan sayuran lainya.

— Mengandung Zat Besi

Pada umumnya orang mengenal bayam untuk menambah asupan zat besi secara alami.Tetapi jika Anda mengkonsumsi kangkung, Anda juga akan memperoleh manfaat yang sama. Sayuran air ini memilikikandungan zat besi sekitar 2,5mg per 100 gramnya, sehingga baik untuk menambah hemoglobin sehingga bisa mencegah atau mengurangi anemia.

— Anti Diabetes Melitus

Kangkung yang diekstrak ternyata adalah bantuan yang baik untuk diabetes melitus. Hal ini disebabkan zat dalam ekstrak kangkung bisa menyerap kelebihan gula dalam darah jadi jika anda memiliki kadar gula yang tinggi tidak adasalahnya anda untuk sedikit mengkonsumsi sayur kangkung.

— Kekebalan Tubuh Terhadap Virus Flu Biasa

Kangkung ternyata sangat banyak mengandung vitamin C, sehingga dapat di percaya untuk penangkal serangan influenza. Bahkan diketahui bahwa kandungan vitamin C dalam kangkung lebih tinggi daripada buah-buahan sungguh luar biasa bukan sayur ini memang sangat cocok jika di konsumsi saat perubahan iklim karena vitamin c yang terkandung dapat juga membasmi bakteri yang berevolusi.

— Menyehatkan Penglihatan

Kangkung juga sangat tinggi vitamin A, yaitu nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan mata kita.Vitamin A merupakan antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata kita. Jika tak ingin menderita katarak, atau degenerasi manula, serta gangguan kesehatan mata lainnya, perbanyak konsumsi vitamin A alami, termasuk dari sumber kangkung radikal bebas juga dapat di percaya dapat menyebabkan terjadinya selkangker maka dari itu konsumsilah kangkung agar dapat menghambat sel kanker.

Baca juga:  1001 Manfaat Dan Bahaya Sayur Pare

— Anti Parasit Usus

Kangkung yang sering dikonsumsi mentah dapat mengeluarkan fasciolopsis buski, yaitu cacing parasit dalam usus manusia dan hewan yang bisa menyebabkan fasciolopsiasis.

— Ibu Hamil Dan Menyusui

Kangkung dianggap aman jika dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Dan sebenarnya di India kangkung juga digunakan untuk mengobati diabetes selama kehamilan kangkung juga di percaya oleh para ibu menyusia dapat menambah jumlah asi mereka .konsumsilah sayur kangkung sebagi sup dengan menambahkan rempah dan daging.

— Kesehatan Hati Atau Liver

Menurut penelitian, kangkung dikatakan dapat mencegah kerusakan hati. Hal ini dikaitkan dengan efek senyawa kimia dalam kangkung yang berkontribusi terhada modulasi pada enzim detoksifikasi dan antioksidan serta efek radikal bebas.sungguh luar biasa ok baiklah maka dari itu buat kalian semuah jangan pernah ragu lagi untuk mengkonsumsi sayuran ini karena sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment