Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Ubi jalar atau dalam Bahasa Jawa disebut mantang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang tergolong sebagai makanan pokok pengganti nasi. Banyak masyarakat di jaman dahulu memanfaatkan ubi jalar ini sebagai pengganti bahan pangan yang sulit diperoleh, salah satunya nasi dan gandum. Ubi jalar dapat dinikmati dengan cara digoreng ,direbus atau dijadikan menu olahan lemet.

Seiring perkembangan jaman, ubi jalar sering kali dibudidayakan dan dikembangkan sehingga mendapatkan ubi jalar tak susah lagi. Di pasar atau swalayan terdekat sering kali menyediakan beberapa golongan ubi jalar yang di perjual belikan seperti ubi jalar ungu, kuning dan ubi jalar putih, bahkan ada juga ubi jalar merah yang memiliki kandungan cita rasa seperti madu. Dari karakteristik ubi jalar, taukah anda bahwa keluarga umbi-umbian ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita?

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

— Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut Emilia Achmadi, M.Sc. ubi jalar memiliki kandungan senyawa yang baik seperti vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor, beta karoten dan zat besi. Kandungan tersebut sangat berkaitan dengan kekebalan atau peningkatan imunitas pada tubuh seseorang, so jangan ragu lagi ya mengkonsumsi ubi jalar yang kaya manfaat ini.

— Mengatasi Peradangan

Seperti yang sudah saya ulas di atas bahwa kadungan dari ubi jalar seperti vitamin c,betakrotein dan magnesium sangat baik dalam mencegah terjadinya inflamasi atau peradanagan yang terjadi pada bagian luar dan dalam tubuh.

— Mengobati Bronkitis Dan Asma

Bagi anda yang memiliki penyakit bronkitis anda bisa memanfaatkan cara alami dalam pengobatan ,salah satunya memanfaatkan ubi jalar.menurut emilia seorang ahli nutri menyatakan kandungan pada ubi jalar sangat baik dalam mengobati dan meminimalisir penyembuhan penyakit bronkitis.selain itu aroma dari ubi jalar di percaya juga dalam mengobati ganguan ringan seperti flu dan meringankan penyakit berbahaya seperti asma.adapun manfaat dari daging kelelawar yang di percaya dapat mengobati asma.

Baca juga:  WOW! Ternyata Inilah Manfaat Sayur Genjer Bagi Kesehatan

— Meredakan Sakit Arthritis

Arthritis merupakan salah satu jenis penyakit radang yang terjadi pada bagian sendi ,ubi jalar yang di percaya akan kandungan seng,megnesium,vitamin B kompleks dan betakrotein sangat ampuh dalam mengobati penyakit Arthritis.caranya cukup merebus ubi jalar dan gunkan sebagai kompres pada daerah yang mengalami nyeri.

— Baik Untuk Pencernaan

Selain bermanfaat bagi program diet ubi jalar yang kaya akan serat ini di yakini juga dalam menjaga kesehatan salah satunya pencernaan ,ubi jalar memiliki sifat lembut dan kaya kandungan vitamin sehingga sangat baik dalam proses pencernaan dan mencegah terjadinya peradangan selain itu menurut emili kandungan ubi jalar yang lembut sangat baik untuk mencegah terjadinya sembelit .

— Membantu Mengatasi Kanker

Buah ubi jalar memiliki 2 senyawa yang berperan penting dalam tubuh seperti betakrotein salah satu antioksidan yang baik dan vitamin C.manfaat vitamin c dalam memerangi sel kangker dan menignkatkan kekebalan tubuh sudah tidak di ragukan lagi ,beberapa kangker yang dapat di cegah seperti kangker prostat,usus bebsar,gijal,kangker payudarah dan kangker usus.

— Menjaga Keseimbangan Air

Tubuh membutuhkan 7 sampai 8 gelas air dalam sehari kekurangan air tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita ,buah dari ubi jalal telah di percaya kaya akan serat,seperti yang kita ketahui serat dapat menahan air sehingga dapat menjaga keseimbangan kadar air atau cairan pada tubuh.

— Sumber Karbohidrat Diabetes

Bagi anda yang menderita penyakit diabetes, mungkin anda bisa memanfaatkan buah dari ubi jalar yang dipercaya rendah gula dibandingkan dengan asupan nasi. Ubi jalar juga memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk dijadikan pengganti nasi, selain itu manfaat ubi jalar sangat ampuh juga dalam menetralisir kadar insulin pada penderita diabetes.

— Menambah Berat Badan

Bagi anda yang memiliki tubuh yang tidak ideal mungkin anda bisa memanfaatkan ubi jalar yang di percaya kaya akan unsur hara dan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat mengoptimalkan pertumbuhan berat badan yang lebih baik.

Baca juga:  Bahaya Kol Yang Tidak Pernah Kita Sangka

— Menghilangkan Kecanduan

Nah bagi anda yang gemar merokok, miras dan mungkin kecanduan narkoba, anda bisa memanfaatkan ubi jalar ini karena dipercaya dapat mengurangi rasa kecanduan. Selain itu kadungan dari ubi jalar dipercaya juga dapat menjaga kesehatan bagian pembuluh darah seperti arteri dan vena. Sedangkan kandungan fosfor yang terdapat pada buah ubi jalar sangat baik untuk kesehatan kardiovaskular.

— Menjaga Kesehatan Mata

Buah yang memiliki warna yang identik lebih dominan dipercaya sangat baik bagi kesehatan salah satunya bagian mata, seperti buah ubi jalar ini yang memiliki warna dominan kuning. Hal tersebut memang sangat benar bahwa ubi jalar memiliki kandungan vitamin A yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya penyakit mata seperti katarak.

— Menjaga Kesehatan Gigi Dan Gusi

Selain fosfor yang sangat bagi bagi kesehatan tulang dan gigi kadungan vitamin C pada ubi jalar di yakini dapat mencukupi asupan nutrisi dalam sehari,selain itu kandungan vitamin c pada ubi jalar bermanfaat dalam pencegah inflamasi gusi dan gigi.

— Memperkuat Tulang

Kandungan air dan mangan pada ubi jalar setara 44 persen dari RDA kita,hal tersebut sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh seperti bagian sendi dan tulang,so jika anda ingin terhidar dari penyakit persendian atau osteoporosit mungkin anda bisa mengkonsumsi ubi jalar mulai besok karena manfaatnya sudah tidak di ragukan.

— Mengatur Kadar Kolesterol

Kolestrol biasanya terjadi akibat obesitas tubuh yang berlebih dan pola hidup yang tidak sehat.buah ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang telah di percaya dalam menurunkan kadar kolestrol dalam darah sehingga dapat mencegah penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan penyempitan pembuluh darah (hipertensi).

— Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi terpenting dalam mengoptimalkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung adalah satu kewajiban kita. Kandungan B6 pada ubi jalar telah di yakini dalam memnuhi asupan kebutuhan gizi harian sehingga dapat mencegah dan menyeimbangkan homosistein dalam darah.

Baca juga:  1001 Manfaat Sayur Asem Yang Luar Biasa

— Mengatur Tekanan Darah

Buah ubi jalar memiliki kandungan kalium yang sangat baik, sehingga sangat baik dalam mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya dalam tubuh mengenai tekanan darah seperti hipertensi, penyempitan pembuluh darah, strok dan serangan jantung.

— Mengobati Stres

Bagi anda yang stres akibat kerjaan yang tak kujung selesai dan tugas-tugas yang sulit di kerjakan ,mungkin anda butuh berileksasi dengan mengkonsumsi ubi jalar dan di imbangi secangkir teh hijau ,hal tersebut sangat bermanfaat dalam mengtrol hormon pada tubuh dan mencegah terjadinya stres.

 

— Mencegah Keriput

Manfaat ubi jalar bagi kecantikan ,mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya apakah bisa ,tentu saja bisa ubi jalar memiliki kandungan vitamin E yang baik sehingga sangat berguna dalam meregenerasi sel kulit yang mati dan melindungi kulit dari sinar paparan matahari.

— Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Nah tidak usah diragukan lagi bagi anda semua untuk hidup sehat karena hanya dengan mengkonsumsi buah ubi jalar saja anda dapat mencegah terjadinya kenaikan kadar insulin pada darah. So tentu saja kita dapat terhidar dari penyakit diabetes.

— Menghasilkan Energi

Ubi jalar memiliki kandungan zat besi yang tak kalah peting dengan nasi sehingga sangat baik dalam meningkatkan tenaga yang loyo. Metabolisme yang terjadi adalah zat besi yang dapat meningkatkan asupan oksigen yang lebih optimal ke bagian tubuh.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×