Manfaat Makan Belalang Yang Menyehatkan Tubuh

Belalang merupakan hewan yang sering kali kita jumpai di berbagai tempat, beberapa diantaranya adalah sawah dan ladang. Belalang memiliki banyak jenis dan ukuran seperti belalang kadung dan belalang gepok atau belalang sawah. Biasanya jenis hewan yang satu ini adalah musuh prioritas utama para petani, sehingga menyebabkannya masuk dalam kategori gulma atau hama. Belalang biasanya sering kali merusak tumbuhan para petani seperti tanaman sawi, kangkung, bayam karena jenis tanaman tersebut memang menjadi makanan favorit belalang

Meskipun belalang sering menimbulkan banyak masalah, namun belalang juga memiliki banyak manfaat serta khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Walaupun demikian, tidak semua jenis belalang dapat bebas dikonsumsi. So dari pada kita semua penasaran apa saja manfaat dari belalang ini, mari kita simak apa saja manfaat, khasiat dan kandungan gizi yang terdapat pada daging belalang.

Kandungan Gizi Daging Belalang

  • kalsium
  • protein
  • magnesium
  • potassium
  • sodium
  • fosfor
  • zat besi
  • zinc
  • mangan
  • tembaga

Manfaat Dagin Belalang Bagi Kesehatan

⇒ Menjaga Kesehatan Tulang

Daging belalang memiliki kandungan kalsium yang sangat baik dan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang kita. Selain itu, kandungan kalsium tersebut juga dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit tulang seperti osteoporosis (pengeroposan pada tulang).

⇒ Meregenerasi Sel Otot Yang Rusak

Jika Anda sering melakukan olah raga berat seperti fitnes, maka aktivitas tersebut dapat memicu terjadinya kerusakan pada jaringan otot. Mengkonsumsi daging belalang adalah solusi herbal untuk mengatasi permasalahan tersebut.

⇒ Sistem Imun

Daging belalang memiliki kandungan zinc yang cukup besar dan bisa mencukupi kebutuhan harian tubuh kita. Zinc memiliki fungsi sebagai sistem imun atau meningkatkan kekebalan tubuh kita dari berbagai serangan bakteri dan virus. Selain itu zinc juga memiliki manfaat sebagai pencegahan penuan dini yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Baca juga:  21 Manfaat Susu Sapi Bagi Kesehatan

⇒ Meningkatkan Stamina

Belalang memang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat, salah satunya adalah dapat membantu meningkatkan stamina kita yang loyo. Bahkan belalang juga dipercaya dapat meningkatkan libido pada tubuh sehingga tubuh terhindar dari serangan penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan gagal jantung mendadak.

⇒ Mencegah Anemia

Anemia memiliki gejala berupa: kepala pusing, badan lemas, lesu, letih dan mudah capek. Dengan mengkonsumsi daging belalang, maka Anda dapat menurunkan resiko terkena anemia.

Bahaya Makan Belalang Bagi Kesehatan

Belalang juga memiliki bahaya bagi tubuh, tapi jika kita dapat memasak atau mengolahnya dengan tepat mungkin kita dapat menghidari hal tersebut. Jenis belalang tertentu terkadang memiliki cacing di dalam organ tubuh nya, jenis cacing ini sangat berbahaya karena sangat susah untuk di basmi. Bersihkan belalang pada bagian organ dalam dengan cara melepaskan bagian kepala belalang, kemudian Anda cuci menggunakan air hangat sampai Anda benar-benar yakin daging tersebut sudah bersih.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment