Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Jamur mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga Anda. Sekarang jamur memang sudah banyak sekali dijadikan konsumsi makanan setiap hari bagi masyarakat. Karena memang jamur memiliki rasa yang unik dan lezat jika dijadikan sayur buat makan. Jamur memiliki banyak sekali jenis-jenisnya, ada jamur racun dan ada jamur yang layak untuk dikonsumsi. Jamur yang layak untuk dikonsumsi antaranya jamur tiram, jamur kancing, jamur merang, jamur paying, jamur kuping, jamur enokitake, jamur maitake, jamur matsutake, jamur bulan, jamur bulat dan masih banyak yang lainnya.

Namun dari sekian jenis jamur di atas, GetaranSehat.com kali ini akan membahas tentang manfaat jamur tiram, karena memang jamur jenis ini paling banyak dibudidayakan dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jamur tiram merupakan tanaman yang menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu juga jamur tiram mengandung asam amino esensial yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan tentang manfaat dari jamur tiram.

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan

Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat

Menurut penilitian yang di lakukan di Amerika menyatakan bahwa mengonsumsi jamur tiram secara rutin setiap hari dapat menjaga dan menurunkan kadar koleterol jahat. Ini karena kandungan gizi yang ada pada jamur tiram hampir setara dengan daging, juga di dalam jamur tiram tidak ditemukan adanya kandungan kolesterol jahat. Selain itu jamur tiram dapat menyuplai gizi dalam tubuh tanpa menambah kolesterol jahat.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jamur tiram juga mengandung vitamin C yang sangat baik sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini dibenarkan dengan adanya peneltian yang sudah dilakukan oleh para ahli kesehatan. Selain vitamin C jamur tiram juga mengandung magnesium, yang apa bila kita mengonsumsinya dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari radikal bebas dan serangan penyakit lainnya.

Baca juga:  Bahaya Sayur Kol Bagi Ibu Hamil

Membunuh Virus Tumor

Pada jamur tiram mengandung zat besi yang berperan sangat penting dalam pertumbuhan limfosit. Senyawa limfosit ini yang peran aktif dalam membunuh atau menghancurkan sel-sel tumor atau virus yang dapat menyebabkan sel tumor tumbuh. Dalam sehari pria membutuhkan zat besi sekitar 8 miligram, sedangkan perempuan membutuhkan zat besi sekitar 18 miligram. Untuk segelas jamur tiram mengandung persentase 12 persen gizi. Mulai sekarang sebaiknya anda mengonsumsi jamur tiram untuk mencegah penyakit tumor.

Menjaga Jantung Dan Menurunkan Tekanan Darah

Pada jamur tiram terdapat zat ergosterol yang dapat berubah menjadi vitamin D apabila bereaksi dengan sinar matahari. Vitamin D tersebut yang dapat berperan dalam mejaga kesehatan jantung dan dapat menurunkan tekanan darah jika anda mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Terutama bagi orang sudah lanjut usia.

Mencegah Kanker Payudara

Bagi wanita yang tidak menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari dapat menyebabkan mereka rentang terserang penyakit kanker payudara. Oleh karena untuk mencegah kanker payudara di anjurkan untuk mengonsumsi senyawa asam linoleat dan zat beta glucan. Dan kedua zat tersebut dapat anda temukan pada jamur tiram. Asam linoleat berperan penting dalam menekan timbulnya efek astrogen yang dapat menyebabkan kanker payudara, sedangkan zat beta glucan dapat menghambat tumbuhnya kanker prostat pada pria.

Menurunkan Berat Badan

Jamur tiram sangat baik sekali untuk menurunkan berat badan baik untuk pria maupun wanita. Karena jamur tiram tidak mengandung kolesterol seperti penjelasan di atas tadi. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badanya sebaiknya menjadikan jamur tiram sebagai menu diet sehat anda.

Mengatasi Liver Atau Hati

Seperti anda ketahui hati memiliki peran yang sangat penting sekali dalam penawar racun yang dapat masuk dalam tubuh. Jika hati kita tidak sehat makan kita akan mudah sekali terserang penyakit dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk itu sebaiknya anda mengonsumsi jamur tiram, karena jamur tiram mengandung zat antibacterial dan antitumor yang kedua zat tersebut berfungsi sebagai penawar racun, sehingga racun yang masuk dapat di saring.

Baca juga:  12 Manfaat Buah Melon Bagi Ibu Hamil

Anti-Bakteri

Menurut penelitian menyatakan bahwa jamur tiram mengandung zat benzaldehida yang mana zat ini mampu menekan dan mengurangi tingkat bakteri yang dapat membuat stress dan dapat menyebabkan penyakit. Oleh karena itu dengan mengonsumsi jamur tiram yang mengandung anti-bakteri secara rutin dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terjaga.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment