Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan Tubuh

Jagung merupakan jenis tanaman yang mengandung sumber karbohidrat tinggi, selain gandum dan padi. Jagung sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Benua Amerika, yang kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia seperti Eropa, Afrika dan Asia. Bagi penduduk Amerika Selatan jagung dijadikan makanan pokok, bahkan di Afrika dan ada juga daerah di Indonesia yang menjadikan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari.

Jagung merupakan jenis tanaman yang hanya hidup dalam waktu semusim saja, biasanya sekitar 3 bulan sampai 4 bulan. Pada saat sekarang ini jagung merupakan komponen penting pakan ternak, selain itu jagung berguna sebagai sumber minyak pangan dan sebagai bahan dasar yang menghasilkan tepung maizena.

Banyak varian makanan yang dihasilkan dari bahan dasar jagung dan biasanya jagung dijadikan campuran untuk masakan sup, direbus, dibakar, dan yang paling terkenal adalah cemilan yang disajikan di bioskop yaitu popcorn. Dan ternyata jagung memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan selain memiliki rasa yang enak. Apa saja manfaat yang terdapat pada jagung berikut ini penjelasannya.

Manfaat Jagung Rebus Untuk Kesehatan Tubuh

Dapat Mencegah Wasir

Jagung mengandung serat yang cukup tinggi sekitar 18% serat dari setiap 100 gram jagung. Jumlah ini jika anda mengonsumsinya setiap hari mampu membantu melancarkan proses pencernaan dan mampu mengurangi masalah pencernaan seperti wasir dan sembelit.

Sebagai Sumber Kalori

Jagung bisa dijadikan makan pokok pengganti beras, karena jagung mengandung sumber kalori yang sangat tinggi sekitar 342 kalori dari setiap 100 gram jagung. Hal ini membuat jagung sangat cocok bagi anda yang ingin menambah berat badan dengan cepat, karena itulah mulai sekarang jangan meremehkan tanaman yang satu ini.

Baca juga:  Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Sebagai Sumber Vitamin

Vitamin yang ada dalam jagung sangat banyak seperti vitamin B, terutama thiamin dan niasin. Thiamin dapat berguna untuk menjaga kesehatan saraf, sedangkan niasin berguna untuk menyuplai kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, untuk mencegah penyakit seperti diare, dermatitis dan dermensia. Selain itu jagung kaya akan vitamin asam folat, asam pantotenat, protein, lemak, dan karbohidrat. Asam folat sangat berguna untuk ibu hamil untuk mencegah bayi lahir cacat.

Kaya Akan Mineral

Jagung ternyata juga kaya akan mineral, seperti magnesium, fosfor, zat besi, mangan dan tembaga. Yang paling peting adalah jagung mengandung selenium yang tidak bisa ditemukan di makanan manapun. Magnesium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan jantung dan memperkuat tulang, sedangkan fosfor berguna untuk mengatur pertumbuhan dan mengoptimalkan kinerja ginjal.

Antioksidan

Pada jagung mengandung sumber yang kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Selain itu memasak jagung manis dapat meningkatkan antioksidan didalamnya. Sebagai mana yang anda ketahui antioksidan sangat bermanfaat sekali untuk mengurangi penyebab kanker karena kemampuan mereka yang menginduksi apoptosis pada sel kanker.

Menjaga Kesehatan Jagung

Selain dapat dikonsumsi dengan cara dimakan, tahukah anda jagung ternyata dapat menghasilkan minyak, dan minyak jagung sudah terbukti memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol. Sehingga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular. Minyak jagung juga dapat menjaga kesehatan jantung kita.

Mencegah Anemia

Vitamin B12 dan asam folat pada jagung sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Jagung juga mengandung zat besi yang cukup tinggi yang mampu membantu memproduksi sel darah merah, karena itulah kekurang zat besi pada tubuh juga dapat menyebabkan anemia.

Baca juga:  Inilah Khasiat Dan Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

Sumber Vitamin A

Biji jagung pada dasarnya memiliki warna kuning yang kaya akan sumber beta karoten. Beta karoten berfungsi untuk membentuk vitamin A didalam tubuh yang berguna untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, seperti yang dapat anda temukan pada manfaattomat. Tetapi vitamin A akan bermanfaat sekali jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, jika anda mengonsumsinya berlebihan maka akan dapat menimbulkan dampak buruk. Manfaat vitamin A juga bagus untuk kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengontrol Diabetes Dan Hipertensi

Mengkonsumsi sayur-sayuran memang sangat baik sekali untuk mengontrol diabetes, seperti halnya jagung. Mengonsumsi biji jagung secara rutin dapat menurukan kadar gula. Terlebih menurut penelitian yang dilakukan biji jagung mengandung zat insulin yang efektif terhadap hipertensi. Fitokimia pada jagung dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh yang dapat membuat seseorang tetap mempertahankan pola hidup sehat.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×