Manfaat Daun Seri Dan Buah Seri

Buah seri atau yang bisa kita kenal dengan buah kersen adalah buah yang sangat banyak tumbuh di daerah Asia. Buah yang hampir mirip buah ceri ini tentunya memiliki rasa yang nikmat, selain itu kenikmatan buah seri ini juga di percaya baik untuk kesehtan kita, terutama daun nya. Masyarakat di Pulau Jawa banyak memanfaatkan daun seri sebagai olahan obat-obatan herbal untuk menurunkan kadar gula darah atau yang biasa kita sebut juga dengan diabetes.

Daun tanaman kersen atau seri ini juga dapat diolah menjadi teh yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Cara pembuatannya tidak sulit, cukup dengan mengeringkan daun kersen lalu seduh dengan air panas. Air panas yang tadinya bening akan berubah seperti air teh pada umumnya. Jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu, kemudian silahkan anda minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Manfaat Daun Seri Atau Kersen

⇒ Sebagai Obat Untuk Mengatasi Diabetes

Tidak hanya buah kersen saja yang dipercaya sebagai obat mengatasi diabetes, Tetapi daun kersen juga bisa dijadikan obat mengatasi diabetas ini. Sejak zaman dahulu, daun kersen atau daun seri dikenal sebagai ramuan alami yang dimanfaatkan untuk mengatasi gula darah yang tinggi. Karena kandungan saponin dan flavonoidnya yang cukup tinggi, daun kersen dapat menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula.

⇒ Mencegah Perkembangan Tumor

Daun kersen atau daun seri ini dikenal sebagai daun yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu manfaat dari daun kersen merupakan untuk mencegah pertumbuhan tumor. Daun kersen ini mempunyai kandungan flavonoid, tannin dan saponin. Selain itu, air rebusan daun kersen juga bisa menjadi antiseptik yang sangat baik, dan akan mencegah peradangan serta inflamasi.

Baca juga:  Manfaat Daging Jangkrik Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

⇒ Sebagai Pengontrol Fungsi Otot Jantung

Manfaat yang lain dari daun seri merupakan bisa menjaga fungsi otot jantung. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian bahwasannya daun kersen bisa bekerja sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

⇒ Anti Hipertensi

Daun kersen juga bisa digunakan sebagai obat anti hipertensi. Caranya dengan membuat minuman dari serbuk daun kersen dan diminum 2x sehari pada saat pagi dan menjelang sebulum tidur pada saat malem hari.

⇒ Anti Inflamasi

Diatas sudah disebutkan bahwa daun kersen juga bisa menurunkan gejala radang dan juga inflamasi bagi anda yang memiliki penyakit ini tidak adasalanya anda menerapkan teknik pembuatan teh daun seri seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

⇒ Sebagai Antiseptik

Daun kersen karena kandungan flavonoid, tannin, dan juga saponin ini bisa menjadi antiseptik yang membunuh mikroba dan berbagai bakteri daun kesren juga selain dapat membunuh mikroba yang terdapat pada tubuh kita juga dapat membasi terjadinya refolusi bakteri penyebab diare.

⇒ Mengatasi Kolesterol Yang Tinggi

Manfaat dari daun kersen yang lainnya merupakan sebagai obat yang bisa mengatasi kolesterol yang tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun kersen dan diminum 3x setiap hari.

Manfaat Buah Seri

  • Mengobati asam urat
  • Menyembuhkan diabetes
  • Meredakan gejala flu
  • Mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare
  • Sebagai antibakteri atau antiseptic
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Mengatasi infeksi
  • Anti-tumor
  • Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit
  • Meredakan sakit kepala
  • Pembunuh mikroba
  • Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar
  • Mencegah dan menyembuhkan batuk
  • Mengatasi radang
Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment