Manfaat Dan Khasiat Minyak Ikan Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Ikan merupakan salah satu jenis sepesis yang hidup di dalam air. Ikan sendiri memiliki berbagai jenis dari segi fisik maupun dari segi DNA yang terbilang sangat berbeda satu sama lainnya. Ikan kemudian terbagi lagi atas 3 golongan seperti ikan yang hidup di air asin, ikan yang hidup di air tawar seperti sungai atau danau dan ikan yang hidup pada air payau. Ikan yang hidup di air payau dan sungai mungkin sudah tidak asing lagi, seperti yang sering kita konsumsi salah satunya ikan gabus dan ikan lele. Sedangkan ikan laut yang sering kita konsumsi adalah ikan sarden, tuna, salmon dan ikan tongkol.

Taukah Anda bahwa dari beberapa jenis ikan yang telah saya sebutkan di atas memiliki berbagai manfaat serta khasiat bagi tubuh dan kesehatan? Dari segi nilai kandungan gizi, ikan adalah sumber omega 3 terbaik yang pernah ada maka dari itu pada kesempatan kali ini hanya akan membahas apa sahaja manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh kita. Sebelum membahas lebih lanjut alangkah baiknya kita mengetahui jenis ikan apa saja yang memiliki sumber omega 3 terbaik. Beberapa diantaranya adalah minyak ikan tuna sirip kuning, herring, makarel, sarden, salmon dan ikan todak.

Kandungan Yang Terdapat Pada Minyak Ikan

  • Docosahexaenoic (DHA)
  • Asam Eicosapentaenoic (EPA)
  • Asam Alfa-Linolenat
  • Asam Gamma-Linolenat

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan

⇒ Kesehatan Jantung

Taukah Anda bahwa minyak ikan memiliki banyak manfaat. Manfaat minyak ikan yang pertama adalah minyak ikan berkhasiat dapat mencegah terjadinya pengumpulan trigliserida yang berlebih pada tubuh manusia. Trigliserida dapat menimbulkan berbagai efek buruk, salah satunya stroke dan serangan jantung  atau gagal jantung mendadak. Selain itu kandungan omega 3 juga telah terbukti dapat menurunkan kadar LDL dan dapat juga meningkatkan HDL. LDL merupakan lemak jahat yang dapat menimbulkan penyempitan pembuluh darah, sedangkan HDL adalah lemak baik yang dapat melancarkan peredaran darah dan juga fungsi otak.

Baca juga:  Manfaat Serta Khasiat Daging Puyuh Yang Luar Biasa

⇒ Berat Badan

Selain kandungan protein yang baik dalam meningkatkan fungsi berat badan, ternyata kandungan dari lemak omega 3 pada ikan sering kali juga digunakan dalam mengontrol berat badan yang berlebih.

⇒ Peningkatan Imunitas

Menurut penelitian yang pernah di lakukan di Taiwan pada Rumah Sakit Umum Veteran Taichung, dimana para ahli disana telah melakukan uji coba pada tikus dan kelinci bahwasanya binatang yang telah di berikan minyak ikan ke dalam genetiknya akan menjadi tidak mudah terindikasi suatu virus dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. Hal tersebut diyakini juga dikarenakan minyak ikan mampu mengontrol jumlah dan aktivitas sitokin dan eicosanoid dalam tubuh manusia. Selain itu minyak ikan juga terbukti dalam mengobati penyakit lupus atau autoimun, yaitu penyakit yang diakibatkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh dan dapat menyerang jaringan-jaringan penting saraf.

⇒ Sifat Anti Inflamasi

Bagi Anda yang menderita penyakit peradangan, minyak ikan merupakan salah satu obat alami yang mungkin dapat menjadi solusi pengobatan medis Anda. Konsumsilah kapsul minyak ikan yang dapat dengan mudah Anda temukan di toko-toko obat terdekat atau super market yang memiliki kualitas yang baik. Selain itu minyak ikan juga sangat baik bagi program diet.

⇒ Radang Sendi

Selain manfaat dari daun sirsak yang dipercaya ampuh dalam mengobati radang persendian, ternyata khasiat dan manfaat dari minyak ikan tak kalah peting juga. Mengkonsumsi suplemen minyak ikan dalam jumlah tertentu dapat mengurangi terjadinya enzim yang dapat merusak tulang rawan. Menurut penelitian juga yang di lakukan oleh Royal Adelaide Hospital, penggunaan minyak ikan memperlihatkan dampak positif pada pengobatan penyakit Arthritis.

⇒ Gangguan Mata

Kandungan omega 3 pada minyak ikan dapat juga meminimalisir atau mencegah terjadinya penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak. Selain itu kandungan minyak ikan juga dapat menjaga agar mata tetap sehat dari serangan bakteri dan virus. Manfaat serta khasiat lainya yang baik buat mata adalah manfaat dari buah wortel.

Baca juga:  Ini Dia Daftar Makanan Yang Baik Untuk Tulang

⇒ Penyakit Alzheimer

Menurut penelitian yang di lakukan di Louisiana State University, kandungan lemak sangat baik dalam mengobati penyakit Alzheimer. Maka dari itu minyak ikan adalah sumber lemak esensial termasuk EPA dan DHA yang sangat berguna dalam pengobatan penyakit Alzheimer.

⇒ Perawatan Kulit

Bagi Anda yang memiliki masalah pada kulit seperti jerawat, kulit merah, gatal, eksim, psoriasis dan ruam mungkin Anda bisa menggunakan produk alami ini. Memanfaatkan minyak dari ikan selain dapat membuat kulit lebih lembab di percaya juga dapat membuat kulit lebih cepat dalam melakukan regenerasi. Selain itu kandungan EPA pada minyak ikan di percaya juga dalam membatasi agen pro inflamasi dalam memproduksi asam arakidonat.

⇒ Kanker

Salah satu khasiat minyak ikan adalah dapat menurunkan berat badan yang berlebih pada penderita kanker pankreas dan dapat membantu hiperlipidemia .

⇒ Diabetes

Bagi Anda yang menderita penyakit diabetes tipe II, Anda harus mewaspadai beberapa gejal penyakit kardiovaskuler seperti jantung koroner, stroke dan aterosklerosis. Minyak ikan bermanfaat dalam menurunkan kadar trigliserida yang sangat baik bagi penderita dibetes.

⇒ Kehamilan

Kandungan DHA pada minyak ikan dipercaya dalam meningkatkan perkembangan fungsi otak dan mata pada bayi, selain itu kandungan minyak ikan juga telah terbuti dalam mencegah kelahiran prematur.

Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan Yang Berkualitas

1. Transparansi Dan Kejujuran Label

Sebelum Anda membeli minyak ikan lihatlah label kandungan gizi yang tertera di produk, apakah jenis minyak ikan ini benar-benar asli atau tidak biasanya mereka yang menjual asli akan mencantumkan label gizi yang spesifik atau jelas. Seperti kadar EPA dan DHA setidaknya 1 gr atau bahkan bisa mencapai 70% dan rasio EPA DHA sebanyak 1,4.

Baca juga:  Inilah Efek Samping Mengkonsumsi Durian Yang Mematikan

2. Proses Manufaktur Dan Lokasi

Carilah produk yang diberikan label farmasi, memiliki beberapa fasilitas penting seperti GMP dan usahakan mencari kata distilasi molekuler. Manfaat hal ini adalah sebagai penunjang keorisinilan suatu produk karena produk yang dikeluarkan oleh GMP tidak sembarangan dan selalu dilandasi dengan proses uji yang sangat ketat serta akurat.

3. Sumber Ikan

Anda juga harus mewasapadai label sumber ikan. Dari ikan apakah minyak ikan Anda ini di produksi agar Anda tidak keliru dalam memilih minyak ikan yang benar-benar berkualitas. Minyak ikan yang diproduksi dari  ikan laut Arctic memang dipercaya memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi dan rendah racun atau low toxic.

4. Standar Internasional

Standar Internasional merupakan salah satu bagian yang tak kalah penting dalam suatu kemasan produk unggulan. Biasanya yang memiliki kulitas yang sangat baik adalah (EPS) dan (IFOS) yang berbasis pada standar Eropa.

5. Penghargaan

Ini mungkin yang jarang kita temui bahwa perusahaan minyak ikan sudah sangat menyebar luas tanpa kita ketahui mana yang lebih baik dan efektif. Maka oleh karena itu Anda bisa membandingakan antara produk yang satu dengan yang lainnya. Biasanya perusahan yang memproduksi minyak ikan terbaik tentu sudah sering mendapatkan penghargaan.

6. Efektivitas Harga

Bagi Anda yang sering di iming-imingi dengan produk minyak ikan yang memiliki harga murah, jangan sampai Anda terlena dan tergoda. Pertanyakan terlebih dahulu apakah benar produk tersebut sudah memiliki standar SNI. Tidak masalah keluar uang berlebih untuk produk yang memang sudah teruji keamanan maupun keampuhannya. Sehat itukan memang mahal.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment