Manfaat Daging Kelelawar Bagi Kesehatan

Kelelawar, kalong atau kalilawa mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan hewan ini yang sering kita temui di sekitar rumah kita pada malam hari. Kelelawar memiliki tubuh yang kekar menjadikan dagingnya memiliki tekstur yang kenyal. Apakah Anda pernah mengkonsumsi daging atau mungkin darah kelelawar? Mendengarnya saja mungkin sebagian orang sudah merasa jijik, apalagi jikalau mereka harus mengkonsumsinya. Walaupun demikian adanya, kelelawar adalah sejenis hewan malam yang memiliki segudang manfaat dan khasiat, terutama dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Kelelawar sangat suka hidup bergerombol, maka tak heran jika Anda sering menemukan kelelawar keluar secara berjamaah. Kelewar hidup di habitat yang gelap dan lembab, seperti di dalam goa.

Kelelawar adalah hewan mamalia yang berasal dari ordo Chiroptera, yang dapat berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya. Hewan ini mempunyai kaki depan yang bisa dimanfaatkan menjadi sayap agar bisa terbang. Hewan ini merupakan jenis hewan nocturnal, yang tentunya beraktivitas mencari sumber makan dan bersosialisasi pada saat malam hari. Ketika siang datang mereka akan tidur.

Berikut Manfaat Kelelawar Bagi Kesehatan

Kelelawar dikenal banyak orang dengan kemampuan pendengarannya yang sangat luar biasa, jauh lebih tajam dari pada jenis hewan lain. Kelelawar dapat mendengar sangat baik karena memanfaatkan gelombang ultrasonic untuk melihat dan bernavigasi. Kelelawar merupakan jenis hewan omnivore, yaitu hewan pemakan segala. Kelelawar dapat memakan serangga-serangga kecil ataupun buah-buahan untuk dapat bertahan hidup di alam bebas.

1. Daging Kelelawar Dapat Menyembuhkan Asma

Daging kelelawar telah diteliti secara lebih mendalam sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit asma. Para peneliti mengungkapkan bahwa daging kelelawar memiliki kandungan senyawa kitotefin. Senyawa kitotefin ini secara ilmiah memang bisa dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan pada penderita penyakit asma ringan. Senyawa kitotefin ini juga bisa ditemukan pada daging kelinci.

Baca juga:  Manfaat Buah Kemang Untuk Kesehatan

2. Daging Kelelawar Bisa Menyembuhkan Gatal-Gatal

Salah satu khasiat daging kelelawar adalah untuk mengobati penyakit gatal-gatal. Banyak orang yang mengaku bahwa setelah mengkonsumsi daging kelelawar, penyakit kulit yang mereka alami sembuh begitu saja tanpa bekas sedikitpun.

3. Daging Kelelawar Untuk Menambah Stamina

Sama seperti jenis makanan-makanan ekstrim lainnya, seperti daging ular, daging biawak dan lainnya, daging kelelawar juga dipercaya bisa menambah dan meningkatkan stamina bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Hal tersebut juga masih merupakan mitos, dan belum pernah dilakukan penelitian secara ilmiah. Tetapi sampai saat ini, masyarakat yang memakan daging kelelawar tetap percaya bahwa daging kelelawar bisa menambah dan meningkatkan stamina mereka.

4. Daging Kelelawar Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Manfaat lain dari daging kelelawar adalah membantu penyembuhan pada pasien yang sedang mengalami sakit tenggorokan. Beberapa komunitas masyarakat percaya bahwa dengan memakan daging kelelawar bisa membantu Anda mengobati sakit tenggorokan.

5. Daging Kelelawar Sebagai Alternatif Makanan Sehat

Mungkin selama ini Anda lebih sering memakan daging-daging umum, seperti daging sapi ataupun daging burung dan ayam. Hal ini mungkin sudah biasa. Bagi Anda yang ingin mencoba hal yang ekstrim atau mungkin merasa sudah bosan dengan jenis daging yang itu-itu saja, maka daging kelelawar dapat menjadi alternatif konsumsi daging Anda.

Anda bisa merasakan sensasi memakan daging yang berbeda dari biasanya. Walaupun konon mempunyai tekstur yang hampir mirip dengan bentuk daging ayam, tetapi daging kelelawar mempunyai rasa yang jauh berbeda. Silahkan dicoba kalau memang Anda tertarik.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×