Manfaat Buah Sawo Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Buah sawo adalah sejenis buah-buahan yang sering kita jumpai di sekitar rumah kita, terutama kita yang tinggal di daerah pedesaan. Buah sawo memiliki ciri pohon yang rimbun dan buah yang berwana coklat. Buah sawo dipercaya dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Manfaat buah sawo yang tak kalah penting adalah sebagai obat herbal, baik untuk ibu hamil, sebagai tambahan menu diet harian dan juga baik untuk kulit. Pada artikel kali ini kami akan mengulas lebih mendalam apa sahaja khasiat buah sawo dan kandungan gizi yang terdapat pada buah sawo.

Kandungan Gizi Buah Sawo

  • Energi
  • Lemak 1,1 g
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Fosfor
  • Zat Besi

Jenis-Jenis Buah Sawo

  • Sawo manila, rasanya manis dan bentuk yang sedikit lonjong.
  • Sawo duren (sawo unyil), bentuknya bulat dan memiliki kulit yang halus.
  • Sawo mentega, warna hijau dan memiliki bentuk bulat sedikit lonjong.

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

1. Obat Diare

Terkadang teknik ini sering di lakukan pada saat kita didesa karena orang desa percaya bahwa sawo pentil(metah)dapat mengobati ganguan penyakit diare. Caranya adalah anda cukup mengambil sawo yang masi mentah ,cuci hingga bersih. Parut sawo tersebut dan saring sarinya ,anda juga bisa menambahkan air hangat secukupnya atau campuran madu.Adapun manfaat sagu dan gula merah yang dapat mengobati penyakit diare.

2. Pembentukan Sel Darah Merah

Buah sawo memiliki kandungan asam volat seperti yang di ketahui bahwa asam folat sangat baik bagi tubuh kita untuk membantu pembetukan sel darah merah.

3. Mengatasi Radang Mulut

Penyakit radang mulut biasanya di sebabkan oleh beberapa fator salah satunya kurang menjaga kebersihan hal tersebutlah yang dapat memicu kandungan liur yang terdapat pada rongga mulut tidak terjaga kesehatanya dan dapat terkontaminasi bakteri dan menyebabkan radang pada mulut atau sariwan ,gunakan daun sawo secukupnya rebus hingga 10 menit lalau rebusan tersebut anda gunakan untuk berkumur.

Baca juga:  7 Manfaat Buah Jeruk Yang Dahsyat Bagi Kesehatan

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah sawo memiliki kandungan fosfor dan kalsium seperti yang di ketahui bahwa kalsium dan fosfor sangat baik untuk proses pertumbuhan tulang dan menjaga tulang agar terthindar dari prngroposan tulang atau yang biasa di sebut sebagai osteoporosit.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang sdah saya jelasakan di atas pada nilai gizi bahwa buah sawo memiliki kandungan vitamin A seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A sangat baik untuk mata kita dan dapat melindungi mata kita dari terjangkitnya penyakit katarak.

6. Pertumbuhan Otot

Buah sawo memiliki kandungan protein ,Protein adalah senyawa yang sangat di butuhkan tubuh untuk menunjang masa otot.Jika anda seorang olahragawan mengkonsumsi protein sangat baik karena dapat membuat otot anda selalu sehat dan dapat meregenerasi otot anda yang rusak setelah latihan vitnes.

7. Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Tenyata buah sawo tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dalam tubuh saja,Buah sawo sangat baik juga bagi kulit kita karena buah sawo memiliki kandungan vitamin E .Seperti yang di ketahui bahwa vitamin E sangat baik bagi kulit kita dari paparan sinar matahari .Vitamin E juga sangat baik untuk meregenerasi kulit matai pada tubuh kita dan membuat kulit tampak putih dan lembab.

8. Mencegah Kanker Usus

Seperti yang kita ketahui bahwa jenis buah memiliki rata-rata serat yang sangat tinggi ,Serat tentu saja sangat baik bagi tubuh kita terutama untuk pencernaan ,Sering mengkonsumsi serat sangat baik bagi tubuh juga karena dapat mencegah terjadinya kanker usus.

9. Pencegahan Infeksi

Buah sawo memiliki kandungan vitamin A dan C seperti yang di ketahui vitamin A sangat baik untuk menjaga selaput lendir pada tubuh dan vitamin C sangat baik sebagi penangkal radikal bebas.Kedua kandungan tersebut sangat membantu dalam pencegahan infeksi atau terjadinya pembentukan sel kanker.

Baca juga:  Efek Samping Buah Lemon Untuk Kesehatan

10. Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

Buah sawo memiliki kandungan vitamin B,C dan serat .Vitamin c sediri bagi ibu hamil sangat bermanfaat sebagai anti bodi agar janin dan seorang ibu tidak gampang terjangkit penyakit seperti bakteri dan virus,Sedangkan serat sangat baik juga bagi ibu hamil untuk melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.Sedangkan vitamin B sangat baik juga ,Karena biasanya ibu hamil akan sering mengalami mual-mual.

Buah sawo yang memiliki vitamin B tentu saja dapat mengurangi terjadinya mual dan muntah.Bagi ibu hamil di sarankan secukupnya saja dalam mengkonsumsi buah sawo karena hal yang berlebih tentu saja bukan membuat asupan gizi tercukup dan sehat justru hal yang berlebih dapat membahayakan.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×