Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan, Kecantikan Dan Ibu Hamil

Buah mangga adalah salah satu dari sekian banyak buah yang tumbuh di Indonesia dan mempunyai sejuta manfaat serta khasiat bagi tubuh kita. Di Indonesia buah mangga sering dijadikan sebagai olahan minuman yang menyegarkan, salah satunya adalah jus mangga. Kandungan nutrisi yang ada pada buah mangga telah terbukti dapat membawa dampak positif bagi tubuh kita. Namun sebelum kita melangkan lebih jauh mengenai manfaat dan kandungan dari buah ini, alangkah baiknya kita mengetahui asal usul dari buah mangga.

Buah mangga atau dalam bahasa latinnya bernama Mangifera Indica berasal dari perbatasan India dengan Burma dan kini telah Menyebar ke Asia Tenggara bahkan Dunia. Buah Mangga atau dalam sebutan lainnya buah pelem mempunyai ciri buah yang manis dan harum, sedang pohonnya termasuk tumbuhan tingkat tinggi dengan struktur batang tergolong dalam kelompok arboreus.

Buah mangga kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, kandungan-kandungan inilah yang menjadikan buah mangga mempunyai sejuta manfaat. Berdasarkan data valid hasil penelitian, setiap satu butir buah mangga dengan berat 100 gr mempunyai kandungan sebagai berikut:

  • Karbohidrat 17,00 g,
  • Gula 14,8 g,
  • Diet serat 1,8 g,
  • Lemak 0,27 g,
  • Protein 0,52 g,
  • Vitamin A equiv. 37 mg (4%),
  • Beta-karoten 445 mg (4%),
  • Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%),
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%),
  • Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%),
  • Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%),
  • Vitamin B6 0,134 mg (10%),
  • Folat (Vit. B9) 14 mg (4%),
  • Vitamin C 27,8mg (46%),
  • Kalsium 10 mg (1%),
  • Besi 0,13 mg (1%),
  • Magnesium 8 mg (2%),
  • Fosfor 12 mg (2%),
  • Kalium 157 mg (3%),
  • Seng 0,04 mg (0%).
Baca juga:  Cara Mengetahui Jenis Kutil Dan Cara Alami Membasminya

Dari data kandungan nutrisi diatas, wajar saja jika buah mangga mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Buah mangga dikenal Mampu meningkatkan kesehatan mata dan membantu dalam penyembuhan luka. Tak hanya itu buah ini juga digadang-gadang dapat menjadi alternatif pilihan bagi program diet serta untuk kecantikan.

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

⇒ Mengurangi Diabetes

Buah mangga mempunyai indeks glikemik rendah (41-55) sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah yang agak banyak, tidak akan meningkatkan kadar gula. Tidak hanya buah, tetapi daun mangga sehat juga. Untuk orang yang menderita diabetes, hanya dengan merebus 5-8 daun mangga rendam seharisemalam dan minum rebusan airnya setelah disaring di pagi hari. Ramuan ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin.

⇒ Pencegahan Degenerasi Makula

Zat antioksidan zeaxanthin ditemukan di dalam mangga yang menyaring sinar cahaya biru, yang diperkirakan dapat memainkan peran protektif dalam kesehatan mata dan mungkin menangkal kerusakan dari degenerasi makula. Asupan buah-buahan yang tinggi (4 porsi atau lebih dalam sehari), dapat terbukti menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

⇒ Mencegah Penyakit Jantung

Serat, kalium dan vitamin merupakan kandungan di dalam mangga yang keseluruhannya akan membantu menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium merupakan perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

⇒ Pencegahan Kanker

Penelitian telah menyatakan senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

⇒ Menyehatkan Tulang

Tidak hanya kalsium pada manfaat susu saja yang mempengaruhi kesehatan tulang, tetapi asupan vitamin K yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan resiko terjadinya patah tulang. mengKonsumsi asupan yang tepat dari manfaat buah-buahan dan sayuran, sangat baik untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang optimal termasuk buah mangga ini.

Baca juga:  Manfaat Daging Laron Untuk Kesehatan

⇒ Membantu Pencernaan

Mango mempunyai enzim yang membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita makan. Kemudian kandungan serat pada mangga membantu dalam pencernaan secara alami, yang memudahkan pembuangan sisa pencernaan.

⇒ Zat Besi Tinggi Untuk Wanita

Mangga kaya akan zat besi, sehingga bisa menjadi solusi alami bagi orang yang menderita anemia. Selain itu, mangga juga baik untuk wanita menopause atau sedang hamil, sebab mangga akan meningkatkan kadar zat besi mereka dan kalsium pada waktu yang sama.

Khasiat Buah Mangga Muda Untuk Ibu Hamil

⇒ Kaya Vitamin C

Buah mentah yang mengandung banyak vitamin C bantu penuhi kebutuhan kalsium tubuh sehingga membuat tulang kuat. Nutrisi pPenting tersebut juga membantu tubuh melawan peradangan. Dan membuat pembuluh darah jadi kuat sehingga lebih elastis. Vitamin C bermanfaat dalam penciptaan sel-sel darah yang baru, bantu menyerap zat besi, serta mencegah pendarahan.

⇒ Baik Untuk Ibu Hamil Yang Sering Mual

Ini alasan kenapa wanita hamil suka mengidam mangga muda. Karena mangga muda bisa membantu menurunkan intensitas dan meminimalkan frekuensi rasa mual. Jika teratur mengonsumsi mangga mentah, rasa mual akan bisa hilang total.

Tips Kecantikan Dengan Manfaat Mangga

Kulit cantik merupakan idaman setiap wanita. Dengan menggunkan mangga ini, kita bisa merawat kecantikan kulit tanpa harus repot ke salon atau pun dokter. Berikut beberapa tipsnya:

  • Mengatasi bintik hitam pada wajah – Bagian Kulit mangga bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Keringkan kulit mangga kemudian dibuat bentuk bubuk. Campur bubuk daun mangga dengan yoghurt, setelah itu aplikasikan pada wajah yang terdapat noda hitam tersebut.
  • Menyembuhkan Jerawat – Mangga yang masih mentah, potong dan rebus. Air sisa rebusan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membasuh wajah.
  • Mengatasi kulit terbakar sinar matahari – Ambil buah mangga, kemudian dipotong-potong kecil-kecil. lalu Oleskan potongan mangga pada kulit yang terbakar. Oleskan lagi krim susu diatasnya. Didiamkan sebentar, sekitar 10-15 menit dan cuci bersih dengan air dingin.
  • Melembabkan Rambut – Mangga juga bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, yaitu nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum alami untuk melembabkan rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Leave a Comment