Kupas Tuntas Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan Dan Ibu Hamil

Tomat atau dalam bahasa latinnya Lycopersicum Esculentum adalah tumbuhan yang berasal dari Benua Amerika dan masih satu kerabat dengan kentang. Tomat adalah buah yang cukup familiar, bayangkan saja disetiap dapur masak diseluruh dunia pasti selalu tersedia buah tomat sebagai pelengkap masakan atau bahkan sebagai bahan masakan utama mengingat buah tomat adalah buah yang masuk dalam klasifikasi sayuran. Dalam perkembangannya buah ini tak hanya menjadi bumbu pelengkap namun telah disulap menjadi berbagai olahan seperti saus, sambal, sup, dan jus.

Meskipun telah cukup banyak dikenal oleh masyarakat, banyak sekali orang-orang yang belum mengenal secara pasti manfaat buah tomat ini pada segi kesehatan. Namun bagi sebagian besar masyarakat Perancis percaya jika buah tomat ini dapat menyembuhkan penyakit lemah syahwat dan menambah stamina. Lantas apakah hal ini benar? Untuk menjawabnya mari kita lihat kandungan nutrisi yang ada di buah tomat sehingga nantinya bisa kita tarik kesimpulan mengenainya.

Kandungan Nutrisi Buah Tomat

Buah tomat memang mempunyai berbagai macam varietas, tetapi apapun jenisnya semua buah tomat kaya akan kandungan vitamin A, C, mineral dan zat fitonutrien. Perbedaannya hanya terletak pada persentasenya saja. Secara umum kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah tomat antara lain:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Kalium
  • Likopen
  • Bioflavonoid

Berdasarkan dari data kandungan nutrisi diatas, serta beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, ada banyak sekali manfaat dan kegunaan yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi buah tomat secara rutin.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

⇒ Mengurangi Kadar Lemak Penyebab Kegemukan

Lemak adalah pemicu darah tinggi serta memiliki peranan besar dalam menaikkan timbangan berat badan seseorang. Untuk mengurangi jumlah lemak yang menimbun pada tubuh dibutuhkan kerja keras dan berbagai upaya seperti olahraga dan pengaturan pola makan.

Baca juga:  Manfaat Buah Dan Daun Salam Untuk Kesehatan

Apabila Anda sudah banyak berolahraga tapi berat tak kunjung menurun, coba bantu dengan memakan tomat secara rutin sebelum latihan. Tomat tidak mengandung lemak, justru tinggi protein, karbohidrat dan kalori. Ketiga nutrisi tersebut memiliki peranan penting dalam masalah berat badan.

⇒ Membentuk Otot Anda

Mitosnya, pria bertubuh kurus akan sulit mendapatkan perhatian kaum wanita. Itulah mengapa banyak pria rela menghabiskan banyak biaya demi untuk membentuk tubuh yang ideal. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka? Jika iya, maka Anda wajib tahu bahwa selain melatih tubuh dengan mengangkat beban, ada hal lain yang perlu anda ketahui, yaitu istirahat. Disaat tidur, otot yang sudah dirusak akan disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna. Anda harus tahu juga bahwa kesempurnaan hasil bentuk dari otot ini juga dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan.

Ada makanan yang berperan sebagai penunjang pembentukan otot dan salah satunya merupakan buah tomat. Ini karena tomat sebagai sumber alami yang banyak mengandung protein, mudah didapat dan mudah juga diolah. Jadi, sebelum dan sesudah latihan, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi sepotong buah tomat guna memperbesar peluang sukses pembentukan postur tubuh yang atletis.

⇒ Mencegah Kanker

Berkat antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat, penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru bisa ditangani secara efektif hanya dengan mengkonsumsi buah ini. Pernyataan tersebut adalah kesimpulan dari hasil studi yang dimuat pada sebuah jurnal yang diterbitkan oleh National Cancer Institute yang menyatakan bahwasanya terdapat hubungan antara konsumsi tomat dengan penurunan resiko kanker. Dimana dari 74 penelitian, terdapat 50 penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi tomat dengan jumlah yang tepat dan cukup bisa menurunkan resiko terkena kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan) dan juga kanker leher rahim.

Baca juga:  Kehamilan Palsu: Ketahui Tanda-tandanya

⇒ Penangkal Radikal Bebas

Para ahli medis atau spesialis kesehatan memberikan tingkat kepercayaan tinggi pada flavonoid dan zea-xanthin dalam menangkal radikal bebas. Kedua senyawa ini adalah antioksidan yang paling banyak terdapat pada buah tomat.

⇒ Menjaga Gigi Dan Tulang Tetap Kuat Dan Sehat

Tomat menjadi pensuplai kalsium yang bermanfaat untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

⇒ Mengontrol Kolesterol Penyebab Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Tubuh menyimpan dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Jumlah kolesterol baik atau HDL harus lebih banyak dari jumlah kolesterol jahat, jika tidak maka terjadilah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Makan buah tomat secara rutin dapat membantu serangan darah tinggi. Alasan memilih tomat sebagai makanan yang harus dikonsumsi penderita hipertensi adalah kerena tomat kaya akan mineral yang dapat membantu mengatur jumlah kolesterol yang beredar dalam darah.

⇒ Menyehatkan Mata

Penderita mata minus sering disarankan untuk konsumsi buah tomat. Alasannya karena tomat mengandung vitamin A yang banyak, ditambah dengan sejumlah nutrisi lain seperti niacin, thiamine dan asam folat. Antara satu nutrisi dengan nutrisi yang lain dapat bekerja sama untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

⇒ Membuat Jantung Bekerja Stabil

Terdapat sekitar 237 mg kalium dalam sepotong buah tomat ukuran sedang. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja secara stabil. Khasiat tomat yang lain adalah jika rajin dikonsumsi maka tomat dapat membuat kita terjaga dari serangan penyakit jantung dan stroke.

Baca juga:  Manfaat Buah Pir Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

⇒ Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Jika Anda malas minum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda, maka Anda cukup mengkonsumsi buah tomat. Tomat dapat memberikan Anda 25% kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut USDA, semua nutrisi yang ada di dalam tomat diperlukan oleh organ tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik.

⇒ Mengontrol Gula Darah

Gula dalam darah tidak boleh melebihi batas wajar untuk meminimalisir resiko diabetes. Anda bisa membantu pengontrolan gula darah dengan cara rutin mengkonsumsi buah tomat. Tomat menjadi sumber alami kromium yang dibutuhkan tubuh agar jumlah gula darah tidak mengalami pelonjakan.

Manfaat Tomat Untuk Ibu Hamil

⇒ Sebagai Sumber Vitamin C Dan Zat Besi

Tomat adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yaitu salah satu dari sekian banyak nutrisi penting yang Anda butuhkan selama kehamilan untuk menjaga diri Anda dan bayi Anda tetap sehat. Vitamin C membantu bentuk tulang, gigi dan gusi yang sehat.

⇒ Sumber Asam Folat

Asam folat bermanfaat sebagai vitamin penting yang dibutuhkan untuk menghindari cacat genetik pada bayi serta mengoptimalkan pertumbuhan otak janin. Jika Anda ingin janin Anda cerdas dalam rahim, maka makan tomat secara teratur mungkin akan banyak membantu mewujudkan hal ini.

⇒ Sumber Lycopene

Tomat merupakan sumber yang baik dari likopen. Likopen adalah senyawa antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kerusakan sel dalam tubuh.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment