Kehamilan Palsu: Ketahui Tanda-tandanya

Anda mungkin akan mengalami siklus haid tertunda, sesak dada dan menyusui, bahkan mual, morning sickness, tapi tidak sepenuhnya ini adalah tanda kehamilan? Apa penyebab tanda-tanda kehamilan palsu? Apakah perlu diobati?

Tanda-tanda kelahiran janin biasanya terjadi pada wanita yang putus asa ingin memiliki anak. Pada kehamilan fiktif atau membayangkan kehamilan, perubahan hormonal dan tanda-tanda kehamilan bisa saja terjadi seperti hamil normal. Lalu apa penyebab utamanya?

Penyebab kehamilan palsu

Menurut para ahli, wanita berusia di atas 30, 40 tahun, tidak subur, mengalami keguguran, kehilangan anak karena suatu alasan, cenderung berisiko mengalami kehamilan palsu. Tidak ada kesimpulan resmi tentang penyebab fenomena ini, karena adanya hubungan kompleks antara korteks serebral, perbukitan di otak, sistem endokrin, dan faktor psikologis.

kehamilan palsu

Namun, psikolog berpikir bahwa fenomena ini terjadi karena konflik emosional. Keinginan untuk memiliki anak atau takut kehamilan bisa menimbulkan kebingungan emosional, mengubah sistem endokrin di dalam tubuh. Ini menjelaskan mengapa meski Anda tidak hamil, Anda masih bisa menunjukkan tanda-tanda kehamilan.

Selain itu, hipotesis mekanisme biologis adalah bahwa efek kecemasan, stres berlebihan pada tubuh menghasilkan hormon seperti kehamilan, konstipasi, kembung, penambahan berat badan dan kebutuhan meningkat. motilitas usus, terasa seperti mesin hamil.

Tanda-tanda kehamilan palsu

Studi menunjukkan bahwa sekitar 18 persen wanita hamil telah keliru didiagnosis saat hamil oleh dokter spesialis. Biasanya, tanda-tandanya adalah:

  • 50-90% gangguan menstruasi.
  • 60-90% perut membesar.
  • Mengalami ketegangan, nyeri, menyusui.
  • Morning sickness, mual dan nyeri tekan.
  • Berubah kebiasaan makan, nafsu makan, nafsu makan manis.
  • Tanda-tanda kehamilan, terutama karena motilitas usus kecil. 50-75% wanita merasakan hal ini.
  • 1% mengalami kontraksi kehamilan.

Gejalanya bisa bertahan selama 9 bulan, bahkan bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Baca juga:  Narcolepsy: Sindrom Tidur Mendadak dan Tiba-Tiba

Bagaimana cara mengatasi kehamilan palsu?

Fenomena ini jelas terlihat karena gangguan neurodegenerative. Gangguan ini bisa mengubah tubuh dari dalam dan dari luar. Kehamilan janin umumnya berhubungan secara psikologis, jadi metode ultrasound atau metode pencitraan lainnya tidak diperlukan.

Jika Anda tidak subur, dan terkadang memiliki gejala di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog, profesional infertilitas. Selain itu, jangan menyimpan pikiran itu sendiri, berbagi dengan suami, ibu, teman dekat Anda agar tidak khawatir dan lebih stres. Sehingga stabilitas psikologis dan kesehatan tubuh berjalan lancar.

Leave a Comment