Inilah Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Alpukat disebut juga dengan Avokad yang merupakan turunan nama dari Bahasa Inggris “Avocado”. Buah dari famili Lauraceae bergenus Persea ini memiliki nama latin Persea Americana. Buah alpukat ini dulunya berasal dari Amerika Tengah, namun bayak orang yang sudah membudidayakannya sebagai tanaman perkebunan monokultur yang bisa kita tanam di perkarangan rumah di kawasan tropis seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Nama buah alpukat atau avokad pertama kali diberikan oleh penduduk Suku Aztek yang tinggal di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Seiring perkembangan zaman, maka buah kaya manfaat ini banyak menyebar ke Benua lain melalui jalur-jalur perdagangan.

Khasiat Buah Alpukat

Dalam dunia farmasi, daun buah alpukat sering dimanfaatkan sebagai campuran ramuan-ramuan herbal untuk mengobati penyakit kencing batu, nyeri pada syaraf dan lambung, sakit kepala, darah tinggi, pembengkakan saluran napas sampai masalah pada siklus haid yang tidak teratur. Sedangkan bagian biji buah alpukat sering digunakan sebagai campuran untuk membuat pewarna pakaian dan bisa juga diracik sebagai obat sakit gigi serta diabetes.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

∼ Mempercepat Penyerapan Nutrisi

Berdasarkan sebuah penelitian bahwa kandungan yang terdapat pada buah alpukat yang masuk ke dalam tubuh dapat diserap lebih baik dan cepat. Sebagai pembuktian, para ilmuan pernah melakukan riset kepada 2 orang untuk memastikan kebenaran hal tersebut. Dua orang memakan salad yang salah satunya dimasukkan alpukat dan satunya lagi tidak, setelah dicek ternyata benar satu orang yang makan salad yang di dalamnya terdapat alpukat mampu menyerap nutrisi lima kali lebih baik ketimbang yang tidak.

∼ Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein yang terdapat dalam buah alpukat merupakan kadar lutein terbanyak dibandingkan buah-buahan lain. Lutein adalah bagian dari karotenoid yang secara alami diproduksi di kloroplas dan chromoplasts tanaman. Lutein adalah zat yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan daya penglihatan manusia. Lutein juga dipercaya mampu meminimalisir risiko kelainan pada mata khususnya pada kaum manula dan penderita katarak.

Baca juga:  14 Manfaat Daging Kepiting Dan Cara Memasaknya

∼ Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Berbagai studi menyatakan bahwa setiap tubuh manusia memiliki sel kanker yang suatu saat bisa tumbuh dengan sendirinya, tergantung kondisi kesehatan tubuh masing-masing dan bagaimana cara seseorang menjaga kesehatannya tersebut. Sementara kaitannya dengan buah alpukat adalaha alpukat banyak mengandung berbagai senyawa penting yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker serta mencari sel kanker yang baru muncul dan setelah ditemukan langsung dihancurkan tanpa memberikan dampak buruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya.

∼ Menurunkan Kadar Kolesterol

Penyakit seperti Familial Hypercholesterolemia (FH), Xanthomas dan gagal jantung adalah jenis penyakit yang akan menyerang seseorang jika kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya melebihi jumlah HDL (kolesterol baik). Sebuah studi pernah melakukan riset kepada beberapa orang yang memiliki jumlah kolestrol tinggi, kemudian mereka diperintah untuk makan buah alpukat dalam kurun waktu satu minggu penuh. Alhasil mereka yang benar-benar rutin makan buah alpukat dalam waktu satu minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 16% tanpa mengurangi kadar kolesterol yang baik bagi kelangsungan fungsi organ jantung.

∼ Sumber Glutathione Antioksidan

Glutathione atau disingkat GSH merupakan ibu dari segala jenis antioksidan. Sel-sel di dalam tubuh sangat menaruh harapan pada kinerja master antioksidan ini. Salah satu manfaat dari GSH adalah anti-aging dengan cara meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh, terutama pada kulit, sehingga meminimalisir timbulnya kerutan pada wajah dan bagian tubuh lain.

Alpukat merupakan salah satu buah dari deretan sumber utama glutathione. Nama lain yang hadir adalah asparagus, bayam dan sayur brokoli. Semua buah dan sayur segar dapat meningkatkan kadar glutathione, khususnya sayuran seperti kubis dan tauge. Anda juga bisa melakukan mixing nutrition untuk mendapatkan glutathione lebih maksimal. Misalnya, dengan menikmati makan malam dengan salad sayur, telur dan jus alpukat.

Baca juga:  Astaga! Inilah Bahaya Makan Manggis Berlebihan Yang Mengerikan

∼ Mengandung Potassium

Potassium tergolong ke dalam mineral yang dimanfaatkan oleh saraf otonom pengontrol detak jantung, fungsi otak dan proses fisiologis penting lain. Kandungan potasium yang terdapat pada buah alpukat dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengurangi rasa nyeri otot dikarenakan setelah latihan atau olahraga, seperti lari jarak jauh dan fitnes serta memelihara kestabilan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh.

∼ Tinggi Protein Dan Lemak Tak Jenuh

Alpukat memiliki sekitar empat gram protein pada satu buahnya. Angka tersebut mampu menyuplai kebutuhan protein harian tubuh manusia. Disamping itu, alpukat memiliki lemak baik yang bisa menggantikan makanan kesukaan Anda yang nyatanya banyak mengandung lemak jahat pemicu kolesterol dan penyakit.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment