Ini Dia Tanda-Tanda Wanita Akan Melahirkan

Mendengar kata melahirkan, sudah pasti setiap wanita normal akan mengalami proses ini. Bagi calon bunda yang mungkin saat ini sedang menunggu-nungu datangnya hari persalinan, berikut akan kami bahas tentang tanda-tanda yang akan terjadi pada seorang wanita menjelang persalinan. Persalinan adalah proses membuka dan menipisnya serviks, dimana janin dan ketuban didorong keluar melalui jalan lahir dan biasanya hal ini akan terjadi saat usia kehamilan memasuki 37 minggu – 42 minggu.

Proses ini tentunya adalah salah satu hal penting yang ditunggu-tunggu baik oleh Bunda, Ayah maupun anggota-anggota dalam keluarga besar. Peranan bunda adalah melahirkan bayi, sedangkan peranan keluarga adalah memberikan bantuan dan dukungan kepada bunda ketika proses persalinan terjadi. Dalam hal ini, bunda juga perlu melibatkan tenaga kesehatan, yaitu bidan, untuk membantu baik proses menjelang persalinan maupun saat persalinan, agar bunda dan dedek bayi sehat dan selamat tentunya. Nah, agar segala sesuatunya dapat berjalan sesuai dengan yang bunda harapkan, bunda harus siap mental, fisik dan pikiran. Sebelum itu, ada baiknya bunda mengetahui tanda-tanda menjelang persalinan berikut.

Tanda Wanita Akan Melahirkan

⇒ Terjadi Perubahan Bentuk Tubuh

Pada tubuh wanita hamil, terjadi perubahan hormon yang mempengaruhi perubahan bentuk tubuh ibu hamil, yaitu tulang kemaluan yang lebih lebar, serta tulang kemaluan yang melunak agar bayi mudah melewati jalan lahir.

⇒ Penurunan Fundus Uteri (Perut)

Menjelang persalinan, perut ibu hamil akan terlihat lebih turun dari sebelumnya, karena kepala janin sudah masuk pintu yang ada di bagian atas panggul.

⇒ Sering Buang Air Kecil

Sebenarnya sering buang air kecil akan sering terjadi pada masa-masa awal kehamilan, pastinya bunda-bunda yang sedang hamil sudah merasakannya bukan? Keadaan sering buang air kecilpun akan terus terasa hingga menjelang persalinan, dikarenakan kondisi perut yang semakin membesar, posisi kandung kemih yang berada tepat diatas rahim bunda, maka akan mengakibatkan tertekannya kandung kemih oleh kepala janin. Jadi otomatis bunda akan sering buang air kecil.

Baca juga:  Tes Kehamilan Yang Benar ( 2 Cara Saja )

⇒ Timbul Rasa Sakit Yang Berlebih Pada Panggul Dan Tulang Belakang

Rasa sakit yang terjadi dikarenakan gaya berat janin yang mengarah dan menekan ke bawah daerah tulang pelvis, ketegangan dinding perut, serta ketegangan ligamentum rotundum.

⇒ Keluar Lendir Yang Bercampur Darah Dari Vagina

Pada saat mendekati masa-masa persalinan, bisa Anda lihat di celana dalam bunda akan muncul lendir yang awalnya berwarna kecoklatan, seiring berjalannya waktu dan semakin besarnya pembukaan serviks, maka lendir akan bercampur dengan darah yang berwarna merah. Lendir yang bercampur darah ini berasal dari lendir kanalis servikalis yang menyumbat sepanjang kehamilan dan karena serviks mulai membuka dan mendatar. Sedangkan darah berasal dari pembuluh-pembuluh kapiler disekitar kanalis servikalis pecah akibat pergeseran saat serviks membuka.

⇒ Timbul His Yang Teratur

Tahukah Anda bahwa his menjelang persalinan adalah rasa sakit pada punggung bagian belakang dan akan menyebar ke depan mengarah ke perut. His ini terjadi karena perubahan keseimbangan hormon esterogen dan progesteron (produksinya berkurang), dan memberikan kesempatan rangsangan oksitosin, sehingga menimbulkan kontraksi yang lebih sering dan akan terus teratur serta makin sering saat masa-masa janin hendak keluar. His ini bisa digambarkan seperti sakitnya dismenorrhea saat menstruasi, namun tentunya lebih sakit, tak terkontrol dan tidak teratur datangnya. His ini akan terus terjadi hingga selesai proses persalinan, datangnya his dimulai dari frekuensi 10 menit sekali, lamanya kurang dari 20 detik sampai dengan frekuensi yang sering yaitu 4 – 5 kali dalam 10 menit, dan lamanya hingga 60 detik, itulah his yang terjadi pada fase menjelang persalinan.

⇒ Terjadi Pembukaan Serviks

Jika his bagus (sering datang dan lama sakitnya), maka pembukaan servikspun akan semakin cepat. Begitupun sebaliknya, jika terjadi inertia uteri (his lemah) maka pembukaan serviks pun akan lebih lama menuju pembukaan lengkap. Dalam proses persalinan, bisa dikatakan proses ini yang terberat, karena rasanya sangat sakit dan terjadi kurang lebih 10 jam untuk primigravida (hamil anak pertama) dan kurang lebih 5 jam untuk multigravida (hamil anak kedua, dst.). Maka dari itu cara untuk mengatasi agar mengurangi rasa sakit yaitu dengan mengalihkan perhatian calon bunda, yaitu mengambil nafas pendek-pendek namun cepat (tarik nafas buang nafas), serta meminta keluarga untuk memijit bagian pinggang dan punggung bagian belakang.

Baca juga:  Ternyata Inilah Penyebab Wanita Susah Hamil

⇒ Air Ketuban Merembes Atau Pecah

Jika pembukaan sudah lengkap dan tidak ada tahanan lagi, didukung dengan his yang kuat, serta desakan janin, maka kantung ketuban akan pecah. Jika terasa ada air-air yang keluar tanpa bisa dikontrol dari vagina, beraroma agak amis, maka itu adalah salah satu tanda bahwa tidak lama lagi bunda akan segera melahirkan.

⇒ Pembukaan Serviks

Pada fase persalinan, servika akan membuka dan medatar, dimulai dari pembukaan 1 cm hingga pembukaan lengkap selebar 10 cm.

⇒ Hasrat Ingin Mengejan

Saat pembukaan sudah lengkap, calon bunda akan merasakan dorongan ingin mengejan, serta akan terlihat tekanan pada anus dan perineum akan menonjol. Inilah saatnya janin akan keluar dari dalam uterus bunda.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment