Ini Dia Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga atau dragon fruit (in English) merupakan buah yang memiliki bentuk yang unik, konon katanya mirip bentuk dragon (naga). Selain unik, buah ini ternyata memiliki segudang manfaat yang beberapa diantaranya sudah kita bahas di artikel khasiat buah naga. Buah naga termasuk buah yang populer dan sedang naik daun, bahkan belakangan ini banyak masyarakat yang membudidayakan buah kaya manfaat ini. Aura Kasih adalah salah satu artis lokal yang doyan buah naga.

Buah naga hidup di daerah yang kekurangan air, tanaman ini sama seperti pohon kaktus yang berduri dan menjuntai panjang. Buah naga bisa dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi jus dan campuran dalam sop buah. Kandungan vitamin dan mineralnya punya segudang manfaat baik untuk tubuh, bahkan manfaat buah naga untuk Ibu hamil juga sangat baik.

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

⇒ Mencegah Anemia Pada Ibu Hamil

Buah naga mengandung zat besi, yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar Hemoglobin dalam darah, serta meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Ibu hamil biasanya mengalami anemia, sebab pada tubuhnya akan terjadi hemodilusi atau pengenceran darah yang mengakibatkan turunnya kadar sel darah merah dan hemoglobin. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan asupan tambahan zat besi guna mencegah Ibu hamil dari anemia. Jika ibu hamil terkena anemia berat, maka akan sangat meembahayakan bagi dirinya dan janin di dalam kandungannya. Ibu hamil wajib mengomsumsi tambahan zat besi dari tablet Fe yang disediakan oleh tenaga kesehatan, maupun asupan Fe dari berbagai sumber makanan termasuk buah naga.

⇒ Mengurangi Resiko Sembelit Pada Ibu Hamil

Pada umumnya Ibu hamil akan mengalami gangguan pada sistem pencernaannya, yaitu sembelit atau konsistensi feses yang keras sehingga susah untuk dikeluarkan. Dengan mengkonsumsi buah naga sekitar 100 gram perhari, maka akan mengurangi terjadinya sembelit pada Ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah naga yang kaya akan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Baca juga:  Ini Dia Bahaya Mengkonsumsi Tomat Jika Berlebihan

⇒ Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah Anda bahwa dibalik rasanya yang segar dan nikmat, buah naga mengandung vitamin C yang sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Vitamin C juga bermanfaat sebagai kaltalis atau mempercepat proses penyerapan zat besi dan nutrisi lainnya dalam tubuh. Wanita yang sedang hamil sangat membutuhkan hal ini.

⇒ Pertumbuhan Dan Perkembangan Saraf Janin

Kandungan asam folat dalam buah naga berperan penting dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf, otak dan organ vital janin dalam kandungan. Dengan adanya asam folat dapat mencegah terjadinya keguguran, ataupun bayi lahir cacat fisik maupun cacat pada bagian organ otaknya. Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat mengurangi resiko tersebut dan membuat pertumbuhan serta perkembangan janin berjalan optimal.

⇒ Sebagai Sumber Energi Pada Ibu Hamil

Buah naga mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi. Dengan mengkonsumsi buah naga, perut terasa kenyang tentunya.

⇒ Membantu Proses Pembentukan Tulang Dan Gigi Janin

Tahukah Anda bahwa buah unik ini memiliki kandungan kalsium yang sangat berperan dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi janin di dalam kandungan.

⇒ Mencegah Terkena Berbagai Penyakit

Dragon fruit kaya akan antioksidan, protein, zat besi serta potassium yang berguna sebagai penangkal radikal bebas dan berbagai penyakit. Mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat menjaga tubuh Anda agar tidak mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit.

⇒ Membantu Penyembuhan Penyakit

Pada Ibu hamil yang sedang menderita flu, batuk dan lainnya, disarankan untuk mengkonsumsi buah naga agar mempercepat proses pemulihan dari penyakit. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk penyembuhan penyakit.

⇒ Menjaga Kesehatan Mata Janin Dan Ibunya

Buah naga kaya akan karoten. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan fungsi organ penglihatan yaitu mata, baik untuk ibu maupun janinnya. Kandungan karoten tinggi ada pada buah naga merah.

Baca juga:  1000 Manfaat Jeruk Untuk Ibu Hamil Dan Janin

⇒ Mencegah Bayi Lahir Prematur

Dengan adanya kandungan asam folat pada buah naga, janin yang dikandung akan tumbuh dan berkembang secara optimal. Maka akan terhindar dari lahir sebelum cukup bulan atau prematur.

⇒ Menjaga Metabolise Dan Mencegah Beri-Beri

Buah naga mengandung vitamin B1 yang berguna dalam menjaga metabolisme tubuh, baik metabolisme karbohidrat, pencernaan maupun saraf dan otot. Vitamin B1 juga berperan dalam mencegah terkena penyakit beri-beri. Tak usah ragu untuk mengonsumsi buah nikmat yang kaya manfaat ini.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×