Ini Dia Bahaya Mengkonsumsi Tomat Jika Berlebihan

Buah tomat adalah sejenis buah-buahan yang kaya akan kandungan nutrisi samahalnya seperti buah jeruk. Buah tomat mengadung banyak Vitamin C yang tentu saja baik bagi kesehatan tubuh kita. Dibalik semua manfaat kandungan nutrisi pada tomat, taukah anda bahwa tomat memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Tomat dapat dibudidayakan di daerah khusunya Asia seperti Indonesia karena tomat hanya dapat hidup pada iklim sub-tropis atau di sekitar pegunungan. Maka tak heran jika kita melihat tomat yang langsung di ekspor dari daerah tersebut sungguh luar biasa. Berikut ini adalah manfaat dan bahaya buah tomat jika dikonsumsi secara berlebih bagi tubuh kita.

Jenis-jenis tomat dibagi menjadi 3 golongan utama,

1. Determinate

Golongan ini adalah yang terpendek diantara tanaman tomat, yakni hanya berkisar antara 40-75 cm saja. Golongan ini tidak bisa tumbuh tinggi sebab ujung tanamannya diakhiri dengan rangkaian bunga. Jenis ini relatif mempunyai umur sangat pendek sehingga bisa cepat dipanen.

2. Intermediate

Pohon Tomat dengan golongan ini termasuk relatif tinggi dan bisa tumbuh hingga mencapai 1,5m. tetapi, meskipun batang tanamannya relatif tinggi umurnya hanya berkisar 3,5-4 bulan saja.

3. Hybrida

Golongan ini adalah hasil persilangan antara golongan determinate dengan intermediate. Karena adalah persilanngan antara keduanya, varietas ini mempunyai sifat dari keduanya.

Manfaat Buah Tomat

  • Mengurangi kadar lemak penyebab kegendutan
  • Membentuk otot Anda
  • Mencegah kanker
  • Penangkal radikal bebas
  • Menjaga gigi dan tulang tetap kuat dan sehat
  • Mengontrol kolesterol penyebab hipertensi (Tekanan darah tinggi)
  • Menyehatkan mata
  • Membuat jantung bekerja stabil
  • Memenuhi kebutuhan vitamin harian
  • Mengontrol gula darah

Bahaya Mengkonsumsi Tomat Jika Berlebihan

1. Melemahnya Sistem Imun

Menurut penelitian yang pernah di lakukan buah tomat mengandung karotenoid pigmen likopen.Kandungan tersebutlah yang dapat membuat sesorang gampang sakit atau menurunkan kerja metabolisme tubuh dan menurunkan imunitas tubuh.

Baca juga:  Inilah Manfaat Buah Wortel Yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Jadi konsumsilah buah tomat ini secra wajar dan anda akan mendapatkan manfaatnya dan jika belebihan andapun akan mendapatkan efeksampingnya atau dampaknya seperti menurunya sitem imun.Mengkonsumsi buah tomat secara wajjar juga dapat mencegah terjadinya kangker yang di akibatkan oleh radikal bebas.

2. Permasalahan Saluran Cerna

Ngomong-ngomong soal pencernaan pasti adakaitanya dengan organ lambung pada manusia.Buah tomat mengndung zat asam yang cukup tinggi sehingga menjadikan buah satu ini sangat berbahaya jika di konsumsi secara mentah oleh anda para penderita penyakit maag.

3. Dapat Memicu IBS “Irritable Bowel Syndrome”

Buah tomat mengadung zat berbahaya seperti Antioksidan likopen.Kandungan tersebut jika di konsumsi pada tubuh manusia secara berlebih dapat mengakibatkan ganguan pencernaan seperti gas perut, kembung, gangguan pencernaan, mual, muntah, diare.

4. Dapat Membentuk Batu Ginjal

Buah tomat memiliki kandungan yang samahalnya dengan sayuran dan buah-buahan pada umumnya yang tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh kita.Namun taukah anda bahwa buah tomat memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita sepeti penyakit ginjal.Buah tomat mengandung senyawa oksalat kandungan tersebutlah sangat berbahaya bagi gijal karena dapat memicu timbulnya batu ginjal atau meningkatnya kinerja ginjal.

5. Kelebihan Vitamin

Semua orang membutuhkan vitamin termasuk vitamin C yang ada pada buah tomat. Banyak orang yang percaya bahwa semakin banyak mengkonsumsi vitamin maka semakin baik buat tubuh, ini tidak benar justru menjadi bahaya bagi tubuh dan harus di hindari.

Banyak sekali manfaat dan vitamin yang ada pada buah tomat dan karena itu kekurangan vitamin dan kandungan nutrisi pada tomat juga membuat tubuh mudah terserang penyakit karena berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin, memang di antara ke dua hal tersebut selalu salah dan yang benar adalah konsumsi vitamin atau buah tomat dengan tidak berlebihan dan apalagi jika anda mengkonsumsi vitamin berupa obat-obatan maka harus dihindari karena sangat berbahaya bagi tubuh anda.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment