Cara Alami dan Sederhana Atasi Serangan Nyamuk Berbahaya

Cara Alami dan Sederhana Atasi Serangan Nyamuk Berbahaya – Membuat obat nyamuk alami sederhana baik cair maupun bakar bisa dibuat secara mudah di rumah. Kali ini akan diberikan beberapa ide untuk membuat obat nyamuk alami yang mudah juga ampuh. Biasanya, orang lebih tahu dan tertarik dengan penggunaan daun serai serta bahan dari kulit jeruk. Ini dikarenakan adanya sebuah produk lotion yang didesain untuk mengusir nyamuk dan terdapat kandungan ekstrak serai di dalamnya. Intinya, nyamuk paling tidak suka dengan aroma serai.

Alasan mengapa nyamuk tidak suka adalah karena serai mengandung dipentena, nerol, farsenol metil heptenon, mirsena, geraniol, sitral dan sitronela. Diketahui bahwa zat-zat tersebut sangat ditakuti oleh serangga, seperti semut dan nyamuk. Selain itu, bahan ini pun sangat aman dan bisa dijadikan obat nyamuk semprot yang ramah lingkungan, bahkan tidak akan beracun bagi manusia.

Membuat Obat Nyamuk Alami Sederhana Ramah Lingkungan Obat Nyamuk Alami dari Serai

obat nyamuk dari kulit serai

  1. Daun serai yang sudah disiapkan bisa dipotong-potong hingga menjadi sangat kecil dan pastikan bahwa irisannya sampai menjadi halus.
  2. Potongan serai tersebut kemudian bisa dijemur hingga benar-benar kering. Bila cuaca mendung dan tidak ada matahari, potongan serai bisa dengan mudah dioven.
  3. Sekitar kurang lebih 1 ons potongan serai yang sudah kering bisa direndam dengan air sejumlah 25 ml selama 24 jam. Bila tidak ada ide seberapa banyak 25 ml itu, kira-kira sekitar 1/8gelas kaca.
  4. Hasil rendaman bisa kemudian disaring dan airnya diambil, sementara sisa serai atau ampasnya boleh dibuang.
  5. Masukkan airnya ke dalam botol bersih.
  6. Untuk cara menggunakannya, silahkan ekstrak serai diencerkan lebih dulu dengan perbandingan 1:3. Jadi intinya, yang diencerkan dengan air adalah 25 ml ekstrak serai dicampur dengan air sampai menjadi 100 ml.
  7. Siapkan botol penyemprot yang bisa dijadikan wadah untuk cairan tersebut.
  8. Bila sudah siap pakai, ruangan yang ingin disemprot bisa langsung disemprot menggunakancairan tersebut. Ruangan perlu ditutup selama kurang lebbih 15 menit.
  9. Setelah disemprot, ruangan pun menjadi bebas nyamuk dan tidak berapa lama sudah bisa digunakan kembali.
Baca juga:  Berbagai Jenis Stress dan Cara Mengatasinya

Obat Nyamuk Alami dari Kulit Jeruk

obat nyamuk dari kulit jeruk

Salah satu cara membuat obat nyamuk sederhana adalah dengan memanfaatkan bahan kulit jeruk yang sangat mudah ditemukan. Sudah dibuktikan secara ilmiah bahwa kulit jeruk memang sangat efektif membuat nyamuk tidak berani dekat-dekat. Ini dikarenakan adanya zat kimia yang disebut dengan limonen, terdapat di dalam kulit jeruk.

  1. Kulit jeruk yang sudah disiapkan dapat langsung disayat agar hasilnya bisa memanjang.
  2. Kemudian hasil sayatan kulit jeruk bisa dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.
  3. Salah satu ujung kulit yang sudah dinyatakan kering bisa dibakar. Asap dari pembakaran tersebut sangat efektif dalam membuat nyamuk pergi jauh-jauh.
  4. Cara membuat obat nyamuk bakar ini cukup praktis karena kita hanya perlu mengambil kulit jeruk, potong-potong sampai bentuknya menjadi persegi dan memiliki ukuran sekitar 2×3 sentimeter.
  5. Potongan kulit jeruk bisa dipasang ke dalam pembakar anti nyamuk mat dan asapnya akan mengusir nyamuk.

Obat Nyamuk Alami dari Lotus

obat nyamuk dari lotus

 

Lotus juga rupanya diketahui memiliki efektivitas tinggi dalam mengusir nyamuk seperti yang dinyatakan oleh penelitian dalam Asian Pacific Journal of  Tropical Medicine. Tidak hanya berfungsi sebagai pengusir nyamuk, lotus pun bisa membunuh nyamuk hanya dengan menanamnya di bagianhalaman rumah. Bila ingin membuat sebuah obat yang bisa digunakan untuk menyemprot ruangan, ekstrak lotus bisa dijadikan solusi terbaik.

Obat Nyamuk dari Minyak Lavender dan Ragi

obat nyamuk dari minyak lavender

Karena adanya kandungan minyak atsiri yang ada di dalam lavender, nyamuk pun dibuat tidak berkutik dan bisa diusir secara lebih mudah.

  1. Beli saja minyak lavender di toko obat yang paling dekat dengan rumah, tentu saja minyak lavender ini berbentuk cair.
  2. Minyak bisa dilarutkan dengan menambahkan air kurang lebih 10% dari minyak lavender. Setelah larut, coba berikan tambahkan ragi secukupnya saja.
  3. Jika cairan obat nyamuk tradisional ini sudah jadi boleh langsung tuangkan ke dalam botol atau wadah biasa.
  4. Bila sudah siap, larutan bisa ditaruh di ruangan yang ingin dijauhkan dari nyamuk. Wadah atau botol bisa dibiarkan dalam keadaan terbuka agar nyamuk dapat dengan mudah menangkaparoma yang tidak mereka sukai.
Baca juga:  2 Tips Menghindari Obesitas

Obat Nyamuk dari Daun Kayu Putih

obat nyamuk dari daun kayu putih

Kayu Putih yang biasanya kita kenal dalam bentuk minyak memang sangat berkhasiat dalam mengusir nyamuk karena ada aroma dari kayu putih yang tidak disukai oleh nyamuk.

  1. Daun kayu putih yang telah disiapkan bisa diremas-remas atau ditumbuk hingga daunnya menjadi halus.
  2. Bila sudah jadi, balurkanlah ke kulit agar nyamuk tidak berani mendekat.
  3. Atau, bisa juga dengan membuat campuran setengah gelas air yang ditambah dengan minyak kayu putih asli.
  4. Campuran tersebut kemudian bisa dituang ke dalam botol semprotan.
  5. Gunakan untuk menyemprot bagian ruangan yang sering ada nyamuknya.

Demikian beberapa resep ampuh yang bisa dicoba di rumah dalam membuat obat nyamuk alami sederhana. Berkaitan dengan pembahasan ini, baca juga artikel kami tentang Cara ampuh mengusirnyamuk di kamar secara sederhana dan tanaman pengusir nyamuk.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment