Efek Samping Mengkonsumsi Ayam Potong Bagi Kesehatan

Ayam merupakan jenis hewan unggas yang banyak dibudidayakan, seperti ayam potong, ayam kampung dan ayam kalkun. Ayam potong terbagi kedalam 2 jenis seperti ayam merah dan ayam putih. Masyarakat khususnya Indonesia lebih sering mengkonsumsi jenis ayam putih. Manfaat ayam sangat banyak jika dibudidayakan dengan cara yang alami, namun jika dibudidayakan dengan cara cepat seperti sering kali memberikan suntikan hormon dan jenis obat-obatan kimia lainya, tentu saja akan membahayakan bagi kesehatan tubuh kita yang mengkonsumsinya.

Kandungan daging ayam seperti ayam potong dan ayam kampung sangat tinggi seperti energi, protein, lemak jenuh, kolestrol, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, vitamin dan masih banyak lagi kandungan yang terdapat pada daging ayam. Namun ada bahaya dan efek samping ayam potong yang perlu anda ketahui seperti berikut ini.

Efek Samping Daging Ayam Potong

1. Dapat Menyebabkan Kanker

Ayam yang di budidyakan dengan pemberian zat kimia secara sering sperti pemberian Antibiotik akan berdampak buruk jika di konsumsi oleh manusia seperti mengakibatkan resistansi terhadap antibiotik.selain itu resistansi juga dapat memicu berefulusinya bakteri yang dapat membahayakan timbulnya penyakit kangker.

2. Suntikan Hormon

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tentu saja cepat ,banyak di jaman sekarang para pembudidaya ayam khususnya jenis ayam potong putih memerlakukan cara yang tidak baik seperti sering kali memberikan hormon agar tumbuh lebih pesat.ayam yang di berikan hormon kimia secara terus menerus jika di konsumsi manusia akan berdampak bururk seperti dapat memicu sel-sel kanker dan kista.

3. Sakit Perut, Diare Dan Mual

Membudidayakan ayam potong tentu saja akan berkaitan dengan proses yang terjadi jika kulitas kebersihan terjaga maka ayam akan terjaga pula umur dan kualitas terhidar dari penyakit ,namun sebaliknya jika proses pembesaran tidak di perhatikan maka akan berdampak buruk pada ayam dan yang mengkonsumsinya. Populasi ayam yang di budidayakan di temppat yang tidak terawat akan sering terjangkit bakteri seperti Campylobacter jejuni, Listeria monocytogenes, dan Escheria Coli.Biasanya seseorang yang terindikasi bakteri ini setelah mengkonsumsi ayam akan memiliki gejala mual-mual dan diare.

Baca juga:  Inilah Efek Samping Mengkonsumsi Durian Yang Mematikan

4. Meningkatkan Berat Badan

Daging ayam memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi sehingga daging satu ini tidak cocok jika di jadikan menu diet harian anda,seperti yang kita ketahui bahwa lemak dapat memicu naiknya berat badan pada manusia.selain itu lemak juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita seperti dapat mengakibatkan kolestrol,serangan janting koroner,dan strok.

5. Memicu Diabetes

Bagi anda yang memasak jenis ayam potong ini usahakan dengan proses yang benar agar tersterilkan, karena jika tidak akan dapat berbahaya seperti dapat memicu terjadinya resistensi insulin yang dapat menimbulkan diabetes.

6. Memicu Tekanan Darah Tinggi

Kandungan yang terdapat pada daging ayam yang di olah bersamaan dengan campuran garam akan berdampak naiknya darah pada manusia,hal tersebut di karenakan kandungan natrium pada garam yang bercampur pada daging ayam.Namun jika mengkonsumsi daging ayam secara wajar mungkin kejadian ini akan dapat di hindari.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment