Cara Mengobati Rasa Sakit Setelah Aborsi

Aborsi atau Abortus adalah pengakhiran kehamilan (oleh akibat-akibat tertentu) sebelum buah kehamilan tersebut belum memasuki masa Gestasi dan belum mampu untuk hidup di luar kandungan, dimana beratnya belum mencapai 1000 gram atau sebelum kehamilan memasuki usia 28 minggu. Negara kita Indonesia adalah salah satu Negara di dunia dengan jumlah persentase tingkat aborsi dan pengguguran kandungan yang cukup tinggi.

Banyak orang melakukan aborsi yang bisa terjadi karena berbagai macam alasan. Kemungkinan karena hadirnya bayi dalam keadaan sebelum masa pernikahan, banyak yang mengaku karena faktor ekonomi, ataupun adanya permasalahan kesehatan pada Ibu. Apapun alasannya, setelah melakukan aborsi tubuh seorang wanita pasti akan mengalami banyak perubahan.

mengobati rasa nyeri setelah keguguran

Beberapa perubahan tak hanya terlihat dari segi fisik, bahkan juga akan terlihat secara psikis dan mental. Untuk mengurangi rasa sakit yang menyebabkan banyak perubahan pada fisik maupun psikis Anda, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengobati rasa sakit setelah aborsi.

Cara Mengobati Rasa Sakit Setelah Aborsi

1. Perbanyak Istirahat Selama 24 Jam Pertama

istirahat cukup setelah keguguran

Setelah melakukan aborsi atau bagi Anda yang mengalami keguguran sangat diajurkan untuk istirahat total selama 24 jam pertama, karena ini adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan fisik Anda dan dengan istirahat yang cukup maka tubuh Anda akan memiliki waktu untuk penyesuaian diri dengan keadaan atau kondisi yang baru serta memulihkan diri dari rasa kehilangan.

Istirahat yang dapat anda lakukan yaitu:

– Istirahat dengan tidur sebanyak mungkin. Anda sangat dianjurkan untuk beristirahat sebanyak mungkin yang bisa Anda lakukan dengan cara tidur. Jika Anda mengalami kesulitan untuk tidur, cobalah minum segelas susu hangat. Minuman hangat dapat menenangkan tubuh dan membantu Anda untuk tidur, atau Anda juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang bisa membuat Anda mengantuk.

– Melakukan relaksasi diantara waktu istirahat Anda. Bila Anda dalam keadaan istirahat, cobalah untuk meregangkan tangan dan kaki Anda masing-masing selama 10 menit. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk relaksasi diwaktu istirahat.

Baca juga:  Kehamilan Palsu: Ketahui Tanda-tandanya

Contoh lain Anda bisa keluar rumah dan jalan-jalan santai di taman selama 20 menit setiap harinya. Perbanyak melakukan hal-hal semacam ini, karena dengan Anda melakukan beberapa hal yang sedikit membuat Anda lelah, maka ini akan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak lagi.

2. Konsumsi Obat Pereda Kram Perut Yang Telah Dianjurkan

konsumsi obat keguguran

Bagi Anda yang melakukan aborsi pasti akan mengalami gejala kram perut. Gejala kram perut adalah gejala yang biasa terjadi setelah seorang wanita mengalami keguguran dan biasanya gejala ini akan disertai dengan pendarahan.

Anda akan mengalami rasa sakit ketika gejala ini muncul dan biasanya beratnya nyeri yang dirasakan akan berbeda-beda pada tiap orang, tergantung pada bagaimana cara janin Anda keluar apakah dengan cara alami atau dengan cara diangkat melalui operasi. Maka sangat dianjurkan setelah keguguran untuk meminum obat pereda kram perut yang dianjurkan dokter yang menangani Anda.

Mengkonsumsi obat yang dianjurkan seperti Ibuprofen bisa cukup membantu meredakan nyeri pada perut. Selain itu ada juga beberapa obat yang dianjurkan semacam Cyclopam dan Buscopan yang merupakan antispasmodik yang dapat meredakan nyeri dengan cara mengurangi ketegangan pada otot rahim. Maka konsumsi obat sesuai dosis yang dokter Anda berikan dan hal ini akan memberikan efek baik untuk tubuh Anda.

Beberapa nyeri akibat kram perut seharusnya dapat mereda secara alami. Namun, tidak semua orang keguguran akan tahan jika sudah mengalami nyeri atau kram perut. Jika nyeri yang Anda rasakan justru semakin parah, sebaiknya Anda segera mencari pertolongan medis karena mungkin saja masih ada jaringan yang tersisa di dalam rahim yang harus segera diangkat.

3. Selalu Periksa Suhu Tubuh

menjaga suhu tubuh

Rutinlah untuk memeriksa suhu tubuh Anda karena dengan cara ini memungkinkan untuk mengetahui sedini mungkin bahwa ini bisa jadi merupakan pertanda Anda terkena infeksi setelah aborsi. Dalam waktu Selama 5 hari pertama setelah keguguran, Anda disarankan untuk memeriksa suhu tubuh Anda rutin setiap hari.

Baca juga:  Diabetes Gestasional: Tanda dan Gejalanya

Anda bisa memeriksa suhu tubuh Anda menggunakan termometer yang Anda punya atau juga Anda bisa pergi langsung ke dokter untuk memeriksa suhu tubuh dan kondisi badan Anda. Jika Anda memeriksa suhu tubuh sendiri dan melihat suhu tubuh anda diatas 37,6 Derajat Celsius maka harus segera dilaporkan ke dokter karena suhu tinggi mungkin menandakan adanya infeksi dalam rahim atau bagian tubuh lainnya.

4. Gunakan Pembalut Untuk Menyerap Darah Yang Keluar

pembalut

 

Gejala semacam ini sering terjadi setelah keguguran. Beberapa gejala pendarahan akan terjadi secara tiba-tiba. Beberapa level pendarahan pada vagina yaitu level sedang hingga level berat yang umumnya terjadi setelah keguguran karena rahim masih mengeluarkan sisa-sisa kehamilan.

Maka untuk mengurangi pendarahan gunakan pembalut dan ini membantu Anda yang mengalami pendarahan berat, namun Anda juga bisa menggunakan tampon setelah pendarahan sedikit reda. Baik pembalut maupun tampon harus diganti paling tidak setiap 8 jam sekali. Ketika Anda mandi juga diharapkan agar tidak menyemprotkan air dan menggunakan sabun disinfektan atau bahan kimia keras di sekitar vagina anda karena dapat menimbulkan iritasi pada bagian tersebut yang dapat memicu infeksi.

5. Kompres Untuk Meredakan Kram Dan Sakit Kepala

meredakan sakit kepala dengan kompres

Beberapa gejala lain juga akan timbul selain pendarahan pada vagina. Setelah beberapa waktu jika Anda mengalami kram dan sakit kepala, maka Anda dapat menggunakan kompres dingin dan panas. Kompres dingin dan panas dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, juga kram perut serta nyeri punggung.

Tidak hanya asal dalam menggunakan kompres, menggunakan kompres dingin dan panas secara bergantian adalah langkah yang paling tepat. Kompres panas dapat membantu menenangkan otot Anda, sedangkan kompres yang dingin dapat meredakan nyeri.

Baca juga:  Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda

Jika Anda enggan untuk membeli kompres, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara merendam beberapa helai waslap ke dalam air dingin atau panas dan memerasnya sebelum ditempelkan. Lakukan kompres dengan cara tempelkan kompres panas di tempat yang sakit selama 20 hingga 25 menit sekali, kemudian ganti dengan kompres dingin, atau sebaliknya.

6. Makan Makanan Sehat

konsumsi makanan sehat

Sangat diwajibkan untuk makan mengikuti saran dari dokter yaitu makan hanya makanan yang sehat saja setelah keguguran. Mengapa sangat diwajibkan? Karena makanan sehat ini akan membantu untuk mempercepat pemulihan tubuh Anda sehingga dapat berfungsi normal kembali.

Makanan sehat juga akan memberikan tubuh lebih banyak energi sehingga Anda akan merasa lebih baik secara keseluruhan dan tetap dalam keadaan fit.

Beberapa anjuran makan sehat yaitu harus memenuhi gizi yang seimbang . Yaitu makanan yang mengandung protein, karbohidrat, serat dan lemak dalam perbandingan yang sehat. Cobalah untuk minum paling tidak 8 gelas air setiap hari karena manfaat air putih bagi tubuh sangat baik.

7. Hindari Hubungan Seksual Selama 1 Atau 2 Bulan

tidak berhubungan seks untuk sementara

Anda pasti akan mendapatkan saran dari dokter Anda untuk berhenti melakukan hubungan seksual dalam jangka waktu tertentu. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk tidak melakukan hubungan intim suami istri selama 1 sampai dengan 2 bulan. Mengapa demikian? Karena dalam masa setelah keguguran vagina Anda dikhawatirkan akan mengalami pendarahan, maka itu vagina Anda harus diberi waktu untuk memulihkan diri.

Demikianlah tips untuk mengobati rasa sakit setelah keguguran. Selain melalui cara yang telah dijelaskan, akan lebih baik jika anda juga melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment