Bahaya Merokok Dan Menghirup Asapnya

Rokok memang memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan, dari segi kandungan rokok memang sudah dicantumkan dalam bungkusannya bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi rokok dan menghirup asapnya (perokok pasif) dapat menyebabkan ganguan pada kesehatan seperti kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.

Meskipun begitu bahaya merokok yang dapat menyebabkan berbagai penyakit yang mengerikan, masih saja masyarakat dunia kususnya Indonesia tidak pernah takut dan masih mengkonsumsi rokok.

Zat Berbahaya Dalam Rokok

1. Nikotin

Kandungan yang terdapat pada rokok seperti nikotin inilah yang membuat seseorang mengalami kecanduan dan susah untuk move on dari rokok.

Adapun berbagai gejala yang di sebabkan oleh rokok seperti:

  • Kecanduan atau ketagihan
  • Merusak jaringan otak
  • Dapat membuat darah cepat membeku
  • Mengeraskan dinding arteri

2. Tar

Tauhka anda apa itu tar? Tar adalah kandungan yang sering di gunakan untuk pencampuran bahan aspal yang jika di hirup anda akan dapat menempel di dinding paru2 anda.alangkah mengerikanya jika anda mengkonsumsi rokok ini perhari bahkan sampai permenit dan ketergantungan.

Adapun berbagai gejala yang disebabkan oleh rokok seperti:

  • Membunuh sel dalam saluran darah
  • Menimbulkan kanker paru-paru

3. Karbon Monoksida

Gas monoksida yang terdapat pada rokok sangat mengerikan karena dapat mengikat jantung (menurunkan fungsi jantung).

Adapun berbagai gejala yang di sebabkan oleh rokok seperti:

  • Mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
  • Menghalangi transportasi dalam darah

4. Zat Karsinogen

Kandungan yang terdapat pada rokok yang 1 ini yang sering ditakuti oleh beberapa ahli kesehatan karena zat ini dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

5. Zat Iritan

Kandungan zat ini dapat menghambat saluran pernafasan dan menyebabkan paru-paru kotor.

Bahaya Merokok Dan Menghirup Asapnya

1. Penyakit Jantung

Rokok menyebabkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini adalah gejala penumpukan zat lemak di arteri, lemak yang terdapat pada tubuh dan plak memblok aliran darah kita dan membuat penyempitan pembuluh darah. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung.

karena Jantung harus bekerja lebih efektif atau ekstra cepat dan jika berkepanjangan dapat menyebabkan angina atau nyeri pada bagian dada. Jika pembuluh arteri anda benar benar tersumbat amaka anda akan benar mengalami penyakit jantung atau yang bisa di sebut juga sebagai tekanan jantung mendadak.

Semakin anda mengkonsumsi rokok ini secara kebiasaan maka akan lebih cepat anda terindek penyakit jantung ini.

2. Penyakit paru

Menurut American Cancer Society, jika anda sering mengkonsumsi rokok secara berlebihan atau ketergantungan maka anda akan tidak lama terjangkit berbagai jenis penyakit seperti pneumonia, emfisema dan bronkitis kronis yang sering menyerang paru-paru anda.biasanya orang-orang yang sering terjangkit firus ini adalah orang yang memiliki umur 35 tahun ke atas.

Penyakit ini akan dapat menimbulkan kematian jika tidak di tangani secara instensif dan pencegahan dalam merokok.

3. Kanker Paru Dan Kanker Lainnya

kandungan rokok sudah lama di kaitkan dengan jenis kangker khususnya kangker paru-paru dan dapat juga menyebabkan terhadap kanker lain seperti dari tenggorokan, kerongkongan, mulut, kotak suara atau laring. Merokok juga sering dikaitkan dengan kanker ginjal, leher rahim,kandung kemih, perut pankreas dan kanker darah (leukemia).

4. Diabetes

Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes, menurut penelitian Cleveland Clinic. Rokok juga dapat naik menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti halnnya penyakit mata, penyakit pada jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit gagal ginjal dan masalah pada kaki.

5. Impotensi

Rokok adalah penyebab faktor resiko utama untuk penyakit pada pembuluh darah perifer, yang dapat mempersempit pembuluh darah yang tentunya membawa darah ke seluruh bagian tubuh kita . Pembuluh darah yang mengalir ke penis kemungkinan besar juga akan terpengaruh karena adalah pembuluh darah yg kecil dan bisa mengakibatkan ganguan pada disfungsi ereksi/impoten.

6. Menimbulkan Kebutaan

Seorang yang kencanduan merokok dapat menimbulkan meningkatnya resiko degenerasi pada makula yang dapat menyebabkan kebutaan yang dialami orang tua. Dalam setudi penelitian yang di lakukan ‘Archives of Ophthalmology’ pada tahun 2007 menyatakan orang yang merokok empat kali lebih mungkin terjangkit dibanding orang yang tidak merokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yg dapat merusak makula, pusat retina, yang tentu saja dapat menyebabkan menghancurkan penglihatan sentral tajam.

7. Penyakit mulut

Adapun beberapa gejala penyakit yang mengerikan yang di sebabkan oleh sering ,mengkonsumsi rokok adalah penyakit gigi, penyakit pada gigi dan nafas. kanker mulut, kanker leher.

8. Gangguan Janin

Merokok mengakibabtkan terhadap kesehatan tentunya reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan seorang wanita, termasuk terjadinya infertilitas (kemandulan), keguguran, kematian janin, bayi lahir berberat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.

9. Gangguan Pernafasan

Hampir 50% warga indonesia terjangkit penyakit paru-paru yang tentu nya di sebabkan oleh rokok,Mengkonsumsi rokok dapat memperpendek umur kita dan menyebabkan kematian mendadak.

Cara Berhenti Merokok

  • Niat yang sungguh-sungguh
  • Belajar membenci apa itu rokok
  • Hindari orang yang merokok atau perokok pasif
  • Gunakan AC di rumah anda untuk menyaring udara segar
  • Hindari semua barang-barang yang memiliki hubungan dengan rokok
  • Jika anda ingin merokok, tundalah 14 menit
  • Informasikan kepada semua teman kalau ente sudah move on sama rokok
  • Jangan sering berdiam diri di rumah
  • Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan bagi tubuh kita
  • Gunakan permen karet atau gula untuk mengganti rokok


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×