Bahaya Makan Buah Semangka Terlalu Banyak

Semagka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan air, buah ini umumnya dapat hidup pada daerah tropis atau sekitar pegunungan. Di Indonesia sendiri buah ini banyak di budidayakan karena peminatnya yang tinggi. Buah semangka terdiri atas berbagai golongan seperti semangka inul, semangka kuning dan semangka bulat.

Buah semangka sangat cocok jika di konsumsi pada saat siang hari saat udara panas, kandungan air dan ekstrak semangka yang manis tentu saja dapat melegakan tenggorokan kita yang kering. Selain itu buah semangka memiliki manfaat dan khasiat yang tak kalah penting sebagai penyembuhan penyakit. Namun anda harus berhati-hati jika mengkonsmsi buah semangka secara berlebiih karena buah semangka jika di konsumsi secara berlebih dapat memiliki efek samping dan dampak buruk bagi kesehatan kita. Berikut akan dibahas mengenai efek samping buah semangka.

Kandungan Buah Semangka

  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Mengandung Potasium
  • Mengandung Lycopene

Efek Samping Semangka Yang Berbahaya

1. Bahaya Semangka Menimbulkan Gastrointestinal

Mungkin sebagain orang sangat jarang sekali mengetahui ini mereka hanya mengkonsumsi buah semangka tanpa batasan .Menurut penelitian bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah semangka secara berlebih akan memicu naiknya kadar lycopene atau biasa di sebut sebagai gangguan gastrointestinal(gangguan pada pencernaan).Biasanya seseorang yang sudah terindikasi kelebihan lycopene akan memiliki gejala seperti diare,mual dan bahkan muntah-muntah.

2. Bahaya Semangka Menimbulkan Hyperkalemia

Penyakit ini identik dengan kandungan potasium,Buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan potasium ,jika anda mengkonsumsi buah ini secara berlebih maka anda akan kelebihan kandungan potasium atau yang biasa di sebut sebagai hyperkalemia.Penyakit ini sagat dapat memberikan efek buruk seperti terjadinya kardiovaskuler atau penyakit seperti detak jantung tak beraturan,dan dapat menimbulkan ganguan saraf dan otot.

Baca juga:  Mengupas Tuntas 1001 Khasiat Dan Manfaat Buah Sirsak

3. Buah Semangka Bahaya Bagi ginjal

buah semangka memang memiliki kandungan potasiaum yang sangat tinggi sehingga membuat buah ini di larang jika di konsumsi secara berlebih karena dapat meningkatkan kinerja ginjal kita lebih keras.sehingga akan memiliki dampak buruk seperti kerusakan ginjal.

4. Buah Semangka Bahaya Bagi Darah Rendah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah alangkah baiknya anda menghidari buah satu ini karena kandungan dalam buah ini dapat memicu terjadinya penurunan kadar tekanan darah pda tubuh jika anda memiliki gejala seperti ini setelah mengkonsumsi buah semangka ,mungkin anda haru berhenti untuk mengkonsumsinya,(pusing dan lemas).

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment