5 cara Menyikat Gigi yang Benar

Gigi sebagai salah satu komponen penting perlu untuk dirawat dengan prosedur yang benar. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menyikat gigi dengan pasta gigi. Kesehatan gigi ini penting dijaga sejak dini bahkan sebelum gigi-gigi itu tumbuh (sejak bayi). 

Kapan Waktu Menggosok Gigi?

Biasakan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan cara yang tepat akan membantu mengurangi timbulnya permasalahan gigi. Dengan menyikat gigi secara rutin dan teratur mencegah terjadinya karang gigi dan lubang di gigi.

Jadi, bagaimana menyikat gigi agar benar-benar bersih? Apakah dengan menuangkan pasta gigi banyak-banyak ke sikat?

Baca juga: 10 Makanan yang Buruk Bagi Gigi

Berapa Lama Waktu Menyikat Gigi yang Baik?

Rata-rata waktu yang dibutuhkan seseorang untuk menyikat gigi sekitar 3 menit. Namun kenyataannya setiap orang dapat berbeda-beda tergantung struktur gigi nya.

Ikuti Prosedur Menggosok Gigi

Ternyata bagian yang penting dalam menyikat gigi adalah teknik. Kita harus paham betul ke mana arah sikat digosokkan ke deretan gigi dan memastikan agar tidak ada sisa makanan yang menempel.

menyikat gigi yang benar

Cara Menggunakan Pasta Gigi yang Benar

Tidak perlu menuangkan pasta gigi dengan takaran seperti yang ada di iklan-iklan tv. Selain karena pemborosan, hal itu juga bukan penentu kebersihan gigi.  Efektivitasnya lebih tinggi  jika teknik menggosok yang lebih ditekankan. Dengan memfokuskan pada cara menyikat gigi dengan arah yang tepat, maka sisa-sisa makanan akan lebih mudah dihilangkan.

Urutan Menggosok Gigi yang Benar

  • Gigi atas disikat ke bawah, dan gigi bawah disikat ke atas dengan hati-hati menggunakan sikat berbulu lembut yang tidak melukai gusi.
  • Sikat gigi bagian dalam dengan gerakan memutar. Lakukan dengan seksama ke seluruh permukaan gigi.
  • Sikat juga bagian gusi dengan lembut.
  • Sikat dengan cermat di bagian saku gusi dan ruang interdental (celah antar gigi). Bagian ini memang sulit . Jika tidak dibersihkan, maka potensi timbulnya gigi berlubang akan semakin tinggi.
  • Jangan lupa menyikat permukaan lidah. Biasanya akan mendorong perasaan ingin muntah. Tetapi menyikat lidah juga merupakan bagian penting dalam rangkaian perawatan kesehatan gigi dan mulut.
Baca juga:  Cara Memandikan Bayi Berdasarkan Pendapat Ahli

Infografis Cara Menyikat Gigi yang Benar

cara menyikat gigi yang benar
sumber: CNN Indonesia

Cara menyikat gigi hendaknya dilakukan dengan lembut dan tepat. Jangan sampai melakukan tekanan berlebih yang dapat merusak jaringan gusi dan lapisan email gigi. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal 2 x sehari, yakni setelah makan pagi dan sebelum tidur malam.

 

Leave a Comment


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×