Astaga! Ternyata Inilah Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan Tubuh

Pandan Wangi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tergolong jenis keluarga Pandanaceae. Pandan wangi biasanya disebut juga dalam bahasa ilmiah sebagai Pandanus Amaryllifolius Roxb, tanaman yang dapat hidup dengan cara bertunas. Daun pandan wangi biasanya sering kali berkembang biak pada daerah yang memiliki iklim lembab dan curah hujan yang cukup. Salah satu tempat favorit biasanya pandan wangi hidup adalah rawa, sawah dan parit. Dari wanginya ini penelitian telah mendapatkan sampel bahwa ada manfaat dari panda wangi, berikut ini GetaranSehat.com akan membahas apa sahaja manfaat dari pandan wangi bagi kesehatan tubuh kita.

Daun pandan wangi biasanya sering kali dimanfaatkan sebagai campuran warna, aroma, rasa dan yang paling penting adalah dapat dimanfaatkan sebagai produk kecantikan rambut dan obat tradisional yang alami.

Kandungan Daun Pandan Wangi

  • Alkaloida
  • Saponin
  • Flavonoida
  • Tanin
  • Polifenol
  • Zat Warna

Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Kesehatan

1. Mengobati Reumatik

Reumatik merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang persendian. Biasanya seseorang yang mengidap penyakit reumatik akan mengalami rasa ngilu-ngilu pada bagian tulang, selain manfaat daun sirsak yang sangat baik bagi penderita reumatik, diketahui pula bahwa daun pandan memiliki manfaat yang tak akalah penting. Caranya cukup mengambil 3 helai daun salam yang masih segar, potong-potong dan sterilkan. Seduh dengan menggunakan minyak kelapa yang masih mendidih dan jangan lupa untuk diaduk agar ramuan tersebut dapat merata. Setelah dingin gunakan ramuan tersebut untuk mengurut pada bagian yang terasa nyeri.

2. Mengobati Pegal Linu

Pekerjaan yang berat akibat tuntutan hidup sering kali menrpa sehingga membuat tubuh terasa sakit pun seakanakan di abaikan,nah tidak usah khawatir lagi jika di dekat halaman rumah anda memiliki berbagai macam tanaman ini anda bisa menggunakannya sebagai minya urut ,ambil daun pandan 5 lembar,21 lembar daun serai1 sedok minyakkayuputih dan gandapura tumbuk dan aduk hinggarata,minyak siap di gunakan pada bagian yang terasa pegal linu.

Baca juga:  9 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

3. Mengobati Lemah Saraf

Selain kandungan protein yang tinggi dan kandungan zat aktif alami pada manfaat darah dan empedu ular yang dipercaya dapat meningkatkan gairah dan mengobati lemah syahwat, ternyata khasiat dan manfaat daun pandan tak kalah penting. Caranya ambil 3 helai daun pandan, sterilkan dan rebus menggunakan 3 gelas air bersih hingga mejadi 2 gelas, kemudian saring dan setelah dingin minuman siap untuk dihidangkan.

4. Mengatasi Gelisah

Bagi anda yang kerap merasakan penyakit gelisah mungkin anda tidak usah khawatir lagi, mengkonsumsi air daun pandan wangi dipercaya dalam mengobati kegelisaahan pada seseorang. Efek dari daun pandan dapat membuat suasana menenangkan, gunakan 2 lembar daun pandan dan rebuslah dengan 1 gelas air beberapa menit dan siap untuk diminum.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi atau yang biasa disebut dalam bahasa kedokteran sebagai hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh naiknya darah pada seseorang. Biasanya gejala yang akan muncul adalah pusing dan rasa pegal di area sekitar leher. Selain manfaat buah semangka dan manfaat buah pace atau mengkudu yang ampuh dalam mengobati dan menurunkan darah tinggi (hipertensi), kandungan dari daun pandan wangi juga dipercaya dapat menurunkan hipertensi. Caranya adalah ambil beberapa helai daun pandan wangi, lalu rebus menggunakan 4 gelas air hingga menyisakan 2 gelas, kemudian saring dan siap untuk diminum.

6. Menambah Nafsu Makan

Bagi anda yang memiliki gangguan pada nafsu makan, mungkin anda bisa menggunakan daun pandan wangi ini untuk menunjang nafsu makan anda. Caranya cukup ambil 2 helai daun pandan wangi dan rebuslah dengan menggunakan 4 gelas air hingga menyisakan 2 gelas, lalu minumlah pada saat pagi dan malam hari.

Baca juga:  Manfaat Dan Tips Minum Teh Hijau Yang Harus Anda Ketahui

7. Mengatasi Lemah Syahwat Dan Gairah

Lemah syahwat identik dengan kurangnya gairah pada seseorang sehingga membuat tubuh merespon negatif. Banyak pengobatan alami lemah syahwat yang memanfaatkan tumbuhan dan dedaunan. Salah satu manfaat akar pinang yang sudah terkenal dalam mengatasi lemah syahwat. Selain itu kandungan dari daun pandan juga tidak kalah manfaatnya. Caranya adalah sebagai berikut, ambil daun pandan wangi 3 lembar dan sterilkan. Setelah itu rebus menggunakan 4 gelas air hingga menyisakan 2 gelas dan minuman siap untuk dihidangkan. Konsumsilah 1 hari 2 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Rambut

Bagi anda yang mendapatkan keluhan tentang rambut, mungkin anda bisa memanfaatkan daun pandan wangi ini karena dipercaya dapat mengatasi beberapa keluhan seperti rambut rontok, ketombe dan rambut merah.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×