9 Khasiat Daun Jambu Biji Untuk Tubuh Dan Kesehatan

Jambu biji adalah tanaman yang sering kita jumpai tumbuh di sekitar lingkungan rumah. Tanaman yang memiliki nama latin Psidium guajava L ini diketahui kaya akan kandungan gizi yang tinggi sehingga banyak mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Tidak hanya bagian buahnya saja yang bisa kita manfaatkan, tetapi daun jambu biji juga dapat kita gunakan dalam berbagai jenis ramuan herbal pengobatan tradisional.

Kandungan Nutrisi Daun Jambu Biji

  • Asam psidoklat
  • Asam oleanolat
  • Asam guajaverin
  • Minyak atsiri
  • Minyak lemak
  • Vitamin
  • Tannin

Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Cuci bersih 7 lembar daun jambu biji yang masih segar alasan mengunakan 7 lebar kenpa tidak 10 atau 12 sebab warga sering mempercayai hal-hal mitos , anda juga bisa menambahkan 3 genggam daun ceremai dan 9 lembar daun sirih. Rebus semua bahan dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa separuhnya. Minum air rebusan tersebut setengah gelas di pagi hari, dan setengah gelas malam hari.

2. Obat Demam Berdarah

Siapkan 5 lembar daun jambu biji, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih. Ramuan ini bisa diminum dalam waktu 4 jam sekali hingga sembuh.dan jangan lupa untuk mecuci terlebbih dahulu sebelum di rebus agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.

3. Obat Diare Dan Disentri

Siapkan daun Jambu biji segar seberat 30 gr dan segenggam tepung beras. Semua bahan direbus dengan air 1-2 gelas. Dinginkan dan minum airnya 2 kali sehari.Atau dapat juga dengan cara mengunyah 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dengan sedikit garam lalu ditelan, lakukan 2 kali sehari. teknik ini biasanya di barengin dengan campuran sawo menta(pentil) atau dengan Babal (nangka pentil).

Baca juga:  12 Manfaat Daun Cincau Hijau Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

4. Obat Sariawan

Siapkan 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batang pohon jambu biji. Rebus dengan 4 gelas air. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sefari.

5. Menyembuhkan Luka Berdarah Atau Borok

Lumatkan 5-7 helai daun jambu biji segar. Tempelkan lumatan daun tersebut di tempat luka yang berdarah atau borok. Lakukan beberapa kali sehari, hingga sembuh.atu anda juga bisa menambahkan daun ketepeng agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Obat Ambeien

Siapkan beberapa lembar daun jambu biji muda yang ada dipucuk atau masi terlihat hijau belum tua dan 1 pisang batu. Cuci bersih kedua bahan tersebut, pisang batu tak perlu di kupas. Setelah bersih lalu ditumbuk. Air perasannya di tampung lalu di minum. Lakukan setiap hari secara teratur.

7. Obat Beser (Sering Buang Air Kecil)

Cuci 3 pucuk daun jambu biji. Makan langsung dengan sedikit garam dan sedikit merica. Dimakan setiap siang dan malam selama 2 hari.

8. Obat Sakit Kulit

Cuci bersih segenggam daun muda jambu biji dan 7 kuntum bunga jambu biji. oleskan pada daerah luka yang sakit.

9. Obat Perut Kembung Pada Anak-anak

Siapkan 3 lembar daun jambu biji muda yang ada dipucuk, dan berikan setengah jari kulit batang pulosari, 5 butir adas. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal segelas. Saring dan minum air rebusan tersebut menggunakan teknik perebusan 3 gelas menjadi 2 gelas agar sari dapat optimal tercampur menjadi 1.

Jika gejala tidak sembuh alangkah baiknya dibawa kepuskesmas terdekat .artikel ini hanya menyarankan herbal secara alami selanjutnya andalah yang menetukan dan herbal alami ini hanya dapat kita gunakan di saat kita terdesak di tengah hutan atau jauh dari jangkauan dokter.sekian dari artikel ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment