7 Manfaat Madu

7 Manfaat Madu  – Tulisan ini akan mengulas manfaat madu secara umum. Untuk manfaat khusus akan saya tulis segera. Coming soon! 🙂

manfaat madu

  1. Sebagai pemanis. Madu mengandung kurang lebih 69% glukosa dan fruktosa, sehingga cocok digunakan sebagai pengganti gula untuk pemanis makanan dan minuman.
  2. Sumber energi. Menurut USDA ( United States Department of Agriculture Approved) madu mengandung 64 kalori setiap sendok makannya, sehingga bisa digunakan sebagai alternatif sumber energi bagi tubuh. Lebih banyak daripada gula yang hanya 15 kalori untuk jumlah akaran yang sama. Apalagi madu lebih mudah dicerna.
  3. Menurunkan berat badan. Manfaat madu yang satu ini tentunya sangat positif bagi penggemar makanan yang manis-manis tapi tidak ingin gemuk. Walaupun kalori yang terkandung pada madu lebih banyak daripada gula, madu sendiri bila dikonsumsi dengan air hangat bisa membantu meluruhkan lemak dalam tubuh. Manfaat ini sama bagusnya bila madu dicampur dengan sari jeruk lemon atau kayu manis.
  4. Meningkatkan performa. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu bisa membantu meningkatkan performa bagi para atlet. Madu menjaga kadar gula darah, menyembuhkan otot dan pemulihan glikogen setelah olahraga.
  5. Sumber vitamin dan mineral. Madu mengandung bermacam-macam vitamin dan mineral. Kuantitas dan jenis vitamin maupun mineral tersebut tergantung dari jenis bunga yang dikelola oleh lebah. Biasanya, madu mengandung vitamin C, kalsium, dan zat besi. Hal yang sangat bertolak belakang ada pada gula, di mana anda kandungan mineral dan vitaminnya tidak ada (kalaupun ada sangat kecil).
  6. Antibakteri dan antijamur. Madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Sehingga bisa dipakai sebagai antiseptik alami yang aman (insya Allah).
  7. AntioksidanNutraceutical yang ada pada madu terbukti efektif dalam menyingkirkan radikal bebas dari tubuh. Kita pun akan lebih awet muda dan imunitas lebih kuat.
Baca juga:  Cara Membedakan Darah Menstruasi dan Darah Tanda Kehamilan
Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment