50 Makanan Yang Dapat Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit pembunuh nomor satu yang sampai sekarang pengobatanya masih dipertanyakan. Kanker dapat terjadi oleh beberapa faktor seperti polusi, radikal bebas, bakteri, radiasi dan jenis asupan makanan yang kurang sehat.

Berbicara tetang makanan tentu saja sering kali kita bertanya-tanya akan manfaatnya seperti makanan 4 sehat 5 sempurna memang sudah sangat diakui manfaatnya. Namun taukah anda bahwa ada beberapa jenis makanan yang mungkin belum diketahui mampu mencegah dan mengobati kanker. Berikut ini GetaranSehat.com akan coba mengulasnya.

Makanan Yang Dapat Mencegah Kanker

— Makanan Berwarna

Maksud dari makanan yang berwarna adalah jenis makanan seperti buah-buahan dan jenis sayur-sayuran, semakain buah atau sayuran memiliki warna yang dominan maka semakin memiliki khasiat dalam mencegah kanker. Selain itu buah yang memiliki warna yang dominan dapat tergolong buah yang dapat bermanfaat dalam program diet, diet sangat dianjurkan karena berat tubuh yang berlebihan atau juga disebut dengan obesitas dapat memicu terjadinya kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat ditimbulkan karena obesitas adalah kanker ginjalkanker usus besar dan kanker prostat.

— Konsumsi Folat

Folat merupakan Vitamin B. Seperti yang kita ketahui bahwa Vitamin B sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya meningkatkan imunitas dan mencegah kanker. Adapun kanker yang dapat dicegah seperti kangker usus besarkanker rektum dan kanker payudara. Folat bisa anda dapatkan pada jenis makanan seperti asparagus, telur, hati ayam, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau. Konsumsilah jenis folat secara alami, bukan olahan pabrik seperti suplemen.

— Tomat

Menurut penelitian dan hasil riset yang pernah dilakukan, bahwa senyawa yang terdapat pada buah tomat seperti likopen dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah sel kanker yang akan menyerang. Adapun kanker yang dapat dicegah adalah kanker prostat dan kanker payudara. Konsumsilah jus atau olahan tomat secara teratur untuk memenuhi asupan gizi tubuh anda.

Baca juga:  Manfaat Buah Bacang Untuk Kesehatan

— Teh Hijau

Manfaat teh hijau dalam mencegah kanker memang sudah tidak diragukan lagi. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, kandungan senyawa yang terdapat pada teh hijau dipercaya dapat memperlambat atau mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker prostatkanker usus besardan kanker payudara.

— Buh Anggur

Konsumsilah buah anggur yang memiliki warna ungu dan merah, hal tersebut dikarenakan buah anggur yang memiliki warna ungu dan merah memiliki kandungan “resveratol” yang merupakan senyawa yang memiliki komponen anti oksidan yang sangat tinggi sehingga dipercaya dapat membantu dalam mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai macam jenis peradangan.

— Konsumsi Air Putih

Konsumsilah air putih steril sebanyak 6 sampai dengan 8 gelas perhari karena manfaatnya selain dapat mencegah dehidrasi, air juga bermanfaat dalam melarutkan zat potensial yang dapat menimbulkan pembentukan sel kanker. Salah satunya kanker kandung kemih.

— Sayuran Berdaun Hijau

Konsumsilah sayuran hijau dari keluarga Cruciferae yang memiliki kandungan folat, serat dan karotenoid seperti brokoli, kubis, kol, pak choy, bayam, sawi dan selada. Beberapa sayuran hijau tersebut selain baik untuk diet, baik juga dalam mencegah terjadinya sel kanker seperti kanker paru-parukanker payudarakanker serviks dan kanker usus besar.

— Kunyit

Kunyit memiliki kandungan senyawa yang bernama “kurkumin” selain manfaatnya dalam mengobati luka dan menetralisir asam lambung, kunyit juga bermanfaat dalam menekan transfromasi sejumlah bakteri yang dapat menimbulkan kanker.

— Keluarga Beri

Selain manfaat buah anggur yang kaya akan kandungan anti-oksidan yang tinggi, keluarga buah beri seperti buah stroberi dan raspberry dipercaya juga memiliki kandungan zat fitokimia atau ellagic acid. Kedua senyawa tersebut sangat baik dalam memerangi dan mencegah perkembangan sel kanker.

Baca juga:  Efek Negatif Makan Malam Sebelum Tidur

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari

  • Hindari makanan yang dibakar dan diasap
  • Hindari sering mengkonsumsi makanan yang digoreng
  • Hindari mengkonsumsi makanan saat panas atau memiliki kandungan minyak tinggi
  • Hindari makanan kaleng, seperti sarden dan daging kaleng
  • Konsumsilah umbi-umbian secukupnya jangan berlebih
  • Hindari zat aditif salah satunya rokok

Jagalah kesehatan anda sekarang juga! Karena jika sudah fatal maka anda baru akan sadar bahwa sangat pentingnya kesehatan untuk tubuh kita dan jangan pernah mengeluh ketika anda telah terbaring dan tak berdaya. Sekian dari artikel 50 makanan yang dapat mencegah kanker semoga bermanfaat bagi kita semua, salam sehat selalu!

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment