12 Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil

Susu merupakan minuman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Minuman ini melengkapi asupan gizi dan sangat baik untuk ibu hamil. Kandungan yang ada dalam susu selain baik untuk ibu, baik juga untuk sang janin. Kini dapat ditemukan berbagai macam varian rasa susu yang diproduksi oleh berbagai produsen susu. Tentunya ini untuk memanjakan konsumen dan membuat mereka lebih tertarik lagi untuk mengkonsumsi susu. Dalam artikel kali ini GetaranSehat.com akan membahas mengenai manfaat susu dan khasiat susu untuk ibu hamil.

Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil

⇒ Membantu Pembentukan Tulang Pada Janin

Tahukah Anda bahwa susu kaya akan kalsium yang sangat baik untuk tulang ibu maupun pembentukan tulang janin? Pada ibu hamil, kebutuhan akan kalsium sangat tinggi, sebab jika asupan kalsium tak memadai, otomatis janin yang berada di dalam kandungan akan mengambil kalsium langsung dari tubuh ibu yang menyebabkan kurangnya kepadatan tulang ibu. Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi susu agar kebutuhan kalsium terus terpenuhi.

⇒ Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan protein yang terdapat di dalam susu berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi sang bunda maupun janin dalam kandungan. Kebutuhan protein pada wanita hamil tentu saja lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita tak hamil.

⇒ Mencegah Anemia

Anemia adalah keadaan dimana kadar Hb ibu rendah. Untuk mencegah agar ibu hamil tidak terkena anemia adalah dengan mengonsumsi susu secara rutin, karena susu mengandung zat besi yang sangat baik untuk pembentukan Hemoglobin.

⇒ Membantu Pertumbuhan Dan Perkembangan Jaringan Pada Janin

Tentunya jaringan pada janin tumbuh dan berkembang dengan adanya nutrisi yang dibutuhkan. Salah satu yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan jaringan pada janin adalah Vitamin A yang terkandung dalam susu.

Baca juga:  Bahaya Daging Anjing Yang Sungguh Sangat Mengerikan

⇒ Mencegah Infeksi

Kandungan Vitamin A yang cukup tinggi pada susu juga berguna untuk membentuk sistem pertahanan tubuh dari infeksi dan berbagai macam penyakit.

⇒ Membantu Memperbaiki Jaringan Otot, Mata Dan Jantung

Susu kaya akan protein yang berguna untuk memperbaiki sel-sel maupun jaringan yang rusak. Protein sangat dibutuhkan pada ibu hamil, sebab selain untuk memperbaiki jaringan yang rusak pada ibu hamil, protein juga berperan dalam proses pembentukan jaringan pada janin.

⇒ Menjaga Kualitas Air Ketuban

Air ketuban adalah sarana kehidupan bagi janin di dalam rahim ibu. Janin mendapat asupan minum dari air ketuban dan bahkan janin juga mengeluarkan air seni di dalam air ketuban. Begitu pentingnya air ketuban bagi kelangsungan hidup sang janin. Nah, disinilah peran besar susu yaitu menjaga kualitas air ketuban agar tetap dalam keadaan baik.

⇒ Memperbaiki Keadaan Plasenta

Plasenta adalah satu-satunya jalan bagi janin untuk mendapatkan nutrisi. Keadaan plasenta yang baik tentu saja akan mempengaruhi suplai nutrisi bagi janin. Dengan mengkonsumsi susu secara teratur, maka keadaan plasenta akan terjaga.

⇒ Memperlancar ASI

ASI sangatlah penting bagi ibu dan bayi, terutama ketika bayi sudah lahir. Karena kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral sudah lengkap tercakup di dalam Air Susu Ibu maka tak perlu asupan dari sumber makanan lain. Bayi dalam usia di bawah enam bulan hanya membutuhkan ASI untuk memenuhi semua kebutuhan tubuhnya. Nah, mengingat pentingnya ASI untuk sang bayi, maka ibu harus mengkonsumsi berbagai makanan yang dapat memperlancar keluarnya ASI, salah satunya adalah susu. Kandungan kalsium dalam susu dapat membantu ibu memperlancar keluarnya ASI.

⇒ Membantu Dalam Proses Pembekuan Darah

Ketika seseorang terluka, maka otomatis darah akan mengalir keluar dari jaringan tubuh. Nah dalam tubuh kita terdapat sistem pembekuan darah yang dapat menghentikan perdarahan. Kandungan kalsium dalam susu dapat membantu proses pembekuan darah.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment