12 Manfaat Dan Khasiat Buah Jamblang Untuk Kesehatan

Buah jambalang atau yang biasa di sebut buah duwet merupakan salah satu buah yang sudah cukup langka keberadaannya saat ini. Dalam bahasa ilmiah buah ini dikenal sebagai Eugenia Cumini yang termasuk tumbuhan Euphorbiaceae. Buah duwet atau jamblang memiliki tekstur dengan ciri khas berukuran kecil, sedikit lonjong dan memiliki warna yang sangat menonjol. Sehingga buah ini tergolong buah yang kaya akan sumber vitamin C dan kaya akan kandungan zat antioksidan.

Kandungan dari zat antioksidan dan vitamin pada buah jamblang atau duwet dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu buah ini sering dimanfaatkan dan dikonsumsi. Buah jamblang umumnya dikonsumsi pada saat matang. Biasanya saat sudah matang buah ini akan memiliki warna yang sedikit keungu-unguan atau kehitaman-hitaman.

Manfaat Buah Jamblang Untuk Kesehatan

⇒ Melindungi Kesehatan Jantung

Dalam 100 gram buah jambalng terkandung 23 mg sodium dan 57 mg kalium .seperti yang kita ketahui bahwa kandungan sodium dan kalium sering kali kita temukan pada manfaat buah pisang.sedangkan manfaat kedua kadungan tersebut adalah sebagai pengatur tegangan otot pada jantung,menstabilkan detak jantung sehingaa dapat meminimalisir terjadinya penyakit jantung seperti korner atau penyempitan pembuluh ateri pada jantung.

⇒ Menghindari Diabetes

Penyakit diabetes merupakan jenis penyakit yang belum di ketahui obatnya ,namun penetralisir secara buatan mungkin dapat dilakukan seperti dengan obat-obatan.obat memang dapat menurunkan kadar insulin secara kimia namun perlu di ketahui pemakaian secara bengangsur-angsur tentu saja juga akan membahayakan bagi kesehatan tubuh kita benar bukan.nah maka dari itu bagi penderita diabetes mungkin anda bisa meminimalisir dengan menghidari makanan yang berkarbohidrat tinggi dan gula.menurut penelitian yang di lakukan warga india dan inggris menggunakan buah duwet di percaya dapat menutunkan kadar insulin pada tubuh.anda juga tidak susah-susah mendapatkan buah ini karena sekaranag sudah tersedia dalam bentuk sirup botolan.

Baca juga:  Inilah Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

⇒ Manambah Nafsu Makan

Bagi anda yang sedang mengalmi masalah pada daerah sistem pencernaan seperti mual,sakit perut ,dan nafsu makan yang menurun mungkin anda bisa memanfaatkan buah jambalng ini sebagai cuci mulut.kandungan pada buah jamblang di yakini dalam meningkatkan fungsi pencernaan dan menigkatkan nafsu makan yang menurun.

⇒ Menangani Sakit Lambung

Penyakit lambung atau biasa di sebut penyakit mag memang sangat tidak enak sekalai,rasa nyeri pada bagian uluh hati sering kali menerpa bagi penderitanya .namun setudi penelitian menyatakan bahwa masyarakat india telah mencoba jus jamblang yang telah di pregmentasikan selma 5 hari dalam mengobati mag ,dan ala hasil hal tersebut memang sangat terbukti sembuh.

⇒ Menyembuhkan Sakit Batuk

Menurut warga pedalaman Madagaskar mengalami batu menahaun yang tak kunjung sembuh dan bingung untuk mengtasinya berbagai jenis obat-obatan telah di coba ,setelah di berikan beberapa seseorang untuk mengkonsumsi buah jamblang ternyata batuk mulai memabaik .hal tersebut mungkin di karenakan senyawa antioksidan dan kandungan vitamin c pada buah jamlang dapat melawan bakteri dan virus yang membandel pada tubuh.

⇒ Menangani Sakit Perut

Seperti yang sudah saya jelaskan pada tahapan di atas bahwa buah jambalng memang sangat bermanfaat dalam pencernaan seperti mengobati beberapa keluhan sakit pertu hal tersebut di karenakan dalam kandungan buah jamblang terdapat senyawa antosianin,sejumlah kaemferol dan asam elagik.hal tersebut tentu saja sangat baik bagi kesehatan salah satunya pada usus ,pencernaan dan yang tak kalah penting kandungan tersebut sangat baik untuk mengontrol tekanan darah.

⇒ Mengatasi Masalah Kesehatan Mata

Dalam 100 gram buah jamblang terdapat sekitar 81 IU vitamin A.hal tersebut tentu saja adalah kabar baik kandungan tersebut telah di percaya dalam meningkatkan fungsi penglihatan yang rabun,so bagi anda yang memiliki ganguan mata tersebut mungkin anda bisa mengkonsumsi buah ini ,selain itu buah jamblang juga dapat mencegah penyakit mata seperti katarak dan inveksi jamur.

Baca juga:  Ini Dia Bahaya Buah Mangga Yang Harus Anda Hindari

⇒ Melindungi Kesehatan Tulang Serta Gigi

Dalam 100 gram buah jamblang terdapat kalsium 16 mg, magnesium 36 mg, pospor 16,7 mg, dan zat besi 1,7 mg.taukah anda manfaat kandungan tersebut ,manfaat dari beberapa senyawa tersebut terbukti dalam meningkatkan fungsi kepadatan tulang dan gigi sehingga dapat mencegah erosi gigi dan osteoporosit pada tulang atau penyakit pengeroposan pada tulang.

⇒ Sumber Tenaga Dan Energi

Dalam 100 gram buah jamblang terdapat 0,5 lemak dan 0,133 g protein serta karbohidarat sebnyak 14 g.kandungan lemak,karbohidrat dan protein telah terbukti dalam menignkatkan masa otot dan meningkatkan tenaga ,sehingga tubuh tidak mudah lemah atau lesu untuk beraktifitas sehari-hari.

⇒ Menangkal Kolesterol Jahat

Dalam kandungan buah dawet atau jamblang telah di temukan senyawa yang berupa alfa phytosterol yang berupa sterol yang dapat mencegah anticholesteremik atau penyakit kolestrol.penyakit kolestrol jika di abaikan dapat memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung koroner dan penyempitan pembuluh darah.


Close (X) 2x Untuk Memastikan Menutup

Selamat Datang

Di Eddapedia.org

×