12 Manfaat Buah Melon Bagi Ibu Hamil

Kehamilan merupakan dambaan setiap pasangan yang telah menikah. Saat wanita sedang hamil, tentunya harus lebih ekstra dalam memperhatikan segala asupan makanan serta kegiatan yang dilakukan. Berbicara mengenai asupan makanan pada ibu hamil, mungkin tak semua ibu hamil tau apa saja makanan yang baik atau tidak untuk dikonsumsi. Di masyarakat luas menganggap bahwa mengonsumsi buah yang memiliki aroma yang menyengat tak baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun tak berlaku untuk buah satu ini, yaitu buah melon.

Melon adalah buah manis yang segar, memiliki aroma yang khas. Buah melon bisa dinikmati langsung maupun diolah menjadi berbagai olahan makanan seperti jus. Melon memiliki kadungan vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil. Kandungan yang terdapat dalam buah ini diantaranya yaitu, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karotenoid, antikoagulan dan lainnya. Memiliki manfaat untuk ibu hamil, yang akan dibahas dalam artikel ini.

Manfaat Buah Melon Bagi Ibu Hamil

⇒ Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Serta Mencegah Infeksi Penyakit

Buah melon memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun kita, sehingga ibu hamil akan terhindar dari berbagai infeksi penyakit seperti flu, batuk, pilek dan lainnya. Fungsi vitamin C juga untuk mempermudah penyerapan zat besi dan berbagai nutrisi lainnya. Bermanfaat bukan?

⇒ Menghindari Gangguan Pencernaan

Wanita yang sedang hamil, sebagian besar mengalami gangguan pencernaan yaitu sembelit, ini sangat tidak nyaman tentunya. Nah, salah satu cara agar terhindar dari gangguan tersebut adalah dengan mengonsumsi buah melon. Karena dalam buah melon mengandung serat dan air yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Jangan ragu untuk mengonsumsinya.

Baca juga:  Efek Samping Mengkonsumsi Ayam Potong Bagi Kesehatan

⇒ Baik Untuk Kesehatan Mata Ibu Dan Perkembangan Penglihatan Janin

Kandungan vitamin A pada buah melon sangat baik untuk menjaga kesehatan mata ibu hamil, tak hanya itu, vitamin A juga sangat baik untuk perkembangan mata sang janin dalam kandungan.

⇒ Meningkatkan Produksi Hemoglobin Dan Eritrosit

Tahukah anda, buah melon memiliki kandungan zat besi yang sangat berperan dalam meningkatkan produksi haemoglobin dan sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah kaya mnafaat ini, ibu hamil akan terhindar dari anemia. Anemia sangat tidak menguntungkan bagi ibu hamil, karen dapat membahayakan bagi ibu dan janin.

⇒ Berperan Dalam Pembentukan Tulang Dan Gigi

Pada masa kehamilan, wanita membutuhkan asupan kalsium yang cukup banyak, sebab untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan memenuhi kebutuhan janin dalam kandungannya agar tulang dan organ lainnya dapat terbentuk dengan sempurna. Dalam buah melon terdapat kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang ibu dan kesempurnaan pembetukan organ janin.

⇒ Mengatasi Morning Sickness Dan Heartburn

Trimester awal kehamilan, wanita pada umumnya mengalami morning sickness atau mual muntah serta panas perut (heart butn). Untuk menghindari dan mengatasi dari hal tersebut, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi buah melon, karena buah ini mengandung Vitamin B yang berguna untuk mengurangi rasa mual dan memberikan efek nyaman pada lambung.

⇒ Mengurangi Resiko Dehidrasi

Ibu hamil memiliki kebutuhan air yang lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil, karena harus menyupai cairan juga ke janinnya. Maka dari itu, sebaiknya mengonsumsi minuman tak kurang dari 1,5 liter, dan mengonsumsi makanan yang mengandung air, diantaranya adalah buah melon.

⇒ Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah sangat mempengaruhi keadaan ibu saat hamil, sebab jika tekanan darah tak normal seperti hipertensi, akan meningkatkan resiko eklampsi atau kejang yang berujung kematian ibu dan bayi saat proses persalinan. Seram bukan? Nah, bagi ibu hamil yang memang memiliki bakat hipertensi, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah melon agar stabilitas tekanan darah dapat terjaga. Karena dalan buah ini terdapat kalium yang fungsinya untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Baca juga:  Ini Dia Daftar Makanan Yang Baik Untuk Tulang

⇒ Mencegah Terjadinya Abortus Atau Keguguran

Ibu hamil pada trimester awal memiliki resiko terjadinya abortus atau keguguran, sebab sang zigot belum menempel sempurna dala dinding rahim ibu. Salah satu faktor terjadinya keguguran adalah sistem pembekuan darah. Walaupun bukan satu-satunya penyebab keguguran, namun tak ada salahnya kita cegah dari poin ini. Buah melon memiliki kandungan antikoagulan yang berkaitan dalam proses pembekuan darah serta mencegah berbagai kemungkinan penyakit dan cacat janin serta gangguan jantung.

⇒ Membantu Pembentukan Otak, Otot Dan Organ Lainnya

Kandungan fosfor dan foalt pada buah melon baik untuk pembentukan organ tubuh janin seperti otak, saraf dan lainnya. Kandungan fosfor juga baik untuk otot ibu hamil sebagai persiapan dalam melahirkan.

⇒ Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dan Mencegah Kanker

Kandungan karotenoid pada buah melon ampuh menjaga tubuh kita dari resiko terkena penyakit kanker. Kekebalan tubuh juga meningkat sehingga tak mudah terserang penyakit.Nah, banyak bukan manfaat buah melon untuk ibu hamil, jadi tak usah ragu lagi untuk mengnsumsi buah manis nan menyegarkan ini.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment