12 Manfaat Daun Cincau Hijau Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Daun cincau atau yang memiliki nama latin cyclea barbata merupakan tanaman yang menjadi bahan utama untuk pembuatan cincau. Cincau sendiri berasal dari negara China yang kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia. Pada zaman dahulu daun cincau dijadikan sebagai obat untuk penyakit diare namun saat ini daun cincau dijadikan bahan pembuat cincau yang sangat nikmat sekali apabila dimakan saat cuaca panas.

Daun cincau hijau dapat anda temukan di perkarangan rumah-rumah, karena memang biasanya cincau tumbuh secara liar. Manfaat daun cincau hijau sendiri banyak sekali baik untuk kesehatan maupun untuk mengobati beberapa jenis penyakit. Dan berikut ini adalah pemaparan khasiat daun cincau hijau bagi kesehatan.

manfaat daun cincau

Manfaat Daun Cincau Hijau Sebagai Obat

— Sebagai Obat Anti-Inflamasi

Pada daun cincau hijau mengandung zat klorofil yang sangat besar. Zat klorofil tersebut mampu meredakan peradangan yang umumnya terjadi di tenggorokan akibat bakteri dan kuman. Selain itu daun cincau hijau jika sudah dibuat menjadi cincau dapat melegakan tenggorokan.

— Sebagai Obat Demam

Daun cincau juga mengandung nutrisi seperti saponin dan zat antioksidan. Yang dimana keduan zat tersebut memiliki fungsi menurunkan demam, selain juga daun cincau dapat menghangat badan anda. Caranya dengan meminum rebusan daun cincau tersebut.

— Sebagai Obat Diabetes Mellitus

Selain kandungan zat klorofil, daun cincau juga mengandung zat bisbenzilsokuinolin yang dimana kedua zat tersebut mampu menstabilkan kadar gula dalam darah. Sehingga dapat memperbaiki kinerja hormon insulin pancreas dalam mengatur kadar gula dalam darah. Maka dari itu minumlah rebusan daun cincau untuk mencegah hal tersebut terjadi pada diri anda secara rutin setiap hari.

— Sebagai Obat Penyakit Hipertensi

Pada daun cincau juga mengandung senyawa S-S tetandrin yang bermanfaat dalam mengobati penyakit hipertensi. Senyawa ini memiliki peran yang penting dalam melebarkan saluran pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan lancar. Jika darah mengalir dengan lancar secara otomatis tekanan darah yang tadinya tinggi akan menurun dan bahkan kembali mengalir dengan normal.

Baca juga:  9 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

— Sebagai Obat Randang Lambung

Daung cincau juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu zat klorofil dalam mengobati radang lambung seseorang. Radang lambung biasa terjadi karena bakteri atau kuman yang ada pada makanan yang dikonsumsi atau terjadi karena seseorang memiliki kelainan pada lambungnya. Dan kedua senyawa tersebut dapat membunuh bakteri dan memperkuat dinding lambung, sehingga lambung tidak akan mengalami peradangan lagi.

— Sebagai Obat Sakit Tipes

Kandaungan senyawa mineral fosfor, antioksidan dan tokoferol pada daun cincau juga sangat bermanfaat dapat menyembuhkan sakit tipes yang dialami oleh seseorang. Selain itu daun cincau juga dapat meningkatkan sistem kekebalam tubuh seseorang sehingga terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit.

— Sebagai Obat Keracunan Seafood

Makanan seafood memang banyak mengadung gizi yang baik untuk tubuh dan kesehatan, namun bagi beberapa orang mungkin alergi atau bisa keracunan jika mengonsumsi makanan seafood seperti cumi-cumi dan udang. Untuk mengatasi seseorang yang mengalami keracunan makanan seafood, dapat menggunakan rebusan daun cincau. Karena daun cincau mengandung antioksidan yang membantu menyembuhkan orang keracunan seafood.

Manfaat Daun Cincau Hijau Untuk Kesehatan

— Dapat Mengobati Diare

Kandungan senyawa alkaloid pada daun cincau serta vitamin C dan vitamin B dapat mengobati diare yang dialami seseorang setelah mengonsumsinya sebanyak tiga kali sehari. Senyawa tersebut juga dapat memberantas bakteri dan kuman yang ada di makanan yang dikonsumsi dan senyawa tersebut juga dapat meningkatkan penyerapan sari makanan dan diberikan keseluruh tubuh.

— Dapat Mengatasi Masalah Otot

Pada daun cincau juga mengandung senyawa dimentil kurin-1 yang dapat membantu mengatasi masalah otot kaku, pegal-pegal dan meredakan rasa nyeri. Selain itu daun cincau juga dapat anda jadikan salep untuk membantu proses peregangan otot atau anda dapat meminum air rebusan daun cincau tersebut.

Baca juga:  Bahaya Kol Yang Tidak Pernah Kita Sangka

— Dapat Mematikan Sel Tumor

Daun cincau sangat baik sekali dikonsumsi dengan cara dijadikan agar atau air rebusan yang berkhasiat sebagai obat anti tumor. Karena daun cincau mengandung senyawa isokandrodendrin yang dapat membunuh sel tumor yang dapat menyerang lambung, ginjal dan hati.

— Dapat Mencegah Osteoporosis

Daun cincau juga mengandung mineral fosfor, mineral magnesium dan kalium yang bermanfaat untuk mengembalikan sel-sel tulang yang keropos. Ketiga kandungan tersebut juga bermanfaat untuk memberikan nutrisi tulang dalam membentuk sel-sel darah yang rusak. Selain itu kandungan tersebut juga menjaga kesehatan tulang anda.

— Efektif Untuk Kanker

Selain itu senyawa isokandrodendrin dan S-S tentadrin yang dimiliki oleh daun cincau juga memiliki manfaat dapat membunuh sel tumor yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu juga jika kedua senyawa tersebut anda konsumsi dapat membuat tubuh menjadi kuat dengan cara mengosumsi rebusan daun cincau atau cincaunya.

Agar mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai manfaat daun cincau bagi kesehatan, ada baikny anda menyimak video tentang daun cincau berikut.

Sekian dari artikel 1000 Manfaat Dan Khasiat Daun Cincau Hijau Bagi Kesehatan Dan Pengobatan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua jika kami salah kata ataupun ungkapan kami meminta maaf.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment