10 Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

Bagi masyarakat Indonesia tentunya tak asing dengan buah yang satu ini. Bentuknya bulat berwarna coklat, rasanya manis jika sudah matang. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah ini sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia pada umumnya dan ibu hamil juga. Banyak yang belum mengetahui apa kandungan dan manfaat buah berwarna coklat ini. Tahukah anda, Buah Sawomengandung berbagai vitamin dan mineral, yaitu Kalsium, magnesium, Seng, Tembaga, Fosfor, Selenium, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin E, Karbohidrat, Lemak, Protein, Asam Folat dan Zat Besi. Berikut akan dibahas mengenai manfaat buah sawo untuk ibu hamil. Chek it out!

Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

1. Sebagai Sumber Energi

Tahukah anda bahwasanya buah sawo memiliki kandungan karbohidrat yang dapat memberikan energi serta rasa kenyang bagi yang mengkonsumsinya? Buah ini dapat menjadi alternatif pilihan bagi yang ingin diet karbohidrat dari nasi. Baik dikonsumsi untuk ibu hamil untuk menambah energi saat hamil.

2. Sebagai Zat Pembangun Sel Dan Jaringan Yang Mati Atau Rusak

Si manis berwarna coklat baik kulit dan dagingnya ini ternyata memiliki kandungan protein 0,5 gram perseratus gram buah sawo yang dikonsumsi. Manfaat protein untuk ibu hamil adalah sebagai zat pembangun jika ada sel-sel atau jaringan yang rusak pada ibu hamil.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A pada buah sawo berperan dalam menjaga kesehatan mata kita, agar terhindar dari berbagai macam masalah pada mata, seperti rabun, katarak, dan lainnya. Ibu hamil memerlukan asupan vitamin A agar kesehatan mata tetap terjaga.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah sawo kaya akan vitamin C yang bermanfaat sebagai penguat agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tak mudah terserang berbagai infeksi penyakit. Kandungan vitamin C juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyerapan zat besi dan vitamin lain dalam tubuh kita. Mengkonsumsi buah sawo secara teratur dapat mengurangi resiko terserang penyakit pada ibu hamil.

Baca juga:  Khasiat Daun Buah Kecipir Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

5. Meningkatkan Sel Darah Merah Dan Hemoglobin (Mencegah Anemia)

Sawo mengandung zat besi yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah dan hemoglobin dalam darah. Ibu hamil sangat membutuhkan asupan tambahan zat besi dalam jumlah besar, sebab ibu hamil cenderung mengalami hemodelusi (pengenceran darah) yang mengakibatkan kadar sel darah merah dan hemoglobin berkurang (anemia). Jika ibu hamil mengalami anemia, maka akan berbahaya bagi ibu dan janinnya. Maka konsumsilah zat besi yang mencukupi dari berbagai macam makanan, termasuk buah sawo.

6. Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Setiap orang tua pasti menginginkan bayinya lahir sehat sempurna tak kurang satu apapun. Salah satu cara agar pertumbuhan dan perkembangan sel-sel saraf otak serta organ lainnya terbentuk sempurna adalah memenuhi asupan asam folat pada trimester awal kehamilan. Asam folat dapat dikonsumsi dari tablet asam folat, maupun dari berbagai macam makanan, salah satunya buah sawo. Yuk bunda, jangan ragu mengonsumsi buah manis dan nikmat ini.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Ibu hamil juga harus tetap menjaga kesehatan kulitnya, salah satunya dengan mengonsumsi buah sawo. Dalam buah ini mengandung Vitamin E yang dapat menjaga kulit agar teap sehat dan terhindar dari penuaan dini.

8. Mengurangi Rasa Mual Dan Ingin Muntah

Tahukah anda, buah satu ini mengandung vitamin B yang dapat mengatasi rasa mual yang sering dialami oleh ibu hamil. Tentunya dengan porsi secukupnya, tak berlebihan.

9. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Ibu hamil memiliki kebutuhan kalsium yang tinggi, sebagai asupan untuk dirinya dan janinnya yang mengalami pertumbuhan tulang dalam kandungan. Tentunya banyak pilihan untuk mendapatkan asupan kalsium, salah satunya dengan mengkonsumsi buah sawo. Buah sawo mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk tulang dan gigi ibu hamil.

Baca juga:  Manfaat Buah Pir Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

10. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam buah sawo, bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan pada ibu hamil. Sebab pada umumnya ibu hamil mengalami gangguan sistem pencernaan seperi sembelit. Nah, mengkonsumsi buah sawo dapat mengurangi keluhan pada sistem pencernaan.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment