10 Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Mangga merupakan salah satu buah yang populer di Indonesia. Tanaman buah mangga sangat banyak dijumpai diberbagai tempat di seluruh Negeri ini. Buah mangga memiliki rasa yang manis, segar dan nikmat. Bisa dinikmati langsung, maupun diolah menjadi berbagai olahan makanan dan minuman, seperti jus mangga dan lainnya. Dibalik rasanya yang nikmat, buah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Kandungan yang terdapat dalam buah mangga adalah, vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, potassium, protein, kalori, mineral, tembaga, magnesium, betakaroten dan serat. Dalam artikel kali ini akan kita bahas mengenai berbagai manfaat buah mangga bagi ibu hamil.

Efek Samping Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

1. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah mangga memiliki kandungan serat yang tinggi, bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Pada ibu hamil biasnya mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, dikarenakan pengaruh kehamilannya. Maka sangat disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung serat, salah satunya adalah bauha mangga.

2.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C pada buah mangga, sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya pada ibu hamil. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk mempermudah penyerapan zat besi dan nutrisi lainnya dalam tubuh kita. Begitu baik manfaat buah mangga untuk kesehatan ibu hamil.

3. Mengurangi Keluhan Mual Dan Muntah

Ibu hamil pada trimester awal bisanya mengalami mual muntah akibat perubahan hormon dalam tubuhnya. Hal ini sangat mengganggu kegiatan bunda, jika tak ditanggulangi. Mengonsumsi obat mualpun tak boleh sembarangan, sebab dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya. Maka salah satu cara untuk mengurangi keluhan mual adalah dengan mengonsumsi vitamin B6 atau makanan yang mengandung Vitamin B6. Buah mangga mengandung vitamin B6 yang mampu mengurangi keluhan mual dan muntah itu.

Baca juga:  Luar Biasa! Ternyata Inilah Manfaat Buah Pisang Untuk Pria!

4. Menangkal Berbagai Penyakit

Buah berwarna kuning, jika masak ini memiliki kandungan betakaroten dan vitamin C yang berkolaborasi dalam menangkal berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh kita. Bagi ibu hamil sangat baik mengonsumsi buah mangga ini, agar tak mudah terserang penyakit.

5. Baik Untuk Kesehatan Mata Ibu Maupun Janin

Kandungan vitamin A pada buah ini dipercaya dapat menjaga kesehatan mata sang bunda, selain itu juga baik untuk perkembangan indra penglihatan janin dalam kandungan.

6. Penyeimbang Cairan Dalam Tubuh

Buah mangga mengandung potassium/kalium yang bermanfaat sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh. Ada kalanya seorang ibu hamil mengalami pembengkakan pada daerah kaki akibat cairan yang menumpuk di kaki karena adanya gaya gravitasi, disinilah fungsi buah mangga yaitu mengurangi terjadinya pembengkakan pada kaki dengan menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

7. Membantu Proses Produksi Sel Darah Merah

Kandungan mineral tembaga pada buah mangga, tentunya dibutuhkan oleh ibu hamil. Walaupun dalam jumlah tak banyak dalam membutuhkan mineral tembaga, namun zat ini tetap dibutuhkan dalam membantu proses produksi sel darah merah bersama dengan zat besi.

8. Mengurangi Stress

Pada buah mangga, terdapat kandungan magnesium yang mampu mengurangi kadar stress pada ibu hamil. Mengonsumsi buah mangga dapat membuat pengonsumsinya menjadi lebih nyaman.

9. Membantu Proses Pembentukan Organ Dan Saraf Janin

Kandungan asam folat dalam buah ini, tentunya dapat membantu proses pembentukan dan perkembangan organ-organ tubuh dan saraf otak janin dalam kandungan.

10. Sumber Energi

Buah mangga mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai penambah energi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah mangga, lapar hilang, kadar gulapun terkontrol.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment