10 Makanan Yang Buruk Bagi Gigi

Gigi merupakan salah satu organ tubuh utama manusia. Memiliki gigi yang sehat, indah dan berkilau adalah kebanggaan bagi setiap orang, namun sayangnya hal itu tentu saja sangat sulit dikarenakan beberapa faktor. Ada beberapa penyababab gigi kita menjadi rusak seperti faktor alam antara lain kadar air yang terlalu tinggi seperti pada daerah Bangka Belitung yang memiliki kadar timah tinggi. Sedangkan faktor kebiasaan antara lain sering mengkonsumsi jenis cuka dan makanan yang terlalu manis seperti cokelat dan keju.

Taukah anda bahwa gigi yang sehat akan mencerminkan kebersihan seseorang dan sebaliknya? Namun ada buruknya dari gigi yang tidak sehat seperti berlubang salah satunya adalah dapat memicu terjadinya ganguan otak dan jantung. Maka dari itu kita harus benar-benar menjaga kesehatan gigi kita dari beberapa asupan makanan yang akan kita konsumsi. Berikut ini Getaran Sehat akan membahas makanan apa saja yang dapat memperburuk dan merusak gigi kita.

Makanan Yang Buruk Bagi Gigi

— Cokelat

Cokelat memang sangat di percaya dalam meningkatkan imunitas tubuh dalam meperkuat daya tahan tubuh dari serangan bakteri dan virus namun anda juga harus mewasapadai mengkonsumsi jenis makanan coklat ini ,pelak coklat yang menempel pada bagian sela gigi dapat menimbulkan berkembangnya bakteri jika kita enggan untuk menggosok gigi setelah mengkonsumsi coklat.

— Buah Kering

Buah yang basah tentu saja kaya akan manfaat salah satunya dalam melancarkan pencernaan ,namun anda harus mewaspadai jenis buah yang sudah di keringkan,efek buah kering sering kali menempel pada sela gigi selain itu buah yang di keringkan sering kali memiliki rasa yang amat manis sehingga sangat dapat mudah merusak gigi.usahakan mengkonsumsi buah apel karena manfaat buah apel sudah tidak di ragukan dalam membersihkan permukaan sela-sela gigi dan yang pasti meyehatkan.

Baca juga:  Ciri-Ciri Dan Penyebab Terjadinya Usus Buntu

— Blueberry

Mungkin kita semuah sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini kadungan manfaat dan khasiatnya dalam kesehatan tubu kita,namun mengkonsumsi buah beri secara berlebih dan tidak di imbangi tahapan yang sehat justru akan berbahaya salah satunya kesehatan gigi,buah beri sering kali di konsumsi dan menepel pda permukaan gigi sehingga mengkonsumsi buah bluberry sering kali di anjurkan untuk menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung abrasif, seperti kalsium karbonat.kandungan tersebut mampu membersihkan pelak yang menempel.

— Jus Buah

Jus buah memang di perkaya akan nutri dan gizi namun terkadang kandugan dari buah terbilang cukup asam sehingga membuat gigi terasa ngilu sehingga dapat merusak fungsi gigi dan dapat membuat pengeroposan gigi,maka dari itu sering kali di sarankan setelah mengkosumsi jenis jus buah untuk berkumur dengan air putih agar mengurangi rasa ngilu.

— Anggur

Buah anggur memiliki kandungan alkohol jika telah di fregmentasi ,alkohol sendiri sangat buruk bagi kesehatan gigi alkohol dapat merusak jaringan sel pada gigi dan dan dapat membuat produksi air liur menurun,air liur yang menurun dapat mudah terserang virus dan bakteri pada bagian sela gigi sehingga akan lebih mudah gigi untuk teriritasi dan bolong.

— Jeruk

Banyak orang menerapkan cara alami dalam mebersihkan permukaan gigi dengan cara meggosok dengan jeruk, lemon dan buah nanas,hal tersebut memang sangat benar anda akan mendapatkan gigi yang berkilau,namun anda harus mewaspadainya buah orange tersebut memiliki kadar asam yang sangat tinggi sehingga dapat mengikis enamel gigi.

— Makanan Kering Yang Terbuat Dari Tepung

Selain makanan yang memiliki keasapan tinggi ternyata makanan yang bertepung dapat memicu terjadinya enzim amilase regenerasi liur yang dapat memcah pati menjadi gula sehingga jika ada sisa makanan kering seperti kerupuk itu akan dapat membuat tibulnya bakteri ,maka dari hal itu usahakan untuk menggosok gigi setelah makan agar semuah bakteri dan sisamakanan dalam rongga mulut dapat di bersihkan.

Baca juga:  Segudang Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan Tubuh Kita

— Kopi

Kebiasaan setelah sarapan minum kopi mungkin ini sudah merajalela dari kalangan masyarakat tanpa mengetahui efek samping. Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat mengganggu produksi salivaalami. Selain itu minum kopi juga dapat membuat mulut kering dan kandungan kopi juga dapat menempel pada plak gigi sehingga menjadi kuning, dan yang berbahaya mengkonsumsi kopi sering kali dihidangkan dengan rasa yang amat manis sehingga akan memicu perkembangan bakteri yang lebih dominan. Dalam mencegah gigi yang rusak anda bisa berkumur setelah minum kopi dan mengkonsumsi permen karet agar plak dalam gigi terkikis.

Hanya dengan 50.000 dapat blog murah gratis Template Premium

Leave a Comment